Blog / Wedding Ideas / Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan

Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan

Color:
Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 12

Pesta tanpa kue rasanya kurang sempurna, karena kue sendiri identik dengan sebuah perayaan. Kali ini, Bridestory akan membahas makna dan esensi dari ragam jenis kue pengantin.

Mari simak artikel berikut yang membahas segala hal mendasar seputar kue pernikahan yang akan menyempurnakan hari istimewa Anda.

Apakah Kue Pernikahan Wajib Ada?

Kue pengantin biasanya disajikan setelah makan malam pada resepsi pernikahan. Sebelum disajikan, terdapat ritual pemotongan kue terlebih dahulu sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran untuk pasangan dan semua tamu yang hadir. Namun tren saat ini, kue pengantin lebih berfungsi sebagai dekorasi tambahan untuk menyempurnakan tampilan pernikahan secara keseluruhan. Pernikahan besar dengan 1.000 tamu biasanya hanya menjadikan kue sebagai pajangan dan tidak benar-benar disajikan untuk para tamu. Hal ini pun pasti membuat kita bertanya-tanya: Apakah kue benar-benar diperlukan dalam sebuah perayaan pernikahan?

Bukanlah suatu keharusan bagi seorang pengantin untuk menyediakan kue pernikahan, tergantung dari keinginan masing-masing. Anda dan pasangan lah yang berhak menentukan format pernikahan impian, karena tak melulu harus mengikuti formasi selebrasi yang ada. Apabila menurut Anda tradisi dan makna di dalamnya penting, maka menyajikan kue pernikahan bisa Anda lakukan. Namun jika Anda berada di sisi berbeda dan menganggap tidak terlalu penting, maka Anda bisa mengalihkan budget kue pernikahan pada elemen yang lain. Jika Anda menyukai makanan manis tetapi tidak terlalu menyukai kue, Anda bisa memilih jenis makanan penutup lainnya, seperti menara cupcake, croquembouche, atau meja dessert yang ditata dengan cantik sebagai alternatif.

Bagaimana Ukuran Kue yang Ideal?

Anda dan pasangan mungkin akan sedikit bingung untuk menentukan berapa tinggi dan berapa besar kue yang harus disajikan? Jangan cemas, Bridestory telah mengumpulkan beberapa tips untuk Anda. Yang pertama, tentukan bentuk kue yang Anda inginkan, Anda bisa memilih bentuk oval atau persegi. Jika ingin sesuatu yang lebih unik, Anda bisa memilih kue berbentuk hati atau kastil. Yang kedua adalah, tingkatan dari kue Anda harus disesuaikan dengan tema dan venue pernikahan, kue tiga tingkat akan terlihat kecil dalam pernikahan di ballroom yang berukuran besar. Sementara kue lima tingkat akan terlihat besar dalam set pernikahan yang intim. Sedikit referensi, pilihlah kue tingkat satu hingga tiga untuk pernikahan intim, dan kue lima tingkat hingga tujuh untuk sebuah selebrasi besar.

Selain bentuk dan tingkatannya, Anda juga harus memerhatikan cara penyajiannya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba. Untuk mendapatkan porsi yang lebih banyak, sajikan kue pernikahan bertingkat dengan ukuran paling dasar yang lebih besar. Semakin naik tingkatannya, maka ukuran kue harus lebih kecil. Siapkan juga beberapa kue tambahan di dapur untuk berjaga-jaga apabila kekurangan kue pada pernikahan besar. Anda hanya perlu memotongnya dalam porsi kecil, dan menyajikannya kepada para tamu. Sementara untuk pernikahan kecil dengan porsi yang lebih sedikit, Anda bisa menyiasati dengan mengurangi jumlah tingkatan serta ukurannya, dengan menyesuaikan pada tempat yang tersedia. Di bawah ini adalah grafik ukuran kue untuk membantu Anda dalam menentukan ukuran kue pernikahan.

Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 13

Click here to download the image


Tren Kue Pernikahan

Seperti halnya elemen-elemen lain dalam pernikahan, tren kue selalu berinovatif dan berubah dengan cepat. Banyak ide-ide kreatif dan kue-kue cantik yang selalu menjadi tren dan baru di setiap tahunnya. Namun jangan khawatir, Bridestory telah merangkum 10 tren kue yang long-lasting dan bisa menjadi referensi Anda memilih kue pernikahan. Lihat dan beri komentar di bawah jika ada kue favorit Anda ada dalam daftar berikut!

