Blog / Wedding Ideas / Tips Memilih Venue Pernikahan Impian

Tips Memilih Venue Pernikahan Impian

Color:

Memutuskan di mana akan menikah harus menjadi salah satu hal pertama dari daftar hal yang harus dilakukan untuk pernikahan Anda. Setelah Anda memesan tempat pernikahan, Anda dapat mulai mencari vendor pernikahan penting lainnya seperti katering dan dekorator. Tapi, bagaimana Anda memutuskan sebuah lokasi menjadi venue pernikahan Anda? Apa yang menjadi pertimbangan utama?

Setiap pasangan tentu memiliki venue pernikahan impiannya masing-masing. Untuk beberapa pasangan, bisa saja sesederhana halaman belakang dari rumah masa kecil mereka, tetapi bagi sebagian yang lain, venue impian bisa saja sebuah skema perayaan di ballroom yang megah. Di mana pun itu, tempat Anda harus sesuai dengan konsep pernikahan impian Anda dan pasangan. Untuk memudahkan Anda, simak beberapa panduan dalam menentukan venue pernikahan impian.

Hal-Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan di Tempat Pernikahan

Setelah disajikan dengan sejumlah opsi lokasi pernikahan, simak beberapa pertimbangan lainnya sebelum Anda dan pasangan menjatuhkan pilihan.


Tips Memilih Venue Pernikahan Impian Image 3

Klik di sini untuk mengunduh gambar.

Jenis- Jenis Venue Pernikahan

Ballroom hotel

Tips Memilih Venue Pernikahan Impian Image 4

Kredit: Fairmont Jakarta


Perayaan pernikahan di ballroom dan resor menjadi pilihan yang cukup populer bagi pasangan di seluruh dunia. Pertimbangannya, kedua tempat tersebut menawarkan kenyamanan tersendiri bagi pasangan maupun tamu undangan.

Kelebihan:

1.Pernikahan ballroom menjadi solusi yang praktis. Karena biasanya, sebagian besar hotel menawarkan paket lengkap yang mencakup katering, hiburan, sewa alat, dekorasi, dan tentu saja, akomodasi.

2.Paket hotel sudah termasuk kamar untuk pengantin, dan juga keluarga. Tidak perlu khawatir bangun pagi di hari besar atau harus terburu-buru pulang jika Anda merencanakan pesta di hotel.

3.Hotel yang lebih besar memiliki banyak tempat parkir, nilai tambah yang besar jika tamu Anda akan mengemudi. Anda juga dapat memesan kamar untuk tamu yang datang dari luar kota dengan harga diskon.

Kekurangan:

1.Ballroom bisa sangat mahal, tergantung hotelnya. Wajar saja, semakin besar dan bergengsi hotel tersebut, semakin mahal pula biaya pernikahanya.

2.Jika hotel memiliki lebih dari satu ballroom, mungkin ada lebih dari satu pernikahan yang diadakan pada waktu yang sama. Pastikan untuk bertanya kepada hotel Anda tentang bagaimana mereka menangani banyak pernikahan.

3.Pernikahan hotel bisa sedikit membosankan karena paket pernikahan menawarkan hal yang sama. Anda perlu memesan vendor tambahan, supaya bisa brekreasi dengan konsep yang diinginkan.

Function Hall/ Banquet Hall

Tips Memilih Venue Pernikahan Impian Image 5

Kredit: Thamrin Nine Ballroom

Ini bisa berupa aula konferensi di gedung perkantoran, ruang acara multifungsi, atau gedung milik pemerintah. Function Hall menjadi salah satu lokasi yang serbaguna, tidak heran jika jenis ruangan ini cukup banyak diminati di Indonesia.

Kelebihan:

1.Kebanyakan ruang serbaguna bermitra dengan vendor pernikahan lain untuk menawarkan paket pernikahan lengkap yang bisa jauh lebih murah daripada yang ditawarkan oleh hotel.

2.Aula serbaguna cukup besar untuk menampung ribuan tamu tanpa menghabiskan banyak biaya. Anda juga tidak perlu khawatir dengan cuaca karena semuanya diadakan di dalam ruangan.

3.Jika Anda memiliki tema pernikahan dengan budget tertentu untuk mewujudkannya, function hall ibarat kanvas kosong yang bisa Anda kreasiakn sepuasnya.

Kekurangan:

1.Dekorasi standar, jika ada, cenderung agak hambar dan membosankan. Jika Anda memilih aula serbaguna, Anda harus mengeluarkan lebih banyak usaha dan dana untuk mendekorasi keseluruhan ruang secara maksimal.

