Memperkecil Pernikahan atau Menundanya, Manakah yang Memungkinkan di Era New Normal ini?

by Alycia Putri [[ 1593396000000 | amDateFormat:'ll | HH:mm' ]] in Wedding Ideas  

Colors:

Assisted by   Learn More

Kondisi pandemi seperti ini bukanlah suatu hal yang mudah bagi seluruh pasangan yang ingin menikah di tahun 2020. Hari bahagia yang sudah mereka impikan selama bertahun-tahun harus tertunda lagi atau tidak sesuai dengan rencana. Beberapa pasangan ada yang tetap melaksanakan pernikahan, namun dengan protokol kesehatan COVID-19 dan memperkecilnya, seperti yang bisa Anda simak dalam Bridestory Unveiled The Podcast: Janji Suci di Tengah Pandemi.

Selain memperkecil pernikahan, opsi lain yang banyak calon pengantin hadapi adalah menunda janji suci hingga ke tahun 2021. Di tengah kondisi yang tidak memungkinkan untuk melangsungkan pernikahan seperti pada umumnya, mereka juga harus mempertimbangkan beberapa faktor yang akhirnya membuat pernikahan mereka tertunda, seperti kisah social media influencer, Amelia Bunjamin dalam Bridestory Unveiled The Podcast: Hari Bahagia yang Tertunda.

Sebagai calon pasangan pengantin yang sedang merencanakan pernikahan di tahun ini, Anda perlu mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan untuk pernikahan Anda. Hendro Gotama, Head of Wedding Consultant dari Hilda by Bridestory, memberikan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan akan memperkecil ukuran pernikahan Anda atau menundanya.

1. MENGETAHUI ESENSI DAN TUJUAN PERNIKAHAN ANDA
Setiap pasangan pasti memiliki pernikahan impian. Namun, dalam kondisi pandemi ini, mungkin ada beberapa hal yang tidak bisa diwujudkan, seperti mengundang tamu hingga berjumlah ratusan. Sebaiknya, Anda fokus pada tujuan Anda menikah dengan pasangan, yaitu meresmikan hubungan kalian secara agama dan hukum yang disaksikan oleh keluarga. Jika Anda tetap memutuskan untuk menikah di tahun ini, Anda wajib melaksanakan pernikahan dengan peraturan protokol kesehatan atau melangsungkan pernikahan dengan konsep microwedding.
2. MEMERHATIKAN BIAYA-BIAYA TAK TERDUGA
Di era new normal ini, tentunya kita masih perlu menggali peraturan-peraturan pemerintah berikutnya seperti apa soal new normal wedding. Pastinya, new normal wedding ini akan membutuhkan beberapa biaya-biaya tambahan yang belum diperhitungkan, seperti biaya untuk masker, cairan pembersih tangan, disinfectant, dan lain sebagainya. Bagi pasangan yang menunda pernikahan juga perlu memperhatikan syarat dan ketentuan vendor. Misalnya, apakah di tanggal pernikahan yang baru akan ada kenaikan harga karena ternyata tanggal tersebut sedang high season.
3. MEMERHATIKAN HARI BAIK
Setiap pasangan tentunya memiliki kepercayaan, baik agama maupun adat tertentu, mencari hari baik atau tanggal favorit untuk menikah. Hal ini tentunya sangat penting, terutama ketika Anda memutuskan untuk memundurkan tanggal pernikahan. Anda perlu mendiskusikannya dengan seluruh vendor pernikahan dalam mencocokan tanggal. Bridestory memiliki fitur Flexi Reschedule yang akan membantu Anda mempermudah mengatur tanggal pernikahan dengan jadwal para vendor.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEMPERKECIL PERNIKAHAN

Memperkecil pernikahan membuat pasangan pengantin akan merasa lebih intim dengan keluarga dan orang-orang terdekat yang diundang. Selain itu, Anda dan pasangan tetap bisa menikah di tanggal favorit, tanpa perlu menggantinya. Namun, kekurangannya adalah Anda tidak bisa mengundang ratusan tamu, bahkan keluarga yang berada di luar kota atau luar negeri mungkin tidak dapat hadir di pernikahan Anda karena masih berlakunya travel ban sehingga harus mengandalkan aplikasi video call.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENUNDA PERNIKAHAN

Jika Anda dan pasangan menunda pernikahan ke tahun depan ketika pandemi diramalkan telah mereda, Anda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk tetap bisa mengundang tamu lebih banyak, serta dari luar kota atau luar negeri. Anda juga tetap bisa melaksanakan resepsi pernikahan impian. Sayangnya, kemungkinan Anda dan pasangan akan kesulitan memilih tanggal pernikahan yang baru. Bisa saja di tanggal tersebut tidak cocok dengan ketersediaan vendor karena tidak sedikit dari klien mereka yang juga menunda pernikahan. Anda dan pasangan juga perlu tetap memantau peraturan pemerintah mengenai new normal wedding. Biaya tambahan pun perlu disiapkan seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 2.

CREDIT TO VENDORS:


Temukan inspirasi pernikahan, pilihan vendor baru dan terbaik, serta beragam artikel menarik seputar tren dan hubungan pernikahan. Download aplikasi Bridestory sekarang di App Store dan Google Play Store

Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]

Show