Blog / Wedding Ideas / Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan

Color:

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 2

Fotografi: J. Wilkinson Co.

Pencahayaan mungkin terdengar sangat teknis sehingga sebagian besar pengantin menyerahkan semuanya kepada ahlinya. Tapi sadarkah Anda bahwa pencahayaan memegang peran yang sangat penting dalam pernikahan Anda? Pencahayaan bisa mempengaruhi suasana pernikahan Anda! Bahkan, bisa menciptakan kesan khusus bagi tamu Anda. Itulah mengapa Bridestory berpikir bahwa calon pengantin harus mengetahui dan mempelajari tentang pencahayaan yang tepat, untuk membantu desainer dan dekorator mewujudkan pernikahan impian Anda.

Ragam Pencahayaan

Hal pertama yang mendasar, pelajari beberapa istilah tentang pencahayaan, sehingga Anda akan mudah berdiskusi dengan dekorator dan desainer pencahayaan Anda. Simak beberapa jenis pencahayaan yang paling umum digunakan untuk perayaan pernikahan.

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 3

Fotografi: via Inside Weddings - via Colin Cowie Weddings

Gobo
Ini adalah salah satu teknik pencahayaan yang paling populer digunakan dalam pernikahan ballroom. Gobo adalah jenis lampu stensil die-cut yang bisa diproyeksikan ke segala jenis permukaan. Biasanya, pasangan menggunakan jenis lampu ini untuk memproyeksikan monogram atau nama mereka ke lantai dansa. Gobo juga kerap digunakan untuk menciptakan variasi tekstur pencahayaan, yang memproyeksikan pola atau tekstur tertentu.

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 4

Fotografi: Christian Oth

Color wash
Lampu berwarna biasanya menggunakan gel berlapis asetat, sehingga memungkinkan lampu dapat berubah warna. Cara ini sering digunakan untuk menambah kehangatan ruangan atau menciptakan efek khusus. Untuk pernikahan, biasanya digunakan di langit-langit atau lantai dansa. Alih-alih tampak Indah, menggabungkan beberapa warna yang kontras malah bisa sangat mengganggu, jadi pastikan Anda konsultasi dan meminta bantuan profesional untuk memilih warna yang tepat.

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 5

Fotografi:via The Bridal Detective

Pin spotting

Pin spotting adalah bidang cahaya sempit yang digunakan untuk menyorot item tertentu. Dalam hal ini, pin-spotting dapat digunakan untuk menonjolkan bagian tengah dekoratif, kue pengantin, atau altar.

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 6

Fotografi: via Pinterest

Pencahayaan lanskap

Lampu lanskap sering digunakan untuk pencahayaan outdoor dan merupakan pencahayaan eksterior yang digunakan untuk menyorot jalur, pohon, semak, taman, bahkan kolam renang. Meskipun sering digunakan untuk membantu para tamu menemukan jalan mereka di luar ruangan, pencahayaan lanskap juga bisa menjadi alternatif untuk menciptakan efek yang dramatis.

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 7Fotografi: Thomas Stewart Photograph

Lampu Sorot

Momen-momen penting dalam pernikahan Anda harus menjadi pusat perhatian, untuk itu lampu sorot sangat cocok menciptakan suasana dramatis tersebut. Seperti, momen first dance, couple entrance, serta wedding kiss.

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 8Fotografi: Closer to Love Photography

Twinkle Lights

Twinkle Lights, juga dikenal sebagai fairy lights yang merupakan rangkaian lampu hias yang biasanya dipasang melintang. Banyak pengantin yang memilih jenis lampu dekoratif ini karena mudah ditemukan dan juga menciptakan suasana yang cantik. Kelap-kelip yang indah dapat dengan mudah menambahkan nuansa magis ke pernikahan Anda. Namun harus tetap memperhatikan komposisi dalam menggunakan lampu jenis ini, karena penggunaan yang berlebihan hanya akan membuat pernikahan Anda terlihat norak.

