Blog / Relationship Tips / Tips Menjalankan Protokol Kebersihan Di Rumah Untuk Anda dan Pasangan

Tips Menjalankan Protokol Kebersihan Di Rumah Untuk Anda dan Pasangan

Color:
Add To Board
tips-menjalankan-protokol-kebersihan-di-rumah-untuk-anda-dan-pasangan-1

Photography: Kzenon from iStock

Menjaga kesehatan dan kebersihan merupakan kunci utama hidup sehat di tengah kondisi pandemi. Meskipun sekarang ini kita telah memasuki fase new normal, kebersihan tetaplah menjadi hal yang harus selalu ditingkatkan. Tidak hanya ketika Anda berada di luar dan berinteraksi dengan orang-orang, namun kebersihan dalam rumah tidak kalah penting karena rumah merupakan tempat di mana kita memulai dan mengakhiri aktivitas, seperti mandi, makan, dan tidur. Bayangkan, jika Anda tidak menjaga kebersihan tempat istirahat Anda, pasti tidak nyaman bukan?

Berikut beberapa tips untuk Anda dan pasangan dalam menjalankan protokol kebersihan rumah yang dibagi menjadi dua, yaitu saat ingin keluar rumah dan saat kembali ke rumah!


PROTOKOL KEBERSIHAN KETIKA INGIN KELUAR RUMAH

1. GUNAKANLAH MASKER SEBELUM ANDA KELUAR RUMAH

Saat bepergian keluar dari rumah, kita tidak tahu akan bertemu dengan siapa saja dan kita juga tidak tahu apakah orang-orang yang kita temui dalam keadaan sehat atau kurang fit. Sebaiknya, gunakanlah masker, baik masker medis atau masker kain yang sesuai standar kesehatan, untuk meminimalisir paparan virus dan bakteri.

2. SIAPKAN CAIRAN PEMBERSIH TANGAN

Selalu sediakan cairan pembersih tangan ukuran ekonomis di dalam tas atau saku Anda. Cairan pembersih tangan sangat dibutuhkan setelah Anda menyentuh benda-benda di tempat umum. Ketika Anda berada di lokasi yang tidak memiliki tempat cuci tangan, cairan pembersih tangan adalah pertolongan pertama untuk tetap menjaga kebersihan tangan Anda. Sangat dianjurkan untuk memiliki cairan pembersih tangan yang mengandung kadar alkohol minimal 70%. Selain itu, hand sanitizer juga bisa Anda semprotkan ke beberapa permukaan sebelum Anda sentuh, misalnya pada troli supermarket maupun mesin ATM.

3. MEMBAWA TISU KERING DAN TISU BASAH

Tisu kering bisa Anda gunakan untuk menjadi lapisan pelindung tambahan pada masker Anda. Selain menggunakan siku untuk memegang gagang pintu, Anda juga dapat menggunakan tisu sebagai alas tangan Anda agar tidak kontak langsung. Tisu basah juga merupakan hal penting karena bisa digunakan untuk membersihkan perangkat digital Anda ketika diletakan pada meja restoran atau kafe. Selain itu, Anda bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan terlebih dahulu kursi yang hendak Anda gunakan di tempat umum atau untuk membersihkan gagang troli belanjaan, serta jangan lupa untuk menggunakan tisu basah anti bakteri atau disinfectant wipes.

4. SIAPKAN SEMPROTAN UNTUK DUDUKAN TOILET

Di saat kondisi seperti ini, mungkin Anda akan berpikir ulang untuk menggunakan toilet umum. Namun, bagaimana jika Anda dalam kondisi sudah tidak tahan lagi untuk buang air? Selalu siapkan semprotan anti bakteri untuk dudukan toilet. Cairan sanitasi untuk dudukan toilet mampu membersihkan dan membunuh jamur, bakteri, serta kuman yang pada umumnya terdapat di toilet.

5. SELALU INGAT MENCUCI TANGAN

Mencuci tangan bukanlah hal yang sulit, bahkan sudah diajarkan untuk selalu cuci tangan sebelum makan, sehabis dari toilet, dan setelah memegang uang atau benda sejak kita kecil. Cuci tangan Anda dengan sabun setidaknya selama 20 detik agar kuman dan bakteri hilang karena tangan merupakan anggota tubuh yang seringkali, tanpa kita sadari, menyentuh wajah.

