Arti Mimpi Menikah dan Hubungannya dengan Psikologi Anda

by Belle Biarezky [[ 1605146400000 | amDateFormat:'ll | HH:mm' ]] in Relationship Tips 

Colors:

Mimpi menikah atau tentang pernikahan terkadang dikait-kaitkan dengan takhayul atau klenik, namun sebenarnya ada arti psikologis juga di dalamnya. Apa yang Anda mimpikan bisa menjadi sebuah perwakilan dari perasaan atau pikiran yang tidak Anda sadari. Seorang ahli mimpi bersertifikat dari Amerika yang telah mempelajari psikologi mimpi selama bertahun-tahun, Lauri Loewenberg, membedah beberapa interpretasi dari mimpi menikah. Berikut analisisnya.

  • Photography: Andrea Piacquadio from Pexels Arti Mimpi Menikah dan Hubungannya dengan Psikologi Anda

Mimpi menikah dengan saat sedang merencanakan pernikahan
Brides, apakah semalam Anda bermimpi tentang kebaya pengantin Anda yang tiba-tiba rusak ketika Anda akan berjalan ke pelaminan? Atau, Anda bermimpi sang calon suami terlambat sampai ke gedung pernikahan? Tentunya hal ini tidak asing jika seorang calon pengantin sedang mengalami bridezilla.
Loewenberg sendiri menyebut mimpi calon pengantin ini dengan bride's nightmares atau bridemares. "Mimpi ini adalah sebuah pertanda bahwa Anda sampai di tahap stres dalam mempersiapkan pernikahan, atau sebuah peringatan supaya Anda menyelesaikan beberapa isu sebelum memulai rumah tangga yang baru," sang ahli mimpi berpendapat. Salah satu faktor yang memancing bridemares adalah ketika calon mempelai berhadapan dengan banyak deadlines dalam mempersiapkan pernikahan hingga detail-detail terkecilnya. Cobalah untuk meminta bantuan orang lain agar Anda bisa membagi beban sehingga tidak merasa tertekan.

Mimpi menikah, namun tidak sedang berencana menikah dalam waktu dekat
Loewenberg mengatakan bahwa mimpi tidak selalu berkaitan dengan hal-hal yang sedang Anda jalani di kehidupan nyata. Oleh karena itu, jika Anda sedang tidak merencanakan menikah, namun bermimpi menikah, hal tersebut bisa diinterpretasikan sebagai keadaan lain di kehidupan Anda yang berhubungan dengan komitmen atau kewajiban. Menikah bukan hanya tentang perasaan cinta, namun juga tentang menjalani komitmen. Bisa saja di dalam kehidupan nyata Anda sedang memulai sebuah tanggung jawab baru, seperti mengemban jabatan baru dalam pekerjaan atau kewajiban melunasi cicilan jangka panjang. "Bahkan, mimpi itu juga bisa mewakilkan hal yang abstrak. Misalnya, Anda sedang memulai membiasakan diri untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh untuk seterusnya," ungkap Loewenberg.

Mimpi dilamar
Mungkin bermimpi dilamar menjadi sebuah hal yang mengagetkan, apalagi jika Anda sedang tidak memiliki kekasih atau bahkan sudah menikah. Mirip dengan arti mimpi menikah di mana komitmen menjadi isu utamanya, ketika bermimpi dilamar, bedanya adalah Anda belum menyatakan akan terlibat di dalam komitmen atau tanggung jawab tersebut. "Misalnya, Anda ditawarkan sebuah pekerjaan baru, namun Anda memilih masih menimbang-nimbang hal tersebut. Anda masih memikirkan pro dan kontra mengambil tanggung jawab baru tersebut di kehidupan nyata," tutur Loewenberg memberi gambaran.

Mimpi menikah, namun bukan dengan suami Anda
Mimpi ini bukan berarti bahwa ada pengkhianatan atau perselingkuhan di dalam hubungan Anda, melainkan ada ketidakpuasan dalam pernikahan, apalagi jika Anda sudah menjalani rumah tangga bertahun-tahun, katakanlah lebih dari lima tahun. "Dalam banyak kasus, orang lain yang Anda nikahi dalam mimpi mewakili kualitas diri yang Anda butuhkan untuk berkomitmen," Loewenberg menganalisis. "Jika Anda bermimpi menikah dengan orang yang asing, mungkin saja kualitas yang Anda cari mewakili hal-hal umum, seperti rasa kepercayaan diri. Jika Anda bermimpi menikahi orang yang Anda kenal atau sekedar tahu, seperti selebriti, coba untuk merenung lebih dalam tentang hal-hal apa yang menarik bagi Anda dari orang tersebut. Salah satu dari hal tersebut bisa jadi adalah kualitas yang Anda cari selama ini."

Mimpi menikah dengan seseorang yang tidak memiliki hubungan dekat
Bermimpi menikah dengan seseorang yang tidak memiliki hubungan spesial, dekat, atau bahkan tidak terlalu kenal bisa berarti dua hal. Pertama, jika Anda bermimpi menikah dengan seseorang yang Anda kenal, misalnya teman sekantor, bisa jadi situasi ini mewakilkan kehidupan nyata di mana kalian sedang terlibat dalam satu proyek bersama. Kedua, jika orang yang Anda nikahi di dalam mimpi sedang tidak terlibat dalam peristiwa yang cukup signifikan dalam keseharian Anda, berarti sosok dia dalam mimpi mewakilkan Anda sendiri. "Tanyakan kepada diri sendiri apa yang membuat sosok ini unik buat Anda," saran sang penulis buku tafsir mimpi Dream on It: Unlock Your Dreams, Change Your Life ini. "Misalnya, sosok ini sering membagikan rutinitas olah tubuhnya di media sosial di mana Anda sendiri sebenarnya juga ingin memulai berolahraga secara rutin."

Mimpi menghadiri sebuah pernikahan
Walaupun nampaknya mimpi ini bisa diremehkan, namun tafsirannya bisa cukup mendalam. Menurut Loewenberg, bermimpi menghadiri pernikahan seseorang, kenal maupun tidak, bisa berarti bahwa Anda berada dalam situasi di mana ada sebuah peristiwa penting yang sedang dialami kerabat atau teman terdekat, yang berhubungan dengan komitmen atau tanggung jawab besar dan bisa berpengaruh dalam hidup Anda, namun Anda tidak aktif dalam pengambilan keputusan. Menyaksikan sebuah pernikahan di dalam mimpi menandakan bahwa ada sebuah isu di kehidupan nyata yang sebenarnya Anda tidak terlibat langsung, tapi Anda merasa peduli, bahkan prihatin.


Temukan inspirasi pernikahan, pilihan vendor baru dan terbaik, serta beragam artikel menarik seputar tren dan hubungan pernikahan. Download aplikasi Bridestory sekarang di App Store dan Google Play Store

Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]

Show