Blog / Wedding Ideas / Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga Setelah Pengeluaran Lebaran yang Membengkak

Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga Setelah Pengeluaran Lebaran yang Membengkak

Color:
Add To Board
tips-mengelola-keuangan-rumah-tangga-setelah-pengeluaran-lebaran-yang-membengkak-1

Photography: Anna Shvets from Pexels

Hari raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan momen yang dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Namun, kegembiraan yang dirasakan ketika Hari Raya semakin mendekat membuat beberapa orang tidak dapat mengontrol pengeluaran sehingga tanpa disadari telah menguras kantong. Jangan sampai setelah Lebaran Anda sudah tidak mempunyai dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan hanya mengandalkan gajian bulan berikutnya.

Menyambut Lebaran, banyak biaya yang Anda keluarkan, bahkan melebihi anggaran yang Anda miliki. Walaupun mungkin tahun ini tidak ada biaya mudik karena peraturan PSBB, beberapa pengeluaran kebutuhan Lebaran tetap tak terelakan, seperti parsel dan kue Lebaran, THR untuk asisten rumah tangga atau pegawai, hadiah uang kepada anak dan keponakan, dan sebagainya. Terkadang, Anda mungkin sampai perlu menggunakan kartu kredit atau tabungan.

Sebaiknya, apa yang harus dilakukan pasangan agar keuangan rumah tangga bisa kembali seperti semula setelah Lebaran? Anda dan pasangan bisa menerapkan beberapa tips mengelola keuangan dari Tejasari, konsultan keuangan dari Tata Dana, di bawah ini.

1. Mengatur pembayaran utang
Segera selesaikan utang agar tidak terjadi penumpukan biaya ke depannya. Utang ini juga termasuk tagihan kartu kredit yang Anda gunakan beserta cicilan lainnya.

2. Mengatur pengeluaran anggaran
Mulailah atur strategi untuk pengeluaran berikutnya berdasarkan anggaran yang Anda miliki sekarang. Hal ini tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan cicilan atau utang yang perlu Anda lunaskan.

3. Menabung
Setelah begitu banyak pengeluaran, Anda perlu mengisi kembali tabungan yang sudah terpakai agar Anda memiliki simpanan yang cukup untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

Agar pasangan rumah tangga dapat terhindar dari pengeluaran yang berlebihan di Hari Raya tahun-tahun berikutnya, Tejasari menyarankan agar Anda dan pasangan menerapkan hal-hal berikut ini.

1. Mengobservasi pengeluaran tahun ini
Penting bagi Anda dan pasangan untuk melihat dengan teliti apa saja biaya yang dikeluarkan untuk Lebaran tahun ini: mana yang melebihi anggaran dan apa yang perlu dikurangi untuk tahun depan. Jika Anda mencatat setiap data pengeluaran tahun ini, maka Anda bisa mengatur dan menghitung beberapa aspek, seperti berapa besarnya THR tahun depan yang akan digunakan.

2. Menyiapkan dana
Anda perlu menabung untuk berjaga-jaga jika anggaran yang sudah direncanakan ternyata kurang untuk memenuhi beberapa kebutuhan dan cicilan setiap bulan. Jika Anda berkesempatan untuk mudik dengan transportasi umum, sebaiknya siapkan dana sejak tiga bulan sebelum Idul Fitri agar mendapatkan tiket yang lebih murah.

3. Mengevaluasi pengeluaran yang sudah terjadi
Catat apa saja yang berlebihan di tahun ini dan kebutuhan apa yang masih bisa digunakan untuk tahun depan sehingga tidak perlu membelinya lagi. Tujuannya adalah sebagai pengingat untuk Anda dan pasangan agar tidak berlebihan dalam membelanjakan pengeluaran untuk Lebaran di tahun berikutnya.

Urusan finansial rumah tangga merupakan hal yang sangat krusial. Untuk itu sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk selalu mengatur keuangan rumah tangga, tidak hanya setelah Hari Raya saja. Simak artikel berikut untuk mengetahui seputar keuangan dalam rumah tangga!

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now