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 9Fotografi: Southern Weddings Magazine - via Pinterest

Underlighting

Jenis lampu ini biasanya digunakan sesuai kebutuhan yang diinginkan. Seperti memberi cahaya pada meja kaca dari bawah atau untuk menambah keindahan pada sebuah rangkaian bunga.

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 10Fotografi: Victor Sizemore

Up-lighting

Pencahayaan dari bawah ke atas ini biasanya digunakan pada dinding atau properti lainnya. Sangat cocok untuk membuat aksen pada dinding polos dan untuk menambahkan warna pada kain draping.

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 11

Fotografi: Ashley Kelemen - Holeigh V.

Lilin

Pasti Anda sudah familier dengan lilin di pernikahan, karena pencahayaan dari lilin dapat membawa suasana hangat ke seluruh ruangan. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu memikirkan jenis pencahayaan lain, karena lilin tidak akan mampu memberikan cahaya sebanyak itu untuk semua ruangan.

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 12

Fotografi: Heather Kincaid - Anna Kim Photography

Lampu Gantung

Lampu gantung bisa digunakan sebagai penerangan maupun sebagai bagian dari dekorasi pernikahan Anda. Karena bentuknya yang indah, tidak jarang banyak yang menggunakan elemen ini untuk mempercantik dekorasi. Memiliki lampu gantung di pernikahan Anda akan menambah kesan glamor dan elegan.

Ide Pencahayaan Pernikahan Outdoor

Pernikahan di luar ruangan memang indah, jadi bayangkan betapa lebih memesona pernikahan outdoor Anda dengan sedikit pencahayaan ekstra di sana-sini? Simak ide-ide pencahayaan pernikahan outdoor berikut dan beri tahu kami mana yang paling Anda sukai di kolom komentar di bawah.

Add To Board
10_starry_night_etpjg1.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography & Videography

Starry nights

Perayaan pernikahan di bawah langit malam memang selalu indah dan menakjubkan, tetapi memiliki "bintang" yang berkelap-kelip yang terbuat dari lampu akan membuat malam pernikahan Anda semakin menakjubkan. Misalnya saja, pernikahan pasangan ini yang diadakan di sebuah vila pribadi, di Surabaya. Hamparan fairy lights menciptakan ilusi malam berbintang yang memesona.

Add To Board
11_hanging_lights_r7vsh1.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography & Videography

Add To Board
12_initials_i0mzfb.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography & Videography

Add To Board
13_patterns_over_ground_xo83za.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography & Videography

Add To Board
14_floating_candles_t9kzgi.jpg

Photography: Thomas Stewart

Add To Board
15_lights_pathway_yfebc6.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography & Videography

Add To Board
16_chandeliers_outside_wuw0zw.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography & Videography

Add To Board
17_unique_lighitng_2_rn1ovd.jpg

Photography: Corbin Gurkin - Jessica Burke

Add To Board
17_unique_lighitng_utp6tr.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography & Videography

Add To Board
8_candles_gci4gv.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography & Videography

Add To Board
19_roofing_lights_jy77b5.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography & Videography

Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Wedding Lightings

Sebelum Anda menandatangani kontrak apa pun dengan desainer pencahayaan, ikuti panduan sederhana ini saat berurusan dengan pencahayaan pernikahan.

Lakukan: Mencari Seorang Profesional

Pencahayaan adalah hal yang sangat teknis. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk menangani atau bahkan merencanakan sendiri pencahayaan pernikahan Anda. Jika Anda ingin DIY beberapa bagian, boleh saja; bagaimana kalau membuat lampu mason jar sendiri, misalnya? Menyewa desainer pencahayaan profesional sangat penting untuk memastikan kualitas dan keamanan di hari pernikahan Anda. Akan lebih baik jika teknisi siap membantu Anda dengan kebutuhan pencahayaan dan mencegah kecelakaan yang mungkin terjadi.

