Blog / Wedding Ideas / Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan

Color:

Daftar foto biasanya digunakan oleh pasangan yang lebih suka berfoto di hari pernikahan mereka sesuai dengan arahan. Mereka akan memberikan daftar tersebut kepada fotografer, kemudian sang fotografer akan memotret Anda dan pasangan sesuai dengan panduan yang tertulis di dalam daftar tersebut. Meskipun demikian, menurut Bridestory jika Anda adalah tipe pasangan yang lebih menyukai hasil foto natural, ada baiknya untuk tetap mempersiapkan daftar foto sejenis agar fotografer Anda mengerti gaya yang ingin Anda miliki di album pernikahan Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat sekaligus menjelajahi gaya fotografi pilihan Anda dan menemukan fotografer pernikahan yang tepat sejak awal.

Pasangan pengantin harus menjadi fokus utama dari setiap perayaan pernikahan, oleh karena itu penting untuk tidak melewatkan momen romantis yang mungkin terjadi di antara keduanya pada hari teristimewa. Melalui artikel ini, kami telah mengumpulkan berbagai inspirasi dari deretan vendor Bridestory yang memamerkan hasil portofolionya. Checklist foto pernikahan ini akan terbagi menjadi beberapa momen: mulai dari foto klasik yang harus menjadi bagian dari setiap album pernikahan, hingga foto unik yang mungkin menginspirasi Anda untuk mengabadikan detik-detik spesial dengan cara yang tak terduga.

Gulir ke bawah untuk membaca lebih lengkap dan segera tambahkan momen favorit Anda ke papan inspirasi.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 1

Photography: Venema Pictures

Pengantin wanita dan pengantin pria

Sebelum menggali lebih dalam ke dalam acara seremonial, resepsi, dan momen-momen intim lainnya, Anda sebaiknya memiliki foto individu dari masing-masing pengantin yang mengenakan pakaian pernikahan mereka.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 2

Photography: Imagenic


Pandangan pertama

Banyak pasangan melakukan tradisi ini di hari pernikahan mereka. Pandangan pertama adalah momen saat kedua mempelai bertemu dalam balutan busana pernikahan untuk pertama kalinya. Seperti yang Anda lihat, momen pertemuan ini bisa menjadi sangat emosional, dan ekspresi kedua mempelai sangat alami dan apa adanya sehingga Bridestory yakin mengatakan bahwa Anda tidak boleh melewatkan adegan satu ini.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 3

Photography: Axioo

Pengantin pria menunggu, sementara pengantin wanita berjalan menyusuri pelaminan

Momen indah lainnya adalah saat pengantin wanita berjalan menghampiri sang pengantin pria di pelaminan. Beberapa pengantin pria memperlihatkan sisi emosionalnya, seperti tersenyum bahagia atau bahkan menitikkan air mata, sementara sang pengantin wanita terlihat berseri-seri.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 4

Photography: Akar Photography


"Ya, saya bersedia."

Janji pernikahan yang sakral, seumur hidup, "Ya, saya bersedia". Ini adalah saat ketika pasangan berbagi pandangan cinta yang tulus. Apakah ada yang lebih romantis daripada foto Anda menyatakan cinta satu sama lain di depan seluruh tamu undangan?

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 5

Photography: Davy Linggar Photography


Pertukaran cincin

Setelah janji pernikahan, terdapat momen pertukaran cincin. Anda dapat melakukannya sembari menunjukkan ekspresi wajah Anda, atau hanya melakukan close-up tangan dan cincin Anda.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 6

Photography: Axioo


Ciuman pernikahan

Momen paling berkesan dari seluruh rangkaian acara seremonial adalah ciuman pernikahan! Beberapa tangkapan akan terlihat begitu romantis atau sederhana namun cantik. Bagaimanapun bentuknya, ini adalah salah satu momen yang tidak boleh Anda lewatkan.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 7

