Blog / Relationship Tips / Suami-Istri Work from Home? Berikut Cara Efektif Berbagi Pekerjaan Rumah Tangga

Suami-Istri Work from Home? Berikut Cara Efektif Berbagi Pekerjaan Rumah Tangga

Color:
Add To Board
suami-istri-work-from-home-berikut-cara-efektif-berbagi-pekerjaan-rumah-tangga-1

Photography: istock

Mengelola tempat tinggal bersama dengan pasangan bukanlah hal yang mudah. Pekerjaan rumah tangga termasuk menjaga kebersihan, memasak, mencuci baju, pemeliharaan barang-barang elektronik serta tanaman, pembayaran listrik dan air, dan banyak lagi. Tentunya hal-hal tersebut tidak dapat dilakukan seorang diri. Apalagi di masa work from home di tengah pandemi COVID-19 ini, tidak sedikit pasangan yang justru kesulitan membagi tugas rumah tangga dengan pekerjaan kantor, terutama bagi mereka yang tidak memiliki asisten rumah tangga. Misalnya, ketika masih sama-sama bekerja di kantor masing-masing, Anda maupun suami tidak makan siang bersama. Namun, saat bekerja dari rumah kali ini, mungkin Anda atau suami jadi harus memasak hampir tiap hari sehingga cucian piring kotor lebih menumpuk, belum lagi deadline pekerjaan kantor yang tidak bisa ditunda atau bagi yang sudah memiliki anak, juga harus menemani mereka belajar di kelas online. Pasangan suami istri harus bijak membagi pekerjaan rumah tangga agar tidak hanya satu pihak saja yang merasa terbebani. Melakukan pekerjaan rumah tangga bersama juga dapat menjadi kegiatan seru bersama pasangan saat puasa.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk membagi pekerjaan rumah tangga secara efektif ketika sama-sama bekerja dari rumah:

1. Buat daftar prioritas
Buatlah daftar pekerjaan rumah tangga yang paling penting untuk dilakukan. Misalnya, mengepel dan menyapu lantai harus dilakukan setiap pagi agar rumah tidak berdebu. Kemudian, prioritas kedua adalah membersihkan kamar mandi setiap dua hari sekali karena kamar mandi merupakan tempat yang lembab serta dapat menjadi sarang bakteri. Membuat daftar prioritas seperti ini akan memudahkan langkah selanjutnya, yaitu membagi pekerjaan rumah tangga.

2. Bagi semua pekerjaan rumah tangga sama rata
Mulailah dengan membagi pekerjaan rumah tangga dengan prioritas paling tinggi. Contohnya, Anda dapat bertanggung jawab mengepel dan menyapu, kemudian pasangan Anda dapat bertugas menyiapkan menu buka puasa sederhana dan praktis. Keduanya merupakan pekerjaan rumah tangga yang harus dilakukan setiap hari, namun karena terbagi rata, Anda dan pasangan tidak akan merasa terlalu terbebani. Pastikan Anda membagi rata semua pekerjaan rumah tangga agar tidak ada yang merasa telah melakukan lebih dari yang lain.

3. Buat jadwal yang mudah diikuti
Walaupun kita sedang di tengah pandemi yang mengharuskan banyak pasangan untuk bekerja di rumah, bukan berarti semua orang memiliki jadwal yang lebih leluasa. Buatlah jadwal pekerjaan rumah tangga yang sesuai dengan waktu yang Anda dan pasangan miliki, jangan sampai bertabrakan dengan waktu kerja. Sisihkan juga waktu untuk beristirahat sebelum atau setelah melakukan pekerjaan rumah tangga agar kalian tidak merasa terpaksa.

4. Komunikasikan kendala serta beri apresiasi
Pada awalnya, berbagi pekerjaan rumah tangga mungkin akan menimbulkan beberapa konflik serta kendala, apalagi ketika Anda harus bekerja dari rumah. Selalu komunikasikan hal-hal ini dengan baik agar kalian mendapatkan ketenangan batin tanpa harus bertengkar, khususnya di bulan Ramadhan ini. Pastikan Anda dan pasangan fleksibel dalam bergantian melakukan pekerjaan rumah tangga. Misalnya, bila pasangan Anda harus berpartisipasi dalam online meeting dan tidak dapat melakukan tugas pekerjaan rumah tangganya hari itu, Anda dapat menggantikannya, kemudian pasangan Anda dapat melakukan bagian Anda lain kali. Jangan lupa untuk selalu menunjukkan apresiasi ketika pasangan Anda melakukan bagiannya dengan mengucapkan terima kasih atau memuji hasil pekerjaannya.

5. Adakan evaluasi ulang
Bila Anda dan pasangan tidak dapat mengikuti pembagian pekerjaan rumah tangga serta jadwal yang sudah kalian buat, ada baiknya Anda mengadakan evaluasi ulang mengenai hal ini. Mungkin saja pasangan Anda tidak nyaman melakukan tugas tersebut. Misalnya, ia lebih memilih untuk mencuci piring daripada menjemur pakaian. Anda dapat mendiskusikannya setelah berbuka di suasana yang santai, kemudian menyelaraskan kembali preferensi pekerjaan rumah tangga yang nyaman kalian kerjakan dan menyesuaikan jadwal juga.

Dengan berbagi pekerjaan rumah tangga, Anda juga dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan pasangan Anda. Kalian tidak hanya mempelajari cara memelihara rumah dengan baik, namun juga mempelajari hal-hal baru mengenai satu sama lain. Lagipula, ada banyak sekali manfaat yang pasangan bisa rasakan ketika suami juga turun tangan membantu pekerjaan rumah tangga, seperti yang dibahas dalam artikel ini.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now