Add To Board
woodland_fukzmq.jpg

Photography: Winsome + Wright - Steve Steinhardt

Rustic Woodland

Perpaduan yang cocok untuk tema pernikahan pedesaan yang elegan adalah woodland cake. Anda bisa menggunakan kue pendek dengan warna dasar solid yang dihiasi dengan tanaman hijau dan sedikit bunga untuk menampilkan nuansa woodland pada kue. Anda dapat meminta pada vendor untuk membuat kue dengan ukuran satu hingga tiga tingkat, yang kemudian menggunakan dasar warna putih atau gading, dan menghiasinya dengan daun zaitun atau daun kayu putih nuansa perak dengan dilengkapi setangkai bunga kecil seperti lavender atau baby's breath yang akan mempercantik kue Anda.

Add To Board
metallic_vxuhjr.jpg

Photography: Sally Pinera - Greg Finck

Add To Board
fruit_flower_dvfb8g.jpg

Photography: Paula O'Hara - Rebecca Yale

Add To Board
white_x6fqlm.jpg

Photography: Jose Villa - Blaine Siesser

Add To Board
naked_nkpzls.jpg

Photography: Cristina G - Diana McGregor

Add To Board
hand_painted_wvl53f.jpg

Photography: Katie Parra - Marissa Lambert

Add To Board
geometric_lqj8az.jpg

Photography: Jose Villa - Katie Parra

Add To Board
baroque_qefs4r.jpg

Photography: KT Merry - Kate Nielen

Add To Board
buttercream_b4kq5d.jpg

Photography: Greer Gattuso - Marin Kristine

Add To Board
nocake_zbkc7b.jpg

Photography: Rebecca Yale - Sally Pinera

Hal yang Perlu Dilakukan dan Dihindari dalam Memilih Kue Pernikahan

  1. Jangan: Tidak melakukan riset tentang kue pernikahan Anda
    Melihat dan melakukan riset perbandingan antara satu vendor dengan vendor yang lainnya merupakan langkah pertama yang harus dilakukan dalam merencanakan pernikahan. Lakukan riset tentang harga, gaya, pilihan vendor, dan ketersediaan vendor di hari pernikahan Anda.
  2. Lakukan: Menyesuaikan dengan tema pernikahan Anda
    Setiap unsur dan elemen dalam pernikahan harus selaras dan senada dengan tema pernikahan Anda, salah satunya adalah kue pengantin. Pilihlah gaya dan desain kue yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Kue mewah dengan bentuk kastil tidak akan cocok dengan tema pernikahan rustic. Pastikan kue pernikahan Anda menjadi elemen pendukung yang mempercantik dekorasi.
  3. Jangan: Tidak memperhitungkan waktu pengiriman
    Setelah memutuskan segalanya, jangan lupakan untuk membuat rencana terperinci perihal pengiriman. Pada jam berapa dan ke mana kue Anda harus dikirimkan? Apakah vendor akan mengaturnya untuk Anda? Apakah akan ada orang di tempat tersebut untuk membantu mempersiapkan? Apakah tempat kue akan didekorasi oleh dekorator? Jika iya, pada jam berapa dan di mana? Semua pertanyaan ini perlu dipertimbangkan dengan cermat. Untuk menghindari kewalahan saat mempersiapkan, mintalah bantuan dari perencana pernikahan Anda.
  4. Lakukan: Pertimbangkan ruang atau tempat pernikahan Anda
    Pertimbangkan ruang dan lingkungan pada venue pernikahan Anda. Jika pernikahan Anda di tempat yang kecil dengan langit-langit rendah, jangan pernah menggunakan kue tujuh tingkat yang besar dan tinggi. Hal ini justru akan membuat venue pernikahan Anda terlihat sempit. Sama halnya dengan pernikahan besar, kue dengan ukuran kecil di ballroom yang besar akan terlihat sangat kecil. Jadi, sangat penting untuk menyesuaikan tingkatan kue dengan venue Anda.

    Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 1

  5. Jangan: Lupa mempertimbangkan cuaca
    Sebelum memilih kue, pastikan terlebih dahulu venue dan kemungkinan cuaca di hari pernikahan Anda. Jangan memilih kue jenis buttercream yang cepat meleleh untuk pernikahan outdoor Anda, alih-alih nampak cantik, justru kue akan meleleh karena terkena panas matahari. Pilihlah kue-kue yang bisa bertahan di cuaca apapun, seperti contohnya adalah kue fondant.
  6. Lakukan: Berikan 'spotlight' ke kue Anda
    Jangan biarkan kue Anda hanya berdiri di sudut ruangan dan tidak mendapatkan perhatian dari para tamu. Beri kue Anda dekorasi dan aksen yang menarik perhatian, agar bisa menjadi spotlight dalam acara pernikahan. Anda bisa memulai dengan menghias tempat kue dengan berbagai dekorasi, meletakkan kue di bawah lampu sorot, atau bisa menyajikannya dengan cara yang unik seperti pada gambar berikut!
  7. Jangan: Mengabaikan toppers
    Toppers bisa memberikan sentuhan personal yang membuat kue Anda berbeda dari kue pengantin lainnya dan menjadi ciri khas kue Anda. Untuk toppers, Anda bisa menggunakan nama Anda, elemen-elemen favorit Anda dan pasangan, atau boneka lucu dan topiaries yang melambangkan kepribadian Anda.


