Blog / Relationship Tips / Tips Menjalani Bulan Puasa Bagi Pengantin Baru

Tips Menjalani Bulan Puasa Bagi Pengantin Baru

Color:
Add To Board
tips-menjalani-bulan-puasa-bagi-pengantin-baru-1

Bagi pasangan yang baru menikah, menjalani ibadah puasa pertama kali di bulan suci Ramadhan tentu menjadi momen yang sangat dinantikan. Selain itu, banyak sekali perubahan yang pastinya akan Anda rasakan sebagai pengantin baru. Jika dulu Anda hanya melaksanakan sahur dan berbuka bersama orang tua, kali ini ada pasangan Anda yang akan selalu menemani, termasuk saat beribadah. Lalu, bagaimana cara agar Anda dan pasangan dapat melalui ibadah puasa dengan baik? Lihat beberapa kiat di bawah ini.

1. Jangan lupa untuk saling mengingatkan
Ingatkan diri Anda dan pasangan untuk saling menjaga kesehatan dengan mengonsumsi menu yang sehat selama bulan puasa. Hindari mengonsumsi terlalu banyak gorengan. Siapkan hidangan dan minuman hangat ketika sahur dan berbuka, serta konsumsi yang manis terutama ketika berbuka. Jangan lupa juga untuk saling mengingatkan dalam hal menunaikan ibadah. Tentu baik Anda dan pasangan tidak ingin melewatkan pahala yang berlipat ganda saat bulan Ramadhan, bukan?

2. Bagilah tugas dengan pasangan dalam melakukan pekerjaan rumah
Melakukan rutinitas ketika Anda sedang menjalani ibadah puasa kerap kali terasa lebih menantang. Bagilah tugas dengan pasangan untuk melakukan pekerjaan rumah agar Anda tidak merasa kelelahan. Anda dapat membuat daftar pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Anda dan pasangan secara teratur.

3. Saling bekerja sama untuk menyiapkan menu sahur dan berbuka
Agar dapat disiapkan tepat waktu, mintalah bantuan kepada pasangan untuk ikut andil dalam mempersiapkan menu sahur maupun berbuka yang simpel dan praktis. Tidak perlu masak setiap hari, Anda dan pasangan juga bisa memesan makanan sewaktu-waktu atau berlangganan katering. Tentunya momen seperti ini akan terasa menyenangkan jika dilakukan secara bersama-sama.

4. Atur waktu untuk berhubungan intim
Selain menahan rasa lapar dan haus, kita juga diharuskan untuk menahan hawa nafsu. Hindari melakukan hubungan suami-istri pada siang hari karena hal tersebut bisa membatalkan puasa. Anda dan pasangan dapat melakukannya saat malam hari dengan meniatkannya sebagai ibadah. Atur waktu yang tepat untuk berhubungan intim sesuai kesepakatan bersama.

5. Rajin mengunjungi orang tua
Selain berucap kata-kata maaf kepada orang tua dan mertua sebelum bulan puasa, jangan lupa juga untuk menyempatkan waktu mengunjungi mereka. Anda bisa membawakan makanan untuk berbuka atau membuat rencana untuk memasak bersama mereka. Sayangnya, mungkin hal tersebut menjadi tidak bisa diterapkan di tengah kondisi physical atau social distancing saat ini. Namun, Anda bisa merencanakan berbuka bersama melalui video call dan mengirim hidangannya melalui kurir instan.

Ingatlah bahwa seluruh kebaikan yang Anda lakukan bersama pasangan di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Jangan lupa untuk terus memupuk rasa cinta lewat berbagai perhatian kecil agar kehidupan rumah tangga Anda kian hangat.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now