2. Karena aula serbaguna sangat populer untuk pernikahan, pameran, dan segala macam acara, Anda harus memesan setidaknya enam bulan atau bahkan setahun sebelum hari besar.

3. Tidak ada akomodasi tambahan, sehingga Anda dan tamu Anda yang datang dari luar kota harus mencari tempat lain untuk bermalam.

Outdoor/Garden

Tips Memilih Venue Pernikahan Impian Image 6

Kredit: Mahagiri Villas Sanur Bali

Pernikahan outdoor dapat berlangsung di mana saja yang Anda suka, seperti taman, taman umum, atau kebun anggur. Tidak seperti pernikahan ballroom yang lebih menyisipkan kesan formal, pernikahan outdoor akan menawarkan konsep perayaan yang lebih kasual.

Kelebihan:

1.Anda akan dikelilingi oleh pepohonan, tanaman, dan bunga-bunga indah yang indah, sehingga Anda pun tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk dekorasi dan bunga pernikahan.

2.Pernikahan luar ruang memungkinkan para tamu undangan untuk bergerak lebih leluasa sembari menikmati udara luar yang sejuk.

3.Beberapa venue menawarkan konsep semi-outdoor, yang juga memiliki area tertutup. Ini akan menjadi opsi bagi para pengantin yang ingin menggelar perayaan luar ruang pada musim hujan.

Kekurangan:

1.Anda perlu mempertimbangkan musim yang akan berlangsung pada lokasi pernikahan pilihan.

2.Selain musim, Anda harus menghadapi masalah yang disebabkan oleh cuaca yang tidak terduga, seperti hujan, angin, dan perubahan suhu yang drastis.

3.Venue outdoor merupakan opsi yang cukup diminati. Jadi, pastikan Anda langsung mengunci pilihan, sebelum tanggal yang Anda inginkan penuh.

Pantai dan Destination Wedding


Tips Memilih Venue Pernikahan Impian Image 7

Kredit: W Retreat & Spa Bali - Seminyak


Destination wedding semakin populer akhir-akhir ini, dan mudah untuk mengetahui alasannya. Alasannya, para pengantin bisa merayakan hanya dengan kerabat terdekat, sembari berlibur.

Kelebihan:

1.Tidak ada dekorasi yang lebih indah untuk pernikahan Anda selain pemandangan alam atau latar pantai tak berbatas.

2.Ini adalah kesempatan untuk hanya mengundang teman dan keluarga terdekat. Dengan daftar tamu yang terbatas, pernikahan Anda akan jauh lebih mudah untuk dikelola dan bahkan menghemat di beberapa elemen pernikahan.

3.Anda akan memiliki lebih banyak waktu berkualitas dengan orang yang Anda cintai.

Kekurangan:

1.Beberapa tamu Anda mungkin akan berhalangan datang karena biaya mahal, jadwal kerja yang padat, atau anak-anak yang tidak bisa mereka tinggalkan. Untuk mempermudah, Anda mungkin perlu mempertimbangkan pernikahan tanpa anak.

2.Anda harus mempersiapkan informasi terperinci atau perlengkapan ekstra untuk menghibur semua tamu Anda, terutama jika pernikahan Anda diadakan di tempat yang eksotis dan terpencil.

3.Semua perencanaan pernikahan Anda akan dilakukan jarak jauh, dan berurusan dengan hambatan bahasa atau peraturan lokal, seperti pembuatan surat nikah.

Restoran

Tips Memilih Venue Pernikahan Impian Image 8

Credit: Cassis Kitchen

Ini adalah tempat terbaik untuk pernikahan dalam ruangan yang intim, idealnya dengan tidak lebih dari 100 tamu. Jika Anda mencari ruang resepsi kecil, Anda pun harus mempertimbangkan beberapa opsi ini.

Kelebihan:

1.Anda tidak perlu khawatir tentang katering, karena restoran akan menawarkan makanan yang lebih bervariasi, peralatan makan, dan staf yang akan melayani secara profesional.

2.Banyak restoran sudah didekorasi dengan apik dengan tema tertentu. Jika Anda ingin menambahkan dekorasi tambahan, Anda hanya perlu fokus pada pengaturan meja dan beberapa centrepieces.

3.Restoran sangat cocok untuk pernikahan yang intim, karena memiliki suasana yang nyaman layaknya pernikahan di rumah, tanpa memerlukan upaya ekstra untuk menciptakan skema perayaan tertentu.