Jangan: Lupa untuk Melihat Apa yang Ditawarkan oleh Venue

Sebelum menghabiskan terlalu banyak untuk vendor pencahayaan, periksalah apakah tempat Anda menikah menawarkan pencahayaan dalam paket pernikahan mereka. Jika vendor venue memiliki semua opsi pencahayaan yang Anda suka, akan lebih baik jika vendor venue yang menanganinya untuk Anda. Vendor Anda akan tahu tempat mana yang harus dihias, serta kapasitas listrik yang aman.

Lakukan: Konsultasikan dengan Vendor Anda

Bawalah desainer pencahayaan Anda untuk melakukan pemeriksaan lokasi, sehingga mereka dapat menentukan jenis pencahayaan yang sesuai dengan tempat Anda. Apakah pernikahan Anda akan diadakan di dalam ruangan atau di luar ruangan, pastikan untuk memberitahu desainer pencahayaan Anda karena akan memengaruhi pengaturan dan biaya produksi juga. Yang paling penting, beri tahu mereka tentang tema pernikahan Anda dan bagaimana Anda ingin pernikahan Anda terlihat dan terasa. Terakhir, ungkapkan anggaran Anda kepada tim agar mereka dapat menghasilkan pencahayaan yang seimbang tanpa melebihi anggaran pernikahan Anda.

Jangan: Lupakan Riset Anda Terkait Pencahayaan

Sebelum memutuskan vendor lighting, lakukan riset terlebih dahulu. Temukan dan bandingkan vendor pencahayaan yang berbeda sebelum memilih satu yang terbaik. Baca artikel tentang pencahayaan pernikahan yang Bridestory sediakan untuk mendapatkan inspirasi dan gambaran umum tentang pencahayaan pernikahan yang Anda inginkan. Juga, cobalah untuk memahami istilah pencahayaan umum, karena akan berguna saat Anda berurusan dengan vendor.

Lakukan: Periksa Syarat dan Ketentuan dari Venue Pernikahan

Selalu periksa syarat dan ketentuan dari venue, sebelum menyetujui semua gagasan yang ditawarkan oleh vendor pencahayaan Anda. Jika memungkinkan, bawa vendor pencahayaan Anda saat ke venue. Beberapa tempat memiliki batasan mengenai pencahayaan, dan sebaiknya Anda mengetahuinya lebih awal, daripada baru mengetahuinya saat hari pernikahan. Apakah Anda perlu membayar listrik tambahan? Apa jenis peralatan pencahayaan yang diperlukan? Apakah ada yang tidak diperbolehkan? Pastikan kedua belah pihak memiliki pemahaman yang jelas.

Jangan: Berlebihan

Dalam hal pencahayaan, moderasi adalah kuncinya. Over-the-top dengan pencahayaan hanya akan membuat pernikahan Anda terlihat norak, bukan indah. Menambahkan terlalu banyak pencahayaan berwarna atau menerapkan terlalu banyak jenis pencahayaan yang berbeda sekaligus, sangat tidak disarankan. Jaga agar semuanya tetap bagus dan sederhana.

Lakukan: Perhatikan Cuaca

Cuaca adalah salah satu hal yang harus diperhatikan, apalagi jika Anda akan mengadakan pernikahan outdoor. Akan sangat berbahaya apabila hujan terjadi saat pernikahan outdoor Anda menggunakan berbagai jenis pencahayaan. Pertimbangkan rencana cadangan dan minta vendor pencahayaan Anda untuk membantu Anda dalam hal ini.

Jangan: Lupa untuk Berbicara dengan Fotografer Anda

Pencahayaan adalah bagian penting dari setiap fotografi pernikahan. Ketika Anda telah mengatur suasana dan pencahayaan untuk tempat pernikahan Anda, beri tahu fotografer Anda agar tim dapat menyesuaikan dan membawa semua peralatan yang diperlukan untuk menghasilkan gambar berkualitas baik di hari pernikahan Anda.

Lighting Checklist

Untuk memastikan segala kebutuhan pencahayaan Anda, pastikan vendor lighting Anda telah memenuhi beberapa daftar checklist berikut.

Tren Pencahayaan dalam Dekorasi Pernikahan Image 1

Click here to download the image

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now