Blog / Wedding Ideas / Tips Memilih Cincin Tunangan dan Pernikahan

Tips Memilih Cincin Tunangan dan Pernikahan

Color:
Add To Board
tips-memilih-cincin-tunangan-dan-pernikahan-1

Photography: Passion Jewelry

Cincin menjadi salah satu benda paling sakral dalam prosesi pernikahan, tidak jarang banyak calon pengantin yang sangat mempertimbangkan tentang cincin pernikahan maupun cincin tunangan. "Buatlah pengalaman yang sekali seumur hidup ini lebih memorable dan memiliki cerita dengan memilih perhiasan yang terbaik." ungkap Indra Bubu Marketing Communication Manager Passion Jewelry. Untuk itu, Indra Bubu dengan antusiasnya membagikan tips memilih cincin tunangan dan cincin nikah untuk brides-to-be.

Tips Memilih Cincin Tunangan

Tipe solitaire merupakan pilihan yang tepat untuk cincin tunangan, karena cincin dengan tipe ini bersifat timeless, longlasting dan tidak ketinggalan zaman. Untuk menampilkan kesan sederhana, Anda bisa memilih cincin tunangan dengan tipe solitaire mata satu yang cocok dan bisa mix and match dengan perhiasan lainnya. "Perihal budget bisa disesuaikan dengan keadaan finansial Anda, namun untuk kategori cincin tunangan sendiri 0,3 karat sudah aman dan bagus" ujar Indra Bubu menanggapi soal budget dari cincin tunangan.

Model Cincin Tunangan

Simpel dan tidak terlalu heboh adalah kata yang tepat untuk model sebuah cincin tunangan, hal ini dikarenakan untuk memunculkan kesan agar lebih outstanding. Pilihan rangka cincin yang simple dengan diamond yang outstanding masih menjadi trend model cincin tunangan. Namun bisa juga disiasati dengan memilih model cincin yang rangkanya terdapat diamond di kanan-kirinya tetapi tidak terlalu besar.

Kesalahan saat Memilih Cincin Tunangan

Beberapa kesalahan yang umumnya sering terjadi saat memilih cincin tunangan adalah pasangan pria memilih cincin yang terlalu heboh. Kesalahan lainnya yang sering terjadi yaitu memilih cincin yang murah tetapi kualitas belum terjamin. Padahal ada baiknya cincin tunangan selalu dipakai agar terdapat ceritanya, untuk itu memilih produk yang tepat di butik jewelry yang tepat merupakan salah satu solusi.

Model Cincin Pernikahan

"Sementara untuk model cincin pernikahan sendiri, brides-to-be biasanya memilih untuk custom. Di dalamnya ada grafir tulisan inisial masing-masing" tutur Indra Bubu. Ada berbagai model cincin nikah seperti untuk wanita dan pria modelnya sama, atau yang pria diamondnya biasa saja dan untuk wanita lebih besar dengan kombinasi dan bentuk warna yang berbeda. "Tetapi semua kembali ke selera." Imbuh Bubu.

Proses Menyiapkan Cincin

Proses mempersiapkan cincin pernikahan idealnya adalah 3 bulan sebelum pernikahan dilaksanakan. Karena brides to be harus memilih model, mencari tempat terpercaya, dan proses membuatnya apabila cincin yang diinginkan adalah cincin custom. "Kalau untuk cincin tunangan, pasangannya biasanya memberikan surprise ya. Jadi kembali ke diri masing-masing." tutur Bubu.

Cara Memilih Berlian

Selain memberikan tips untuk memilih cincin, Indra Bubu juga memberikan cara untuk memilih berlian dengan mempertimbangkan 4C (Colour, Cutting, Carat, and Clarity).

  • Colour

Warna dari berlian sendiri dikategorikan dalam abjad D - Z, warna berlian yang bagus dikategorikan dengan kode D. Sementara untuk berlian dengan warna yang kurang bagus dengan kode Z.

  • Cutting

Cutting merupakan potongan dari berlian itu sendiri. Terdapat beberapa jenis cutting diantaranya round cut, oval cut, dan emerald cut. "Paling disukai adalah jenis round cut, karena sinarnya terlihat lebih sempurna. Tetapi kembali lagi, disesuaikan dengan acaranya." imbuh Bubu saat menjelaskan perihal 4C dalam berlian.

  • Carat

Untuk carat atau berat dari berlian itu sendiri, lebih disesuaikan dengan budget memilih yang berapa carat. Perlu diketahui, carat yang tinggi tetapi kandungan lainnya rendah bisa menjadikan harga cincin rendah dan begitu pula sebaliknya.

  • Clarity

Clarity merupakan kejernihan dari suatu berlian, semakin flawless (bersih tidak ada noda) pada berlian tersebut maka semakin bagus.

Tips Merawat Cincin

Untuk meminimalisir kehilangan, pastikan cincin selalu melingkar di jari Anda. Tentunya hal ini bisa membuat cincin akan kusam, berikut adalah tips untuk merawat cincin:

  • Siapkan air hangat dan sabun cuci piring 1-2 tetes.
  • Celupkan cincin ke air hangat yang sudah diberi sabun selama 5 menit.
  • Gosok cincin dengan lembut menggunakan sikat berbulu halus.
  • Bilas dengan air bersih yang mengalir.
  • Taruh di tisu agar air terserap.
  • Keringkan cincin menggunakan hairdryer, hal ini dilakukan karena apabila menggunakan tisu masih terdapat debu.

Tips Memilih Berlian

"Pilihlah yang kualitasnya baik, desainnya bagus, pilih yang terbaik dari segi kualitas maupun desiannya. Jangan asal memilih, beli di tempat yang terpercaya dan konsultasikan dengan diri sendiri dan pasangan." ungkap Bubu perihal tips memilih perhiasan. Selain itu juga pilihlah perhiasan yang bersertifikat. Jadikanlah momen sekali seumur hidup Anda menjadi lebih sempurna dengan memberikan perhiasan terbaik.


Simak kembali perbincangan kami dengan Indra Bubu melalui tautan ini.

Vendors you may like