Kekurangan:

1.Restoran memiliki ruang terbatas, biasanya hanya sampai 150 tamu. Privasi penuh hanya tersedia jika Anda memesan seluruh area restoran.

2.Restoran hanya cocok untuk resepsi dalam konsep seating dinner, karena biasanya tidak cukup ruang untuk upacara pernikahan atau lantai dansa.

3.Tidak ada ruangan yang tersedia untuk persiapan, jadi Anda harus memakai gaun/baju dan berdandan di lokasi lain, sebelum menuju restoran.

Rumah

Tips Memilih Venue Pernikahan Impian Image 9

Kredit: Rumah Imam Bonjol


Rumah bisa menjadi venue perayaan dengan nuansa yang sarat makna. Namun, jika rumah Anda tidak cukup luas, saat ini sudah banyak venue yang menyajikan konsep rumahan dengan suasana yang nyaman.

Kelebihan:

1.Rumah pribadi bisa menjadi lokasi perayaan yang paling fleksibel. Tidak perlu khawatir akan high season!

2.Venue pernikahan biasanya menghabiskan anggaran terbesar. Dengan menikah di rumah, Anda akan menghemat budget secara signifikan.

3.Rumah menyimpan nilai histori dan sarat sentimental. Ini akan menjadi lokasi yang sempurna untuk pernikahan intim dengan teman dan keluarga Anda.

Kekurangan:

1.Anda mungkin harus mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk sewa sejumlah elemen dan property untuk pernikahan Anda.

2.Izin mungkin diperlukan dari lingkungan Anda, karena bisa saja mengganggu ketenangan lingkungan Anda dengan suara bising serta mengambil tempat parkir dari lahan tetangga Anda.

3.Anda mungkin harus menyewa jasa home cleaning service profesional, supaya Anda dan keluarga tidak kewalahan, apalagi setelah melewati persiapan berbulan-bulan yang melelahkan.

10 Tempat Pernikahan yang Unik

Jika Anda menginginkan venue pernikahan yang tidak biasa, simak 10 alternatif venue berikut, yang tentunya akan melengkapi hari istimewa Anda.

Add To Board
01_Mountain-top_unru6r.jpg

Photography: onelove photography

Puncak Gunung

Layaknya pasangan Christina dan Tyrone, keduanya memutuskan untuk menggelar pernikahan puncak gunung yang menawarkan pemandangan alam 360 derajat yang luar biasa dengan lansekap savana yang memesona.

Add To Board
02_Castle_i0xzxj.jpg

Photography: Gina Brocker

Add To Board
03_River_fsc2z4.jpg

Photography: Gusde Photography

Add To Board
04_Library_omozzm.jpg

Photography: Sam Hurd Photography

Add To Board
05_Desert_e8fo73.jpg

Photography: Gaby J

Add To Board
06_Antique-shop_rjr8c5.jpg

Photography: Kate Harrison

Add To Board
07_Museum_i9o997.jpg

Photography: Lover of Mine

Add To Board
08_Wine-cellar_re9avh.jpg

Photography: Jeremy Chou Photography

Add To Board
img_2043_wyl95x-_n0ekz_GN.jpg

Photography: Jacky Suharto Photography and Videography

Add To Board
sdw_6_p9zsjk-n0RAYprVe.jpg

Photography: Axioo

Hal-Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan di Tempat Pernikahan

Setelah disajikan dengan sejumlah opsi lokasi pernikahan, simak beberapa pertimbangan lainnya sebelum Anda dan pasangan menjatuhkan pilihan.

Lakukan: Kunjungi Venue Sebelum Memutuskan

Tidak peduli seberapa indah foto yang ditampilkan, Anda tidak bisa mendapatkan gambaran lengkap dari tempat pernikahan mana pun tanpa benar-benar mengunjungi tempat tersebut. Sudut, pencahayaan, dan bahkan cuaca yang berbeda dapat membuat venue terlihat berbeda dari yang Anda bayangkan.

Jangan: Menunda hingga Detik-detik Terakhir

Dengan begitu banyak pilihan di luar sana, menemukan tempat mungkin terdengar mudah. Tapi ingat, Anda bukan satu-satunya yang akan menikah. Biasanya, venue menjadi salah satu elemen pernikahan yang harus ditentukan dari awal persiapan. Jadi, amankan reservasi Anda setidaknya enam bulan sebelum pernikahan Anda.

