Blog / Wedding Ideas / Wedding Catering 101: Panduan Merencanakan Menu Resepsi Pernikahan

Wedding Catering 101: Panduan Merencanakan Menu Resepsi Pernikahan

Color:


Add To Board
wedding-catering-101-panduan-merencanakan-menu-resepsi-pernikahan-1

Photography: via The George in Rye

Sebelum Anda mulai merencanakan katering pernikahan Anda, Anda perlu mengetahui tema dan tempat pernikahan Anda. Setelah Anda memutuskan keduanya, diskusikan gaya resepsi pernikahan Anda dengan tunangan Anda. Apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda memahami semua opsi katering yang tersedia sebelum membuat keputusan.

Apa Gaya Resepsi yang Cocok untuk Anda?

Saat ini, Anda tidak perlu terpaku pada satu pilihan gaya resepsi pernikahan saja. Apakah Anda merencanakan pernikahan yang elegan dan tradisional atau jamuan kecil yang intim dengan teman-teman Anda, pastinya ada jenis katering yang cocok untuk Anda. Lihatlah beberapa gaya resepsi pernikahan di bawah ini untuk memutuskan salah satu yang sesuai dengan pernikahan impian Anda.

Sit-down dinner

Gaya paling tradisional, makan malam di meja masing-masing biasanya terdiri dari 10 tamu yang duduk di meja bundar, dengan setiap tamu disajikan tiga hidangan atau lebih.

  • Yang cocok menerapkan gelaran jenis ini: Pasangan yang menginginkan resepsi pernikahan yang elegan, rapi, dan tradisional.
  • Jumlah tamu: Bervariasi, karena dapat disesuaikan untuk pernikahan yang intim atau megah.
  • Hal-hal yang perlu dipertimbangkan: Ukuran tempat dan anggaran Anda, karena akan membutuhkan lebih banyak staf untuk menyiapkan, menghidangkan, dan menyajikan setiap menunya.
  • Kelebihan: Makan malam sambil duduk memberi lebih banyak waktu bagi para tamu untuk berbaur dan berkenalan satu sama lain. Bahkan jika pesta Anda dimulai terlambat, tamu Anda tidak akan benar-benar menyadarinya. Dengan mengetahui jumlah tamu yang tepat, Anda dapat dengan mudah menentukan anggaran dan jumlah makanan yang perlu disiapkan, sehingga Anda akan memiliki lebih sedikit sisa makanan. Jenis penataan ini juga memberikan kesan elegan dan mewah yang tidak ditawarkan oleh gaya resepsi lainnya.
  • Kekurangan: Anda perlu memperhatikan pengaturan meja, termasuk dekorasi centerpieces, stationery masing-masing tamu seperti menu santapan dan kartu nama untuk menempatkan kursi tamu undangan. Sertakan juga bagan tempat duduk yang mudah dilihat untuk memastikan setiap orang akan menikmati kebersamaan satu sama lain. Jika memungkinkan, Anda dapat meminta tim wedding organizer agar mengarahkan penempatan ini kepada para tamu undangan. Gaya ini sangat cocok untuk pesta pernikahan khusus dewasa, tetapi jika Anda memilih untuk mengundang anak-anak, Anda harus menyediakan menu yang ramah anak juga. Perlu diingat bahwa biaya layanan akan lebih mahal karena setiap hidangan harus ditata dan disajikan dengan hati-hati.

Prasmanan

Berbagai hidangan disajikan di meja panjang, terkadang di tengah, dengan kursi yang tersedia untuk para tamu.

  • Yang cocok menerapkan gelaran jenis ini: Pasangan yang ingin memberikan variasi makanan dan minuman yang lebih baik.
  • Jumlah tamu: Cocok untuk pesta besar dengan 100 tamu ke atas.
  • Hal-hal yang perlu dipertimbangkan: Perencanaan tata letak, staf, umur simpan menu prasmanan, dan jumlah makanan.
  • Kelebihan: Karena Anda akan menyajikan lebih banyak variasi makanan, tamu Anda tidak akan merasa terpaksa untuk makan sesuatu yang tidak mereka sukai. Dengan demikian, lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan vegetarian, pescatarian, dan mereka yang kerap memilih-milih makanan sekaligus memberikan lebih banyak pilihan bagi para pecinta makanan. Biaya layanan lebih rendah, karena tidak memerlukan pengaturan tempat duduk, Anda hanya memerlukan beberapa staf yang menunggu untuk melayani ratusan tamu.
  • Kekurangan: Gaya ini dapat membuat pemandangan yang berantakan terutama jika para tamu yang sedang mengantre dan mengganggu arus lalu lintas di dalam tempat resepsi. Makanan juga lebih cepat dingin, dan mungkin sulit untuk menyeimbangkan jumlah makanan dengan jumlah peralatan makan. Karena tidak ada batasan berapa kali seorang tamu dapat memiliki makanan yang sama, hidangan populer dapat habis, mengecewakan banyak tamu, sementara makanan yang kurang populer sebagian besar tidak tersentuh.

