Blog / Wedding Ideas / Tips Simpel Menghadapi Stres di Hari Pernikahan Anda

Tips Simpel Menghadapi Stres di Hari Pernikahan Anda

Color:
Add To Board
tips-simpel-menghadapi-stres-di-hari-pernikahan-anda-1

Photography: Terralogical

Merencanakan pernikahan bukanlah hal yang mudah dan sangat normal untuk Anda mengalami rasa stres karena banyaknya hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan pernikahan yang sesuai keinginan. Namun ketika hari pernikahan telah tiba, pasangan sebaiknya sudah berada dalam kondisi siap dan fokus untuk menikah. Dengan kata lain, seharusnya tidak ada stres yang tak perlu ketika pagi pernikahan telah tiba.

Karena itu, untuk menjaga fokus dan membuat hari pernikahan Anda stress-free berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari tekanan di hari pernikahan.

Bersiap Seorang Diri

Tips Simpel Menghadapi Stres di Hari Pernikahan Anda Image 1
Fotografi oleh Angga Permana

Biasanya, banyak pengantin yang melakukan makeup di pagi hari ditemani oleh para bridesmaids. Walau mungkin kehadiran para bridesmaids dapat memberikan keceriaan, ada baiknya pula pengantin memiliki waktu yang tenang untuk refleksi. Anda dapat mengatur agar para bridesmaids datang ketika sesi foto atau ketika Anda hendak mengenakan gaun pengantin. Pergunakanlah waktu ini sebagai momen untuk menenangkan diri Anda sebelum perayaan.

Hindari Segala Hal yang Membuat Tak Nyaman

Jika ada beberapa teknis persiapan yang membuat Anda merasa tak nyaman, cobalah untuk mengubahnya agar Anda tak perlu stres karena detail kecil di hari pernikahan. Misalnya, tak boleh bertemu mempelai pria sebelum pernikahan. Atau diharuskan bersiap-siap di kamar hotel, padahal Anda ingin melakukannya di rumah. Intinya, buatlah situasi senormal mungkin agar Anda merasa nyaman dan tenang di hari bahagia.

Latih Janji Nikah

Jika Anda harus mengucapkan janji nikah, maka buat sesi latihan sesering mungkin untuk mengucapkannya. Dan ketika sedang berlatih, ingatlah dengan hati agar Anda pun dapat mengucapkannya dengan sepenuh hati. Jika Anda tak dapat menghafal dan justru mengharuskan menghafal membuat Anda stres, maka Anda bisa saja melakukannya secara spontan, tanpa menghilangkan makna penyampaian Anda!

Delegasikan Tugas

Jika Anda mungkin merencanakan pernikahan Anda seorang diri dan merupakan pengambil keputusan untuk pernikahan ini, ada baiknya Anda mendelegasikan hal tersebut pada orang lain di hari pernikahan. Dengan demikian Anda tidak harus diributkan dengan keputusan-keputusan kecil yang mungkin dapat ditentukan oleh pihak keluarga atau WO. Lakukan ini kira-kira 1-2 bulan sebelum pernikahan, jadi sang penerima tugas pun sudah paham akan tanggung jawabnya dan memiliki cukup waktu untuk mempelajari situasi.

Buat Rencana Cadangan

Terkadang, pasti ada situasi pernikahan yang tak dapat kita kontrol sepenuhnya seperti misalnya: cuaca atau tamu yang datang di luar RSVP. Agar Anda tak menumpuk stress dengan memikirkan apakah hari ini cuaca akan bersahabat atau tidak, siapkan back-up plan yang solid. Jadi apapun kondisi yang datang, Anda telah siap dengan segala kemungkinan yang ada.

Hari pernikahan seharusnya adalah salah satu momen paling bahagia dalam hidup seseorang. Jika Anda memasuki pernikahan ini karena faktor lain dan bukanlah murni karena keinginan dari Anda dan pasangan, maka pagi hari pernikahan sangat mungkin membuat Anda berdua stres. Yakinkan diri dan mantapkan hati sebelum mengiyakan dan memulai persiapan pernikahan. Agar pada hari H, tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan!

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now