Blog / Wedding Ideas / Penting! Inilah 7 Peran Best Man di Hari Pernikahan

Penting! Inilah 7 Peran Best Man di Hari Pernikahan

Color:
Add To Board
penting-inilah-7-peran-best-man-di-hari-pernikahan-1

Best man adalah seseorang yang bertugas sebagai pendamping sekaligus tangan kanan bagi mempelai pria selama proses perencanaan pernikahan hingga hari perayaan tersebut berlangsung. Peran best man biasanya mencakup dalam urusan mengatur persiapan pernikahan, pemberian dukungan moral dan emosional kepada pengantin pria, serta memainkan beberapa peranan penting selama upacara pernikahan dan resepsi. Meskipun tidak ada aturan khusus mengenai siapa yang bisa menjadi best man untuk pengantin pria, namun peran ini biasanya diberikan kepada saudara laki-laki, kerabat dekat, ataupun sahabat dari mempelai pria.

Lalu, apa saja tanggung jawab spesifik yang diemban oleh seorang best man? Jawabannya adalah tergantung dari bagaimana keinginan pasangan yang akan menikah dan apa saja peran yang diharapkan oleh pengantin pria, tetapi uraian tanggung jawab yang paling umum dan harus dilakukan pada saat hari pernikahan yaitu sebagai berikut.

  1. Pastikan Pengantin Pria dan Groomsmen Datang Tepat Waktu
    Ketepatan waktu adalah hal yang terpenting demi kelancaran rundown di hari pernikahan. Sebagai best man, Anda perlu memastikan bahwa pengantin pria dan para pengiringnya benar-benar tiba di lokasi tepat pada waktunya. Lakukan koordinasi yang jelas dengan pengantin pria dan groomsmen jauh sebelum hari H agar mereka bisa mengatur jadwal dan terhindar dari keterlambatan untuk sampai di titik kumpul. Ingatkan mereka tentang waktu yang telah disepakati dan betapa pentingnya ketepatan waktu di hari pernikahan. Ketika mereka berhasil tiba lebih awal, Anda pun bisa memiliki spare waktu yang cukup panjang untuk mengatur bagaimana tatanan jas atau tuxedo yang mereka kenakan sebelum bersiap untuk berangkat ke tempat pernikahan.

    Penting! Inilah 7 Peran Best Man di Hari Pernikahan Image 1
    Akreditasi: Zev Fisher Photography

  2. Memegang Cincin Pernikahan
    Ya, menyimpan cincin kawin kedua mempelai sekaligus mengamankannya hingga sumpah suci pernikahan itu diucapkan merupakan bagian dari tanggung jawab best man, tetapi jika pengantin pria lebih nyaman memberikannya kepada salah satu anggota keluarga yang dipercaya, itu juga tidak masalah. Best man biasanya akan menyimpan cincin tersebut ke dalam saku ataupun tempat-tempat yang aman hingga momentum yang tepat dalam upacara pernikahan. Barulah pada saat sesi pertukaran cincin, best man akan memberikan cincin pengantin tersebut kepada kedua mempelai. Sering kali best man juga dimintai tolong untuk memegang barang-barang pribadi seperti ponsel, dompet, dan aksesori milik pengantin pria.
  3. Menyambut Tamu Undangan
    Best man diharapkan untuk bisa beramah tamah dan menyambut tamu undangan yang hadir. Apalagi, mereka yang dipilih sebagai best man umumnya memang berasal dari sanak keluarga, saudara kandung, ataupun sahabat dari mempelai pria, sehingga tamu undangan yang hadir di upacara pernikahan pun umumnya sudah dikenal baik oleh sang best man. Kesukarelaan best man dalam memberikan sapaan positif, mengajak berbincang, dan menjalin hubungan yang baik dengan keluarga mempelai selama upacara pernikahan berlangsung mampu menciptakan suasana yang lebih hangat dan penuh keramahan.

    Penting! Inilah 7 Peran Best Man di Hari Pernikahan Image 2
    Akreditasi: Sweetheart Empire Wedding Photography

  4. Menjadi Saksi Penandatanganan Dokumen Pernikahan
    Beberapa pasangan pengantin biasanya meminta best man atau maid of honor untuk menjadi saksi saat proses penandatanganan dokumen pernikahan mereka. Best man yang sekaligus menjadi saksi benar-benar akan mengikuti keseluruhan upacara pernikahan terlebih dahulu, barulah setelah selesai, ia harus menyaksikan pasangan pengantin dan petugas yang berwenang dalam proses penandatanganan dokumen nikah. Demi terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, best man juga harus membawa pena cadangan di sakunya untuk berjaga-jaga.
  5. Memulai Sesi Bersulang
    Momen wedding toast atau bersulang yang menandakan dimulainya perjalanan bahtera rumah tangga bagi kedua mempelai sudah menjadi tradisi umum di banyak pernikahan, di mana best man sering kali ditunjuk untuk memberikan pidato singkat saat pembukaan wedding toast untuk merayakan pernikahan pasangan pengantin. Isi pidato ini harus dibuat semenarik mungkin dengan berfokus pada kepribadian pengantin baru dan bagaimana kisah perjalanan cinta keduanya. Toast pertama akan disampaikan setelah tamu undangan duduk di tempat masing-masing dan gelas minuman sudah disajikan, kemudian best man berdiri di depan tamu undangan, mengangkat gelas, dan memberikan pidato singkat yang berisi ucapan selamat kepada pasangan pengantin.

    Penting! Inilah 7 Peran Best Man di Hari Pernikahan Image 3

  6. Memastikan Kelancaran Resepsi Pernikahan
    Best man harus memastikan bahwa semua orang benar-benar nyaman saat menikmati setiap momentum selebrasi pernikahan. Ia juga diharapkan mampu bertugas sebagai 'penyelamat acara' di saat-saat genting. Misalnya, apabila terdapat kendala di bagian wedding band sehingga mereka belum siap untuk melantunkan tembang lagu, seorang best man perlu mengisi kekosongan dengan melontarkan beberapa lelucon (meskipun pasangan pengantin mungkin sudah meng-hire seorang MC). Best man juga bisa mengajak anggota keluarga untuk naik ke lantai dansa demi mencairkan suasana.
  7. Mengumpulkan Hadiah Pernikahan
    Best man juga bertanggung jawab untuk membantu mengamankan kado pernikahan yang diberikan oleh para tamu undangan, terutama apabila hadiah tersebut memang berasal dari orang yang paling dekat bagi kedua mempelai. Pastikan untuk mengumpulkan semua hadiah yang ada untuk diletakkan ke dalam ruang penyimpanan yang aman. Akan lebih bagus bila Anda juga bersedia mengantarkannya ke rumah mempelai. Cara ini dapat membantu mengurangi beban pasangan pengantin ataupun anggota keluarga mereka usai perhelatan resepsi.

Secara keseluruhan, seorang best man harus mampu mengatasi masalah kecil atau kendala yang muncul selama resepsi, sekaligus memberikan bantuan kepada pengantin pria dan wanita saat dibutuhkan.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now