6. LAKUKAN PEMBAYARAN NON-TUNAI

Untuk meminimalisir kontak langsung dengan orang lain atau memegang uang secara fisik, lebih baik Anda menggunakan transaksi non-tunai saat berbelanja, seperti menggunakan QR code atau melalui aplikasi dompet digital.


PROTOKOL KEBERSIHAN KETIKA KEMBALI KE RUMAH DAN SAAT DI DALAM RUMAH

1. MENYEMPROTKAN CAIRAN DISINFECTANT KE PAKAIAN YANG DIPAKAI DAN BARANG-BARANG YANG ANDA BAWA SEBELUM MASUK KE RUMAH

Sebelum masuk ke rumah, sebaiknya Anda menyemprotkan cairan disinfectant ke pakaian yang dipakai dan barang-barang bawaan Anda agar bakteri atau kuman-kuman dari luar yang menempel tidak masuk ke dalam rumah.

2. SEGERA MANDI DAN MENCUCI PAKAIAN YANG TELAH DIPAKAI

Setelah masuk ke rumah, langsung cuci tangan dan jangan menyentuh benda-benda lain, termasuk duduk. Sebaiknya, Anda sudah menyediakan handuk dan pakaian bersih sebelum pergi, dan ketika kembali ke rumah, Anda bisa langsung mandi tanpa perlu masuk ke dalam kamar untuk mengambil pakaian bersih. Jangan lupa untuk langsung merendam pakaian yang telah Anda pakai ke dalam air dengan sabun pencuci pakaian.

3. MENCUCI BARANG BELANJAAN

Sebelum menyimpan barang belanjaan di lemari penyimpanan, sebaiknya barang-barang belanjaan, seperti sayuran, buah, makanan atau minuman kemasan, serta kebutuhan rumah tangga lainnya dibersihkan dengan sabun agar mematikan bakteri atau kuman yang menempel.

4. MENYEMPROTKAN CAIRAN DISINFECTANT PADA PAKET SEBELUM ANDA MEMBUKANYA

Dalam kondisi seperti ini, pastinya kita akan meminimalisir kegiatan di luar rumah, termasuk berbelanja, hingga akhirnya lebih memilih belanja dari rumah saja atau belanja online. Ketika barang belanjaan atau paket Anda datang, sebaiknya beri jarak antara Anda dengan kurir paket atau Anda bisa meletakan kantong plastik di pagar rumah dengan tulisan 'letakan paket di dalam sini'. Sebelum Anda mengambil paket, sangat penting bagi Anda untuk menyemprotkan cairan disinfectant pada paket.

5. MENGGANTI WADAH MAKANAN KETIKA MEMBELI DARI LUAR

Memesan makanan melalui aplikasi pesan-antar online maupun take-away juga sering kali kita lakukan. Ketika Anda menerima makanan tersebut, segera pindahkan makanan tersebut ke piring atau wadah yang ada di rumah karena kebersihan rumah Anda lebih terjamin daripada restoran di luar.

6. MEMBERSIHKAN LANTAI RUMAH, GAGANG PINTU, DAN PEGANGAN TANGGA DENGAN CAIRAN ANTI BAKTERI

Setiap hari, Anda perlu membersihkan rumah agar kondisi keluarga Anda tetap sehat. Anda bisa menggunakan cairan pembersih yang mengandung anti bakteri serta mengandung pengharum. Terutama bagian-bagian yang sering disentuh oleh orang-orang di rumah secara bergantian, seperti gagang pintu, keran air, kursi, pegangan tangga, dan lain-lain, semprotkan dengan cairan disinfectant beralkohol 70% secara berkala.

Selain membangun rumah tangga yang harmonis, Anda dan pasangan juga perlu bekerja sama untuk membangun rumah tangga yang sehat dengan menjaga kebersihan rumah. Intip kisah para pasangan tenaga medis yang saling mendukung dan menjaga kesehatan serta kebersihan mereka di tengah kondisi pandemi dalam artikel ini!



Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now