Lakukan: Dengar Rekomendasi dari Pasangan Lain

Tempat pernikahan yang baik akan dengan mudah menjadi populer karena pasangan dengan senang hati akan merekomendasikannya kepada orang lain. Jika Anda mengenal teman atau kerabat yang baru saja menikah di tempat yang Anda minati, jangan ragu untuk meminta ulasan dan pendapat jujur mereka.

Jangan: Lupakan Anggaran Anda

Dengan begitu banyak pilihan lokasi yang memikat, Anda mungkin akan tergoda untuk memesan tempat yang jauh di atas anggaran pernikahan Anda. Jangan biarkan diri Anda terlilit hutang hanya untuk mengadakan pesta pernikahan lokasi yang terlalu mahal.

Lakukan: Pertimbangkan Beberapa Pilihan

Buat beberapa daftar venue pilihan. Setelahnya, tentukan berdasarkan konsep perayaan yang akan Anda usung, seperti jumlah tamu undangan, outdoor atau indoor, dan lokasi. Selanjutnya, bandingkan tempat serupa untuk menemukan harga dan fasilitas terbaik.

Jangan: Selalu Memprioritaskan Hari Sabtu sebagai Hari Perayaan

Sabtu tidak diragukan lagi menjadi hari paling populer untuk menikah. Sayangnya, ini berarti slot Sabtu malam sangat mahal dan kemungkinan besar sudah penuh dipesan oleh pasangan lain. Jika Anda dan kerabat Anda tidak keberatan, pertimbangkan resepsi di hari Jumat malam atau Minggu pagi.

Lakukan: Minta Rekomendasi Vendor Rekanan

Sebagian besar venue pernikahan memiliki vendor mitra untuk katering, dekorasi, dan pencahayaan, atau hiburan. Biasanya, vendor venue juga akan menawarkan paket harga yang bisa saja lebih menguntungkan, bila Anda memilih vendor rekanan yang tersedia.

Jangan: Takut untuk Bernegosiasi

Setelah Anda menemukan venue yang sempurna, jangan langsung menandatangani kontrak. Ketika berhadapan dengan vendor pernikahan, tidak ada salahnya untuk melakukan negosiasi. Mintalah kesepakatan harga terbaik dalam bentuk diskon atau compliment lainnya, lalu pastikan semuanya tercantum secara detail di kontrak.

Pertanyaan untuk Vendor Venue Pernikahan

Sudahkah Anda menghubungi tempat pernikahan yang potensial? Jika sudah, tanyakan beberapa hal berikut, untuk memastikan venue pilihan tersebut sesuai dengan konsep pernikahan yang tengah Anda rencanakan.

Tips Memilih Venue Pernikahan Impian Image 1

Klik di sini untuk mengunduh gambar.

Trik Menghemat Anggaran untuk Venue Pernikahan

Tips Memilih Venue Pernikahan Impian Image 2

Kredit: Tugu Kunstkring Paleis

Tentunya, Anda tetap bisa menikah di venue impian, namun tetap mengacu pada anggaran. Selama tempat pernikahan yang Anda minati belum sepenuhnya terjangkau, ada banyak cara untuk mewujudkannya. Simak trik di bawah ini untuk membuat tempat pernikahan impian Anda lebih terjangkau.

1. Pilih Hari Biasa

Pilihan pertama Anda adalah memesan venue pada hari kerja. Tentu, pernikahan Kamis malam mungkin tidak terdengar menarik pada awalnya, tetapi bagaimana jika Anda dapat memotong sekitar 10 hingga 20% dari biaya? Jika Anda benar-benar harus mengadakan pernikahan akhir pekan, pertimbangkan untuk memilih hari Minggu ketimbang Sabtu.

2. Hindari Bulan-Bulan Populer

Sebagian besar venue memiliki musim puncak dan musim sepi. Umumnya, Anda dapat memangkas anggaran hingga 25% dengan memilih tanggal pernikahan dari bulan Januari hingga Maret. Namun, ini tidak berlaku di semua tempat, jadi pastikan kembali pada venue pilihan Anda.

3. Batasi Jumlah Tamu Undangan

Pilihan ketiga dan mungkin yang paling sulit adalah, membatasi jumlah tamu undangan. Ini tentu akan terasa dilematis pada awalnya, apalagi jika harus berhadapan dengan keinginan dari keluarga besar, tetapi keputusan ini dapat membantu Anda dalam menghemat anggaran. Sisi baiknya, Anda dapat memiliki pernikahan yang lebih intim dan menyenangkan dengan orang yang Anda cintai, seperti yang dilakukan pasangan ini.

Vendors you may like