Blog / Wedding Ideas / Hilangkan Kesan Konvensional, Ini 9 Ide Pernikahan yang Unik dan Tidak Biasa

Hilangkan Kesan Konvensional, Ini 9 Ide Pernikahan yang Unik dan Tidak Biasa

Color:
Add To Board
hilangkan-kesan-konvensional-ini-9-ide-pernikahan-yang-unik-dan-tidak-biasa-1

Pernikahan adalah salah satu momentum yang paling penting dalam hidup setiap insan. Tak heran, bila calon pengantin tampak saling berlomba-lomba untuk membuat hari tersebut semakin berkesan dengan ide-ide yang brilian. Beberapa pasangan mungkin cenderung ingin menghindari kesan 'biasa' atau 'klise' dalam pesta pernikahan mereka. Itulah mengapa, membuat resepsi pernikahan yang unik bisa menciptakan kenangan yang indah dan tak terlupakan, baik untuk pasangan maupun tamu undangan yang hadir. Anda juga bisa memastikan bahwa pernikahan impian Anda berbeda dari yang lainnya dengan mewujudkan ragam ide kreatif yang mencerminkan kepribadian Anda.

Nah, di bawah ini, ada sembilan ide pernikahan unik yang bisa Anda terapkan ke dalam perayaan istimewa Anda. Apa sajakah itu?

  1. Gelar Pernikahan di Rumah dengan Furniture Pribadi Sebagai Dekorasi
    Hilangkan Kesan Konvensional, Ini 9 Ide Pernikahan yang Unik dan Tidak Biasa Image 1
    Akreditasi: Lauren Fair Photography

    Anda memiliki area pekarangan rumah yang cukup untuk menggelar pesta pernikahan berskala intimate? Mungkin menggelar acara pernikahan di kediaman pribadi bisa menjadi ide yang cemerlang, tetapi ini bukanlah selebrasi pernikahan biasa yang kerap Anda temukan di sekitar Anda. Dibanding menyewa alat-alat dekorasi pendukung, cobalah untuk lebih kreatif dengan memasukkan perabotan rumah Anda sendiri untuk menjadi instrumen dekorasi yang fantastis di hari itu. Sebagai contoh, Anda dapat menyulap area halaman rumah dengan menata satu set meja dan kursi tematik untuk menjadi sebuah 'lounge' yang menarik, masukkan juga meja kecil bergaya antik untuk meletakkan kue pengantin atau lemari klasik untuk memajang koktail.

  2. Rancang Pengaturan Tempat Duduk yang Berbeda
    Hilangkan Kesan Konvensional, Ini 9 Ide Pernikahan yang Unik dan Tidak Biasa Image 2
    Akreditasi: Debs Alexander

    Bila umumnya altar selalu diletakkan di bagian depan, sementara area tempat duduk tersusun sejajar di belakangnya, sekarang Anda bisa membuatnya sedikit berbeda dengan mengatur kursi tamu pernikahan Anda secara melingkar sehingga para undangan bisa mendapatkan pemandangan 360 derajat. Upacara pertukaran janji suci yang dikelilingi oleh para tamu tidak hanya akan berdampak pada daya tarik visual saja, tetapi juga mampu menambah keintiman yang magis serta memuat lebih banyak kursi ke dalam ruangan. Gunakan kursi transparan apabila Anda berencana melangsungkan pernikahan di tengah latar belakang yang dramatis untuk menonjolkan pemandangan yang ada di sekitar Anda.
  3. Sewa Jasa Pelukis Pernikahan Langsung
    Hilangkan Kesan Konvensional, Ini 9 Ide Pernikahan yang Unik dan Tidak Biasa Image 3
    Akreditasi: Fine Arts by Nicole

    Tahukah Anda, ternyata saat ini sudah ada sejumlah seniman lokal yang menawarkan jasa live paint atau melukis secara langsung di acara pernikahan. Bagaimana cara kerjanya? Rata-rata dari mereka akan duduk di sudut ruangan tertentu sembari merangkum atmosfer bahagia yang ada di atas pelaminan ke atas kanvas yang mereka bawa. Hasil karya seni itu pun bisa langsung selesai hanya dalam waktu beberapa jam saja sehingga dapat dijadikan sebagai dekorasi dinding dalam kediaman pribadi Anda dan pasangan.

  4. Pastikan Kenyamanan Tamu
    Hilangkan Kesan Konvensional, Ini 9 Ide Pernikahan yang Unik dan Tidak Biasa Image 4
    Akreditasi: Something Borrowed

    Perayaan pernikahan yang diadakan di luar ruangan membuat Anda harus memaksimalkan kenyamanan setiap tamu undangan. Untuk mengantisipasi cuaca hujan, Anda bisa meletakkan wadah berisi sejumlah payung di dekat pintu masuk yang bisa digunakan untuk para tamu saat berjalan hingga sampai ke lokasi pernikahan. Atau, Anda juga dapat menyediakan selimut pendek yang bisa disampirkan di area bahu mereka apabila pernikahan Anda digelar di tepi pantai saat malam hari yang dingin. Berikan sentuhan personal dengan menerapkan desain dan warna tertentu pada payung atau selimut agar sesuai dengan tema pernikahan Anda.