Standing party

Makanan disajikan di meja panjang, mirip dengan katering bergaya prasmanan, tetapi tidak ada kursi yang tersedia.

  • Yang cocok menerapkan gelaran jenis ini: Pasangan dengan pesta pernikahan berskala besar yang dipenuhi banyak teman dan kerabat.
  • Jumlah tamu: Biasanya untuk 500 tamu ke atas.
  • Hal-hal yang perlu dipertimbangkan: Staf, umur simpan menu prasmanan, dan arus orang saat mengantre dan spot berdiri untuk makan.
  • Kelebihan: Selain memiliki manfaat yang sama dari makan malam bergaya prasmanan, Anda juga dapat memiliki lebih banyak ruang untuk lebih banyak tamu dan lebih banyak kios makanan di tempat yang sama. Pesta pernikahan juga akan terasa lebih hidup, karena para tamu akan berkeliling mencari hidangan yang berbeda atau hanya bercengkerama dengan beberapa teman sembari menikmati menu makanan.
  • Kekurangan: Masalah yang akan Anda hadapi kurang lebih sama dengan gaya prasmanan. Namun, karena orang akan berdiri di sekitar bahkan saat makan, Anda perlu memastikan ada cukup ruang di antara kios makanan. Pengaturan ini juga kurang nyaman dibandingkan pengaturan resepsi bergaya sit-down dinner, terutama untuk lansia dan anak-anak.

Makan malam kasual

Resepsi pernikahan non-formal di mana para tamu undangan dapat menikmati dan berbaur dengan santai tanpa harus mengikuti pengaturan tertentu.

  • Yang cocok menerapkan gelaran jenis ini: Pasangan yang lebih memilih pernikahan intim dengan sekelompok teman dekat, diadakan di tempat-tempat non-formal seperti halaman belakang, taman, atau gudang.
  • Jumlah tamu: Maksimal 50 tamu.
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan: Persiapan makanan, jadwal acara agar pernikahan tetap menyenangkan, dan tempat yang nyaman.
  • Kelebihan: Tidak ada pernikahan yang lebih menyenangkan daripada yang satu ini, karena sifatnya yang santai memberikan nuansa intim yang tidak dapat ditawarkan oleh gaya resepsi yang lain. Selain ramah anggaran, bagian terbaiknya adalah menyajikan makanan sesuai selera Anda dan tamu Anda. Juga, karena hanya teman dekat dan kerabat yang telah saling mengenal satu sama lain, akan lebih mudah untuk memastikan waktu yang menyenangkan dan santai bagi semua tamu undangan.
  • Kekurangan: Meskipun gaya resepsi ini sangat menyenangkan, mungkin tidak semua orang merasakan hal yang sama. Selain itu, tidak direkomendasikan untuk lebih dari 50 orang, karena pesta Anda bisa saja terlihat terlalu berantakan dan para tamu yang hadir akan merasa bosan. Jika Anda memilih untuk mengadakan pernikahan di rumah Anda sendiri, Anda mungkin harus mempertimbangkan apakah Anda memiliki cukup ruang dan Anda juga perlu memutuskan area mana yang harus dibatasi.

Ide Menu Pernikahan

Setelah Anda memilih pengaturan katering yang sesuai dengan gaya pernikahan Anda, inilah bagian yang menyenangkan. Saatnya Anda memilih semua makanan yang ingin Anda sajikan di hari pernikahan Anda. Di bawah ini, kami telah mengumpulkan beberapa opsi untuk memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang apa yang dapat Anda sajikan di hari pernikahan Anda.