Photography: Vaxlera


Penandatanganan akta nikah

Meskipun momen yang satu ini tidak akan se-emosional momen-momen sebelumnya, tetapi bukan berarti menandatangani akta nikah tidaklah penting, karena ini adalah saat Anda dan pasangan Anda dianggap sah di hadapan negara.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 8

Photography: Axioo


Akhir dari seremonial

Sembari Anda dan pasangan berjalan keluar dari area akad pernikahan, secara tradisional para tamu akan melemparkan butiran beras atau kelopak bunga untuk menghujani pasangan dengan keberuntungan.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 9

Photography: Axioo


Kedua mempelai berjalan menuju area resepsi

Setelah akad, acara dilanjutkan dengan resepsi pernikahan. Untuk mendapatkan foto yang bagus saat Anda berjalan ke area resepsi, percantik bagian foyer Anda! Anda dapat bernyanyi dengan sang mempelai pria, menambahkan penari untuk mengawal Anda, atau mencontoh kedua mempelai di foto ini dan membagikan kembang api agar dapat dipegang oleh tamu Anda.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 10

Photography: Lacie Hansen


Dansa pertama

Bayangkan memiliki foto Anda dan suami Anda di lantai dansa seolah-olah dunia milik Anda berdua. Apakah Anda juga tertarik memiliki hasil foto seperti ini? Kedengarannya sempurna bagi kami!

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 11

Photography: Terralogical


Wedding toast

Bagaimana kalau berfoto bersama semua tamu Anda saat bersulang untuk kebahagiaan Anda? Pastikan untuk tidak melewatkan momentum yang satu ini!

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 12

Photography: Cappio Photography


Memotong kue pernikahan

Dalam pernikahan tradisional, tradisi pemotongan kue diadakan untuk melambangkan keberuntungan dan kemakmuran bagi pasangan dan semua tamu. Hal ini telah dilakukan hingga hari ini dan kue pengantin wajib disediakan di setiap perayaan pernikahan. Jadi pastikan untuk mengambil gambar saat acara pemotongan kue berlangsung. Bagaimanapun, pesta tanpa kue hanyalah pertemuan.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 13

Photography: Imagenic


Melempar buket

Saat yang sangat dinantikan oleh para tamu undangan. Pelemparan buket biasanya dilakukan oleh pengantin wanita untuk menyebarkan keberuntungannya kepada semua lajang yang menghadiri pernikahannya, dengan harapan mereka akan menjadi pasangan berikutnya. Menyenangkan dan terkadang dramatis, pastikan fotografer Anda mendapatkan bidikan yang satu ini.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 14

Photography: Namakala Visual


Cahaya kembang api di pintu keluar

Sama halnya dengan sambutan kembang api saat Anda memasuki area resepsi, Anda juga dapat meminta tamu Anda memegang kembang api untuk membuat area pintu keluar Anda semakin bercahaya.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 15

Photography: Aksa Creative


Potret di dalam mobil

Sebelum Anda meninggalkan venue resepsi Anda, jangan lupa untuk mengambil foto di mobil pengantin untuk album Anda.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 16

Photography: Cinzia Bruschini


Pasangan yang sedang berangkat meninggalkan venue

Dan kemudian ketika Anda berkendara menuju matahari terbenam (atau di ujung jalan), mintalah fotografer Anda untuk memotret mobil Anda yang sedang bergerak.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 17

Photography: Terralogical


Siraman

Sekarang kita beralih ke prosesi yang diterapkan untuk pengantin tradisional Indonesia. Siraman, yang berarti "mandi", adalah ritual pernikahan Indonesia yang dilakukan banyak pasangan, terutama dalam budaya Jawa dan Sunda. Ritual ini dimaksudkan sebagai mandi pembersihan bagi kedua mempelai untuk membilas mereka dari segala kotoran sebelum memasuki prosesi pernikahan yang sakral.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 18