10 Pembuat Kue Pernikahan Terbaik Pilihan Bridestory

Tren kue yang selalu berubah dengan desain yang cantik-cantik seperti gambar di atas pasti membuat Anda ingin memilikinya di hari pernikahan impian. Bridestory telah mengumpulkan 10 rekomendasi vendor wedding cake yang sudah berpengalaman dari segala penjuru negeri untuk menjadi referensi Anda dalam memilih kue pernikahan yang indah dan lezat. Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 2

1.Gordon Blue Cake (Jakarta)

Gordon Blue Cake merupakan salah satu pembuat kue pengantin yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Dengan kesan glamor dan halus, Gordon Blue berhasil mendapatkan kepercayaan dan perhatian para brides-to-be sebagai pembuat kue pengantin yang berkualitas. Jika Anda menginginkan karya ajaib dari Gordon Blue, alangkah lebih baik untuk memesan enam bulan sebelum pernikahan. Hal ini agar kue yang dihasilkan optimal, karena semuanya dirancang dengan detail dan dari hati agar bisa mendapatkan kue yang cantik sesuai dengan impian Anda. Selain kue pengantin, mereka juga menyediakan kue, cupcakes, dan meja pencuci mulut untuk memenuhi semua kebutuhan suguhan manis di pernikahan Anda. Untuk harganya sendiri, kue tiga tingkat mulai dari Rp4.800.000,- kue lima tingkat mulai dari Rp7.200.000,- dan kue tujuh tingkat mulai dari Rp8.500.000,-

Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 3

2.Crème de la Crème (Bali)

Jika Anda mencari vendor kue pernikahan di Bali, Crème de la Crème adalah solusi dari pertanyaan Anda. Dimulai pada tahun 2010, Crème de la Crème memoles setiap kue pengantin dengan seni yang indah dengan pendekatan yang elegan dan tema pedesaan. Selain kue, disediakan juga rangkaian dessert untuk hari besar Anda. Harga kue pengantin di Crème de la Crème mulai dari Rp3.750.000,- untuk kue tiga tingkat dan harga akan menyesuaikan sesuai jumlah tingkatan dan tingkat kesulitan desainnya kue yang diinginkan. Menariknya, harga yang ditawarkan sudah termasuk ongkos kirim dalam wilayah Denpasar.

Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 4

3. Sweetsalt (Jakarta)

Terinspirasi dari segala seni dan modern design, Sweetsalt telah menjadi kepercayaan bagi sejumlah pengantin yang mendambakan sebuah artisanal cake. Mulai dari pola grafis geometris, white on white, hingga format kue klasik yang cantik, jajaran kue pernikahan karya Sweetsalt tentu akan menjadi elemen penyempurna bagi pernikahan istimewa Anda. Harga mulai dari Rp3.200.000,-.

Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 5

4.LeNovelle Cake (Jakarta)

LeNovelle merupakan salah satu vendor terkenal yang telah menghiasi dunia kue pengantin dengan kue-kue yang indah dan menarik. Setiap elemen detail dalam kue selalu dibuat dengan sepenuh hati dari tangan-tangan yang sudah ahli. LeNovelle hadir dengan lima rasa yang menjadi primadona mereka yaitu kopi Irlandia, hutan hitam, cokelat Amerika, keju, dan lemon. Bukan hanya bentuk kue yang cantik, namun kelezatan dari rasanya juga sudah terjamin kualitasnya. Anda juga bisa menyesuaikan bahan kue Anda (lebih banyak rum, lebih sedikit rum, tanpa rum) sesuai keinginan dan selera. Harganya tergantung dari jumlah tier dan diameter base cake dengan harga mulai dari Rp5.300.000,- untuk kue tiga tingkat, Rp7.800.000,- untuk kue lima tingkat, Rp12.700.000,- untuk kue tujuh tingkat, dan Rp16.000.000,- untuk kue delapan tingkat. Harga tersebut termasuk meja, taplak meja, nampan, dan piring.

Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 6

5.Elly's Cake Art Boutique (Surabaya)

Sebagai salah satu pembuat kue terkenal, Elly's Cake Art Boutique memiliki gaya khas mereka yang mempesona dan glamor. Selain kue pengantin, mereka juga menyediakan dessert table untuk melengkapi kebutuhan suguhan pernikahan Anda. Dengan Elly's Cake Art Boutique, Anda bisa memilih kue dengan yakin karena semua jawaban ada pada mereka, seperti mengapa fondant lebih mahal daripada buttercream. Untuk harga, wedding cake mulai dari Rp3.000.000,- tergantung desain, rasa, dan jumlah tier yang dibutuhkan dan dessert table mulai dari Rp2.000.000,- hingga Rp5.000.000,-.

Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 7

6.Ixora Cakes (Bali)

Dimulai sebagai industri kecil rumahan pada tahun 1998, Ixora Cakes merupakan hasil karya penuh cinta dari pasangan suami istri Julia dan Helmut. Menyatukan pengalaman mereka dalam masakan Eropa dan Indonesia, pasangan ini mengembangkan bisnis dan hingga saat ini, telah menjadi pemimpin industri di Bali. Apapun atau tema yang ingin Anda miliki sebagai kue pernikahan Anda, Ixora dapat melakukannya untuk Anda, dari rustic naked cake, hingga kue elegan atau bahkan glamor. Harga mereka tersedia berdasarkan permintaan dan tingkat kesulitan dari kue tersebut, jadi pastikan untuk mengunjungi profil mereka di Bridestory untuk mengetahui daftar harga dan detail kontak mereka.

Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 8

7.Femy's (Surabaya)

Femy's telah ada sejak tahun 2001, menciptakan kue yang lezat dan glamor dengan sentuhan elegan. Berfokus pada pelayanan kue artisan yang disesuaikan, apapun kue impian Anda pasti akan menjadi kenyataan di tangan mereka yang berbakat. Jika Anda seorang pengantin yang menyukai kue yang rumit dengan detail yang halus, maka kreasi Femy kemungkinan besar akan sesuai dengan gaya Anda. Harganya mulai dari Rp6.750.000,- untuk kue lima tingkat, Rp8.750.000,- untuk kue tujuh tingkat khusus, Rp9.750.000,- untuk kue delapan tingkat yang dirancang khusus, dan Rp10.750.000,- untuk kue sembilan tingkat yang dirancang khusus. Jangan khawatir untuk jenis bahan yang ingin Anda gunakan, karena semua bahan sudah tersedia lengkap untuk mewujudkan kue pernikahan Anda.

Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 9

8.CDC Corp (Bandung)

Vendor yang memiliki banyak bakat dan pilihan dalam hal kue pernikahan dan penyajian makanan manis adalah CDC Corp. Bukan hanya mengatasi kue impian yang rumit, CDC Corp juga bisa menghadirkan makanan penutup dan berbagai makanan manis yang lembut untuk pernikahan dan perayaan khusus Anda. Berbasis di Bandung, CDC Corp membuka harga Rp4.500.000,- untuk kue pengantin. Bukan itu saja, mereka juga menyediakan dessert table mulai dari Rp4.000.000,-. Dengan gaya pedesaan khas mereka, kreasi CDC Corp akan memukau para pecinta rustic wedding.

Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 10

9.Barley Cakes (Tangerang)

Vendor ini tidak hanya menyajikan kue yang lezat, tetapi juga dengan harga yang paling terjangkau. Mulai dari Rp1.500.000,- per kue, Barley Cakes adalah jawaban dari penjual kue yang terjangkau namun lezat dan cantik. Selain custom cakes, Barley Cakes juga menyediakan suguhan manis lainnya seperti cookies, cupcakes, dan pastry yang cocok untuk dessert table atau suvenir pernikahan Anda.

Wedding Cake 101: Serba-Serbi Kue Pernikahan Image 11

10.Cream and Lace (Jakarta)

Last but not least adalah Cream and Lace Cake yang berbasis di Jakarta. Didirikan pada tahun 2004 oleh Dion Riyadi, Cream and Lace mengabulkan keinginan para pengantin yang ingin memiliki kue impian mereka dengan menekan pengeluaran mereka tanpa melewati batas. Membuat kue lembut dan elegan dengan dekorasi rumit dan detail seperti payet, manik-manik, ukiran, dan kristal Swarovski adalah keahlian mereka. Sebagai pemilik, Dion, sangat ketat dalam akurasi warna setiap kue yang keluar dari dapurnya, Anda tidak perlu khawatir dengan hasilnya setelah mempercayakan kue pengantin Anda kepada Cream and Lace. Harganya mulai dari Rp4.500.000,- untuk kue lapis tiga, Rp7.500.000,- untuk kue lapis lima, Rp10.500.000,- untuk kue lapis tujuh, dan Rp13.000.000,- untuk kue lapis delapan.

Itu dia beberapa tips dan panduan dari Bridestory yang akan membantu Anda dalam memilih kue. Share di kolom komentar, kue mana yang menjadi tren favorit Anda?

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now