Sit-down dinner

Karena akan sulit untuk secara pribadi memenuhi selera dan kebutuhan setiap tamu, sebagian besar katering atau tempat pernikahan sudah memiliki menu paket yang dapat Anda pilih. Mereka telah memasangkan setiap hidangan dengan sempurna, mulai dari hors d'oeuvre dan makanan pembuka hingga hidangan utama dan hidangan penutup. Jika Anda ingin menyajikan anggur, pastikan untuk memutuskan jenis anggur yang tepat yang ingin Anda sajikan—asam atau manis, merah atau putih—dan pastikan minuman alkohol yang dipilih cocok dengan menu pilihan Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan hidangan khusus untuk tamu dengan alergi makanan dan persyaratan diet tertentu dengan menanyakannya terlebih dahulu.

Prasmanan dan standing party

Untuk melayani sejumlah besar tamu, Anda membutuhkan makanan dalam jumlah yang sama besarnya. Cobalah untuk mencampur dan mencocokkan hidangan yang berbeda, memastikan jumlah dan variasi yang cukup. Anda juga dapat menambahkan suguhan kecil berupa kios makanan dengan staf yang siap sedia di sudut venue Anda, dengan hidangan utama Anda diletakkan di tengah. Karena Anda tidak akan dapat memenuhi preferensi masing-masing individu, untuk hasil terbaik, cobalah untuk memiliki berbagai jenis hidangan daging seperti ayam, daging sapi, dan makanan laut. Jangan lupa untuk menyiapkan hidangan untuk para vegetarian dan orang-orang yang tidak suka daging.

Makan malam kasual

Sesungguhnya tidak ada pengaturan khusus yang diperlukan untuk acara non-formal. Jika Anda memutuskan untuk mengadakan jamuan potluck, cobalah bertanya tentang hidangan khusus yang akan dibawakan oleh tamu Anda atau bahkan berikan makanan pembuka dan penutup untuk memastikan ada cukup variasi untuk semua tamu undangan. Hal lain yang menyenangkan untuk dilakukan adalah memiliki truk makanan yang menyajikan makanan ringan favorit Anda, atau Anda dapat mengadakan pesta pernikahan bergaya barbeque. Bahkan jika itu adalah acara berskala kecil, Anda tidak boleh melupakan kue pernikahan Anda, karena kue pernikahan adalah makanan penutup yang luar biasa yang dapat Anda bagikan dengan seluruh tamu undangan.

Berikut adalah beberapa ide yang telah kami siapkan khusus untuk Anda:

Wedding Catering 101: Panduan Merencanakan Menu Resepsi Pernikahan Image 1

Bagaimana Menentukan Menu Resepsi?

Menentukan menu pernikahan yang sesuai dengan tema, tempat, dan resepsi Anda mungkin membingungkan pada awalnya. Tapi jangan khawatir, cukup ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini dan masalah menu Anda akan teratasi dalam waktu singkat.

