Menikah dengan Stay-at-Home Wife/Husband? Berikut 6 Tips untuk Mendukung Pasangan Anda

by Alycia Putri Nov 03, 2020 | 09:00 in Relationship Tips 

Colors:

  • Photography: Cathy Yeulet Menikah dengan Stay-at-Home Wife/Husband? Berikut 6 Tips untuk Mendukung Pasangan Anda

Walaupun Anda sibuk dengan pekerjaan, jangan sampai melupakan kehadiran pasangan Anda, baik itu suami atau istri yang berada di rumah. Stay-at-home husband/wife juga perlu mendapatkan dukungan dari pasangannya karena mengurus rumah tangga juga memiliki tantangannya sendiri. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga maupun berbisnis dari rumah bukanlah hal yang sepele. Dukungan serta perhatian perlu Anda berikan untuk menambah semangat dan mengurangi rasa jenuh pasangan yang sebagian besar waktunya dihabiskan di dalam rumah. Berikut beberapa tips bagaimana harus mendukung stay-at-home husband/wife.

  1. Selalu ada untuk mendengarkan ceritanya
    Walaupun stay at home, baik suami maupun istri pasti memiliki cerita atau kejadian yang ingin dibagi kepada pasangan. Sebagai pasangan, tetaplah menjadi pendengar yang baik meskipun hanya sebuah hal kecil. Didengar oleh pasangan sendiri akan membuat seseorang merasa lebih disayang dan diperhatikan sehingga berpengaruh pada mood yang baik. Jika Anda lelah karena bekerja seharian, bicarakan kepada pasangan Anda secara baik-baik dan memintanya untuk bercerita kembali di esok hari, namun jangan sampai lupa dengan janji tersebut.
  2. Tanyakan kabarnya hari ini
    Memang pasangan Anda lebih sering berada di rumah, namun berada di rumah bukan berarti setiap hari terasa sama. Mungkin di hari itu usaha online-nya sedang sepi, pekerjaan rumah tangga terasa berat, atau ada kerabat menghubunginya dengan menyampaikan berita duka. Dengan menanyakan kabar pasangan, maka pasangan Anda akan sedikit lebih terbuka kepada Anda. Mungkin ia diam, tetapi bukan berarti ia tidak ada cerita, melainkan ia hanya tidak ingin membuat Anda khawatir atau merasa semakin lelah setelah mendengar ceritanya karena Anda sudah bekerja seharian di luar.

  3. Memberikan semangat dan dukungan
    Setelah Anda mendengarkan ceritanya, berikan pasangan Anda penghargaan dengan kata-kata atas hasil yang ia capai hari ini atau dukungan ketika ia ingin memulai suatu hal yang baru. Memberikan semangat dan dukungan sangat berpengaruh pada mood dan tekad pasangan Anda ketika ia memulai hari esok.

  4. Membantu menemukan solusi jika ada masalah
    Meskipun berada di bidang atau profesi yang berbeda, tetaplah berusaha membantunya menemukan solusi ketika pasangan Anda berada dalam kesulitan atau masalah. Terutama jika menyangkut atau berhubungan dengan rumah tangga, Anda harus menunjukkan bahwa Anda selalu berada di sisinya dan ikut turun tangan. Bagaimanapun juga, rumah tangga adalah milik kalian berdua, dan untuk membangunnya, harus dilakukan bersama.

  5. Berikan kejutan kecil
    Untuk menambah rasa semangat dan mengobati rasa jenuh di rumah, berikanlah kejutan kecil, seperti menghadiahkannya pakaian, membawakan makanan kesukaannya, atau menuliskan surat romantis sebelum Anda pergi bekerja. Kejutan kecil dalam bentuk bantuan nyata juga pasti akan menghiburnya, seperti memesankan penyedia jasa kebersihan ke rumah agar pasangan Anda bisa libur dari aktivitas beres-beres sejenak.
  6. Lakukan kegiatan kesukaannya di akhir pekan
    Berikan pasangan Anda "reward" di akhir pekan setelah hari-harinya berada di rumah dengan melakukan kegiatan bersama di luar rumah. Anda dan pasangan bisa melakukan hal yang ia sukai, pergi ke tempat hiburan untuk bersantai dan melepas penat, atau staycation di dalam kota.

Selalu bisa menunjukkan dukungan positif kepada suami/istrinya walaupun beda profesi merupakan modal kuat memiliki pernikahan yang sehat dan langgeng. Jika Anda memiliki pasangan yang bekerja dan sedang mengalami krisis dalam profesinya, simak artikel ini untuk mendapatkan tips bagaimana memberi dukungan yang berarti.


Temukan inspirasi pernikahan, pilihan vendor baru dan terbaik, serta beragam artikel menarik seputar tren dan hubungan pernikahan. Download aplikasi Bridestory sekarang di App Store dan Google Play Store

Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]

Show