Photography: Terralogical


Sungkeman

Sungkeman adalah ritual pernikahan tradisional Indonesia lainnya yang melibatkan kedua mempelai berlutut dan membungkuk untuk meminta pengampunan orang tua mereka atas kesalahan masa lalu serta berkah untuk memasuki kehidupan pernikahan.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 19

Photography: Fotologue Photo


Pabetot bekakak

Ritual ini, yang dapat diterjemahkan sebagai "tarik ayam" adalah bagian dari tradisi pernikahan Sunda. Diyakini bahwa siapa pun yang menarik bagian yang lebih besar dari ayam akan menjadi tulang punggung keluarga.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 20

Photography: Storia


Wiji dadi

Ritual pernikahan Indonesia lainnya dari budaya Jawa, wiji dadi adalah ritual di mana pengantin pria harus memecahkan telur dengan kaki kanannya, diikuti oleh pengantin wanita membersihkan kakinya. Hal ini mencerminkan kesiapan seorang suami menjadi kepala keluarga sekaligus pengabdian istri kepada suaminya.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 21

Photography: ILUMINEN


Upacara budaya lainnya

Kami pikir sangat penting untuk mengambil foto secara detail dari setiap tradisi pernikahan. Indonesia adalah negara yang sangat beragam, dan meskipun kami tidak dapat menyebutkan satu per satu suku dan budaya, kami pikir mereka semua sama pentingnya untuk didokumentasikan selamanya dalam album pernikahan Anda.

Checklist Foto Pernikahan: Momen Bersama Pasangan Image 22

Photography: Angga Permana Photo - Elizabeth Messina

Demikian, daftar foto momen pasangan yang tak lekang oleh waktu selama upacara dan resepsi Anda.

Di bawah ini adalah tayangan slide foto-foto momen pasangan yang lebih menakjubkan yang telah kami kumpulkan hanya untuk Anda.

Add To Board
a-story_holy-matrimony-of-olive-wimpy_41-eGgy2_r6Y.png

Photography: A Story

Mencium tangan

Add To Board
23_forehead_kiss_jh9ahg.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography & Videography

Add To Board
antheia-photography_jecsen-franciska-prewedding-studio_11-_0wb52TlT.jpg

Photography: ANTHEIA PHOTOGRAPHY

Add To Board
luciole-photography_wedding-kim-cindy_48-I4JzFU8MZ.jpg

Photography: Luciole Photography

Add To Board
26_hand_holds_l09l0l.jpg

Photography: Meiwen Wang - Ben Yew Photography

Add To Board
27_back_to_camera_vbp7zj.jpg

Photography: Terralogical

Add To Board
28_nose_touch_g8vr6y.jpg

Photography: Lover of Mine Weddings

Add To Board
29_under_the_veil_qsaqny.jpg

Photography: Angga Permana Photo

Add To Board
img_5328-k_oAENYWP.jpg

Photography: Imagenic Photo & Video

Add To Board
30_the_look_of_love_slh1dx.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography & Videography

Add To Board
nocture_starts-from-a-dream_50-UEffanA0P.jpg

Photography: Nocture

Add To Board
32_nature_backdrop_zx9l3j.jpg

Photography: Van Middleton Photography

Add To Board
33_happy_laugh_dvlyhn.jpg

Photography: Terralogical

Add To Board
34_animals_nricdr.jpg

Photography: Kay English - Tanja Lippert

Add To Board
35_night_shot_i4owhd.jpg

Photography: THEUPPERMOST

Add To Board
hut_5509-6mS27UJ9s.jpg

Photography: Kalopsia Photography

Add To Board
mata-zoe_wedding-of-liana-willy_16-CN4a8_9BW.jpg

Photography: Mata Zoe

Add To Board
topoto_weddingday-tomi-jenni_16-iU4UGSf7f.jpg

Photography: Topoto

Temukan salah satu favorit Anda dan beri tahu pilihan Anda melalui kotak komentar di bawah!

Vendors you may like