Dampak Positif yang Pasangan Rasakan di Rumah Selama Masa PSBB

by Belle Biarezky [[ 1593482400000 | amDateFormat:'ll | HH:mm' ]] in Relationship Tips 

Colors:

Sejak COVID-19 ditetapkan sebagai pandemi global hingga PSBB transisi diberlakukan, beberapa bulan belakangan ini adalah masa-masa yang tidak mudah bagi semua orang. Akan tetapi, bagi pasangan yang masih terus berkegiatan di rumah, tidak jarang mereka merasakan beberapa hal positif. Walaupun banyak yang berubah dari segi kebiasaan di dalam maupun di luar rumah, apalagi memasuki masa new normal, ternyata masa krisis ini justru menyumbangkan banyak pelajaran baru yang memberi beberapa keuntungan, antara lain:

1. LEBIH BANYAK QUALITY TIME BERSAMA PASANGAN DAN KELUARGA DI RUMAH

Sebelum kita semua "terpaksa" berkegiatan #dirumahsaja untuk menekan penyebaran COVID-19, mendapatkan waktu untuk ber-quality time bersama pasangan mungkin adalah hal yang sulit dilakukan. Kesibukan kerja membuat pasangan yang sudah menikah hanya bisa meluangkan waktu bersama di akhir pekan. Namun, hal itu juga terkadang harus dibarengi dengan bersih-bersih rumah maupun menemani aktivitas sang buah hati sehingga quality time bersama suami atau istri Anda belum maksimal.
Ketika work from home (WFH) mulai diwajibkan, tentu saja Anda menjadi lebih sering menghabiskan waktu bersama pasangan Anda di rumah. Quality time pun menjadi tidak sulit didapatkan. Anda bisa langsung mengobrol santai dengannya, menanyakan hari-harinya, maupun sekedar saling bercanda di sela-sela makan siang atau begitu kalian menutup laptop dan mengakhiri jam kerja. Tidak ada lagi kemacetan jalan yang menghadang Anda untuk lebih cepat sampai di rumah dan bersantai dengan pasangan di tempat tidur sebelum terlelap. Selain itu, bagi orang tua baru, Anda juga tidak akan pernah ketinggalan melihat masa-masa perkembangan anak yang tentu saja adalah hal yang sangat berharga.

2. MANAJEMEN WAKTU SEMAKIN BAIK

Berkegiatan terus di rumah, mulai dari bekerja hingga sesederhana memasak, tidaklah mudah bagi sebagian orang yang sudah terbiasa beraktivitas di luar rumah sehari-harinya. Apalagi jika sudah memiliki anak, tentu Anda belum terbiasa untuk "menggantikan" peran guru di sekolah ketika membantunya mengerjakan tugas. Kekacauan hingga rasa frustrasi mungkin terjadi di satu bulan pertama. Namun, ketika masuk di bulan kedua, Anda sudah bisa mengevaluasi dan belajar membagi waktu semua kewajiban yang harus dilakukan. Anda pun tidak canggung lagi dalam menghadapi hari-hari berjadwal padat.

3. PENGELUARAN LEBIH TERENCANA

Salah satu sisi positif dari #dirumahsaja adalah mendapatkan kesempatan untuk menabung lebih banyak. Tidak ada lagi akhir pekan seharian di restoran kekinian, liburan pendek impromptu, dan bahkan, pengeluaran transportasi ke kantor. Biaya-biaya tersebut dapat ditabung dan Anda juga memiliki waktu luang untuk kembali melihat perencanaan keuangan rumah tangga. Bicarakan dengan pasangan Anda tentang pos penyimpanan atau pengeluaran mana yang sebaiknya mendapat tambahan alokasi dana.

4. LEBIH SADAR HIGIENITAS

Tahukah Anda jika Anda bisa saja membawa masuk kuman ke dalam rumah ketika pulang dari bepergian? Mungkin sebelum ini Anda belum terbiasa langsung mencuci tangan ketika baru sampai di rumah. Namun, sejak munculnya pandemi ini, Anda menjadi lebih sadar akan kebiasaan kecil seperti itu. Karena kesadaran menjaga kebersihan semakin meningkat, lingkungan tempat Anda tinggal pun semakin sehat dan aman. Jika hal ini terus dijaga, niscaya kehidupan Anda sehari-harinya juga akan selalu nyaman.

5. SEMAKIN BUGAR DAN SEHAT

Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan untuk mengisi kekosongan waktu selama #dirumahsaja adalah berolahraga. Sama seperti menjaga kebersihan, rutin berolahraga pun menjadi kebiasaan baru yang mengisi hari-hari Anda selain work from home dan mengurus rumah tangga bersama pasangan. Apalagi Anda juga semakin jarang menghabiskan waktu di jalanan yang penuh polusi, tubuh pun semakin bugar, serta efek positifnya juga bisa memengaruhi kejernihan pikiran dan hati. Bagi kalian yang sudah menikah, tiru pasangan Irfan dan Jennifer Bachdim yang berbagi tips kiat berolahraga di rumah untuk menambah intimasi hubungan.

6. KETERAMPILAN BERTAMBAH

Tidak jarang orang semakin rajin menggeluti hobi-hobi baru selama #dirumahsaja, sebut saja memasak dan berkebun hingga aktivitas pertukangan, seperti memasang maupun memperbaiki sesuatu. Tentu saja hal ini memberikan sisi positif kepada diri Anda, yaitu bertambahnya keterampilan. Bahkan, hal ini juga bisa semakin meningkatkan kekompakan dengan pasangan di mana kalian bisa melakukan beberapa hobi bersama, misalnya memasak resep baru bersama.

7. PENGETAHUAN BERTAMBAH

Tidak hanya keterampilan bertambah karena Anda mencoba aktivitas-aktivitas baru, pengetahuan Anda juga bertambah walaupun berkegiatan di dalam rumah saja. Waktu kosong bisa dihabiskan dengan membaca buku atau jurnal-jurnal online dengan topik yang beragam. Bertambahnya wawasan, apalagi jika Anda hobi menggeluti sebuah topik tertentu, niscaya juga akan meningkatkan kebijaksanaan Anda dalam memandang segala situasi.

8. KREATIVITAS MENINGKAT

Bukan berarti tiba-tiba Anda bisa menghasilkan sebuah karya seni, meningkatnya kreativitas ini justru timbul dari hal kecil, yaitu menangkal rasa bosan selama #dirumahsaja. Sejatinya, manusia adalah makhluk sosial. Seseorang yang memiliki sifat introvert pun tetap membutuhkan interaksi secara langsung dengan sesamanya, entah itu saudara maupun teman, di luar dari orang lain yang tinggal bersamanya. Ketika Anda sudah merasa bingung harus beraktivitas apa lagi di rumah, ide-ide unik pun muncul. Misalnya, Anda jadi membuat podcast dan membicarakan tentang topik sehari-hari yang ringan. Atau, Anda dan pasangan memutuskan untuk menata kembali kamar tidur dengan aransemen yang baru, termasuk mengecat dinding dengan warna baru. Melakukan proyek-proyek kecil seperti ini tentu bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri, serta hubungan yang lebih erat dengan pasangan Anda.


CREDIT TO VENDORS:

  • Photography: iStock

Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content ]]

Show