  5. Tampilkan Buket Pengantin yang Tak Biasa
    Hilangkan Kesan Konvensional, Ini 9 Ide Pernikahan yang Unik dan Tidak Biasa Image 5
    Akreditasi: DERAI Studio

    Saatnya untuk meninggalkan karangan bunga pengantin yang biasanya kerap Anda temukan dalam setiap selebrasi pernikahan. Ada banyak sekali alternatif buket yang bisa Anda terapkan ke dalam pernikahan Anda untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik.

  6. Berikan Hadiah Sambutan untuk Tamu VIP
    Hilangkan Kesan Konvensional, Ini 9 Ide Pernikahan yang Unik dan Tidak Biasa Image 6
    Akreditasi: Davy Whitener

    Bila Anda berencana menggelar pernikahan destinasi, baik itu yang di dalam ataupun di luar negeri, pertimbangkan untuk memberi hadiah ucapan selamat datang kepada tamu VIP Anda saat jamuan welcome party. Ini menunjukkan bahwa Anda sangat menghargai mereka yang telah bersedia melakukan perjalanan jauh dengan segala upaya untuk menghadiri pernikahan Anda. Hadiah tersebut bisa berupa satu kotak besar atau tas jinjing yang berisi barang-barang unik dengan nilai sentimental, seperti kartu ucapan yang ditulis tangan, makanan dan minuman ringan khas daerah setempat, emergency kit atau obat-obatan darurat, beberapa teh spesial dan mug menggemaskan, hingga buku panduan destinasi yang bisa memandu mereka untuk berwisata usai menghadiri pesta pernikahan Anda.

  7. Pilih Peralatan Gelas yang Sesuai dengan Tema Pernikahan Anda
    Hilangkan Kesan Konvensional, Ini 9 Ide Pernikahan yang Unik dan Tidak Biasa Image 7
    Akreditasi: Luna and the Lane

    Salah satu detail yang tidak boleh dilewatkan adalah peralatan gelas untuk meja resepsi. Barang-barang tersebut bukanlah sekedar peralatan minum yang fungsional saja, tetapi juga bisa Anda kreasikan dengan desain yang sesuai dengan kepribadian pasangan pengantin. Bila Anda menerapkan konsep pesta duduk, pilihlah gelas kristal yang sesuai dengan tema pernikahan Anda untuk membuatnya semakin berkesan. Desain gelas dengan percikan warna emas dan corak geometris cocok untuk pernikahan klasik, sementara gelas berwarna biru dengan elemen desain yang terinspirasi dari laut, seperti karang, bintang laut, atau kerang, lebih memungkinkan untuk pernikahan pantai bernuansa bahari. Jangan lupa tambahkan inisial nama Anda dan pasangan agar lebih personal.
  8. Bagikan Kue Kering dengan Desain yang Dipersonalisasi
    Hilangkan Kesan Konvensional, Ini 9 Ide Pernikahan yang Unik dan Tidak Biasa Image 8
    Akreditasi: Kristen Beinke Photography

    Meja khusus makanan pencuci mulut sebaiknya dilengkapi dengan ragam camilan manis yang disukai oleh semua orang, mulai dari tamu dewasa hingga anak-anak. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan kue kering yang hadir ke dalam berbagai bentuk, ukuran, dan rasa yang cocok sebagai hidangan penutup. Nah, untuk membuatnya lebih berbeda, Anda bisa menyesuaikan desain kue kering tersebut dengan elemen dekorasi pernikahan Anda. Misalnya, mintalah vendor dessert table Anda untuk mencetak gambar ke dalam kue manis ini dengan pattern yang benar-benar unik dan mampu merepresentasikan lokasi pernikahan atau tema perayaan Anda.

  9. Buatlah Momen Wedding Exit yang Berkesan
    Hilangkan Kesan Konvensional, Ini 9 Ide Pernikahan yang Unik dan Tidak Biasa Image 9
    Akreditasi: Aaron Delesie

    Wedding exit
    adalah saat di mana pasangan pengantin yang baru saja resmi menikah mulai beranjak keluar untuk meninggalkan gedung resepsi di akhir acara, kemudian para bridesmaid, groomsmen, dan segenap tamu undangan akan memeriahkannya dengan menaburkan suatu benda, seperti konfeti atau kelopak bunga kepada pasangan pengantin. Nah, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat momentum wedding exit terasa berbeda dibanding biasanya, mulai dari menggunakan sepeda motor untuk karakter pasangan yang edgy, menaiki golf cart mungil bertuliskan "just married", ataupun meniupkan gelembung balon untuk memberi kesan yang manis.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now