  1. Perhatikan musimnya
    Jenis makanan tertentu terasa lebih enak di musim yang berbeda. Sup kental dan krim, misalnya, tidak cocok untuk pernikahan musim panas yang diadakan di luar ruangan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa yang tidak boleh disajikan untuk pernikahan musim panas Anda di sini.
  2. Pertimbangkan lokasi pernikahan
    Jika Anda memiliki cukup ruang untuk mengadakan resepsi bergaya sit-down dinner, jangan ragu untuk memilikinya. Tetapi, jangan berlebihan jika tempat Anda tidak cukup besar. Selalu tanyakan penanggung jawab tempat Anda sebelumnya untuk memperkirakan jumlah maksimum tamu untuk gaya resepsi yang berbeda untuk memastikan para tamu undangan merasa nyaman.
  3. Temukan rekomendasi dari koki selebriti online
    Berkat teknologi, saat ini Anda tidak perlu bertemu langsung dengan koki profesional untuk mendapatkan rekomendasi mereka. Temukan saja mereka secara daring, tetapi jangan menerima seluruh saran mereka tanpa mempertimbangkan selera dan situasi Anda sendiri.
  4. Sertakan hidangan favorit Anda dan pasangan
    Apakah Anda penggemar makanan Cina, Jepang, Meksiko, atau bahkan India? Tidak ada aturan untuk jenis masakan yang dapat Anda sajikan, tetapi Anda harus selalu menyiapkan pilihan yang aman yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan, seperti ayam panggang atau pasta dengan saus bolognese.
  5. Jangan takut untuk memiliki hidangan fusion
    Ini adalah ide bagus bagi Anda yang hendak merencanakan pernikahan multikultural. Cobalah untuk mendapatkan menu fusion yang akan mewakilkan budaya pasangan Anda kepada teman dan kerabat Anda. Dengan keseimbangan yang tepat, kombinasi rasa yang berbeda bisa mengasyikkan.
  6. Memiliki menu diet khusus
    Memiliki menu untuk tamu dengan diet tertentu adalah sikap yang bijaksana. Anda dapat memiliki sudut atau kios khusus untuk makanan penutup bebas gluten, makanan vegetarian, juga makanan bagi anak-anak. Jangan lupa untuk memberi label makanan yang sesuai dan menyiapkan beberapa tanda untuk membuatnya lebih mudah ditemukan.
  7. Terbuka untuk hal-hal baru
    Ketika pilihan yang biasa membuat Anda bosan dan tidak terinspirasi, jangan takut untuk mengeksplorasi dan menemukan ide-ide baru dari hal-hal di sekitar Anda. Anda dapat menemukan alternatif yang menyenangkan untuk kue pernikahan tradisional di sini, misalnya. Untuk penataan tempat duduk, Anda bisa mengambil beberapa pedoman dari pasangan ini, yang menata tempat duduk melingkar yang unik di sekitar api unggun. Apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda merasa nyaman dan telah disepakati bersama pasangan.

Tiga Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Vendor Katering

Setelah Anda mengumpulkan beberapa vendor katering pernikahan potensial, Anda perlu mengevaluasi dengan cermat apakah mereka dapat memenuhi kebutuhan Anda. Berurusan dengan katering mungkin sedikit rumit, tetapi Anda dapat memulainya dengan tiga poin berikut.

  1. Perhatikan biaya makan vendor Anda
    Anda harus selalu menjaga hubungan baik dengan vendor Anda, dan ini termasuk menyediakan makanan untuk mereka selama resepsi berlangsung. Ingatlah bahwa beberapa vendor, seperti wedding planner, band, dan fotografer beserta asistennya akan bekerja sepanjang hari. Tidak perlu menambahkannya pada jumlah tamu Anda, karena sebagian besar tempat dan katering telah memberikan diskon makanan khusus untuk vendor. Pastikan Anda tahu berapa porsi makanan untuk para vendor yang perlu disiapkan.
  2. Bernegosiasi, bernegosiasi, dan bernegosiasi
    Seperti biasa ketika datang ke vendor pernikahan, Anda harus mengikuti beberapa aturan negosiasi untuk mendapatkan kesepakatan terbaik untuk katering Anda. Jika sulit mendapatkan potongan harga yang lebih besar, Anda dapat mencoba bernegosiasi untuk tambahan, seperti meminta lebih banyak jenis makanan penutup, makanan gratis untuk vendor, atau harga khusus untuk suvenir pernikahan yang dapat dimakan.
  3. Ajukan semua pertanyaan yang dibutuhkan
    Vendor katering pernikahan yang baik bukan hanya yang dapat memasak hidangan paling lezat. Ada begitu banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, seperti peralatan dan pengaturan yang perlu Anda persiapkan, staf penunggu, dan tentu saja, anggaran Anda. Untuk membantu Anda menemukan katering yang tepat, kami telah mengumpulkan semua pertanyaan penting yang perlu Anda tanyakan kepada setiap calon katering agar mempermudah Anda dalam membuat keputusan.


Wedding Catering 101: Panduan Merencanakan Menu Resepsi Pernikahan Image 2


Sebagai salah satu layanan pertama yang harus diprioritaskan setelah venue Anda, memesan katering dapat membuat Anda merasa kewalahan. Akan tetapi, jangan menganggapnya sebagai beban berat. Sebaliknya, Anda dapat memikirkannya sebagai cara untuk memikat para tamu undangan. Bagaimanapun, makanan adalah inti dari setiap perayaan yang menyenangkan dan Anda harus menikmati saat berbagi hidangan favorit Anda dengan orang yang Anda cintai. Canape yang menyenangkan, masakan etnik, makanan penutup yang lezat, apapun pilihannya, semua ada di tangan Anda!

Vendors you may like