Blog / Wedding Ideas / Tak Boleh Dilakukan Sembarangan, Begini Panduan Diet Sehat dan Aman untuk Para Calon Pengantin

Tak Boleh Dilakukan Sembarangan, Begini Panduan Diet Sehat dan Aman untuk Para Calon Pengantin

Color:
Add To Board
tak-boleh-dilakukan-sembarangan-begini-panduan-diet-sehat-dan-aman-untuk-para-calon-pengantin-1

Photography: byjatidiriono

Setiap calon pengantin tentunya ingin memberikan tampilan yang menarik pada hari bahagianya, salah satunya adalah menampilkan bentuk tubuh yang ideal. Biasanya, para calon mempelai akan melakukan berbagai cara untuk mewujudkan hal tersebut, mulai dari melakukan diet sehat, rutin berolahraga, hingga mengonsumsi berbagai produk diet yang beredar di pasaran.

Pada sesi live Instagram Bridestory beberapa waktu laludr. Cindiawaty Josito Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, selaku Dokter Ahli Gizi di Rumah Sakit Brawijaya Antasari, memberikan beberapa panduan diet aman dan sehat yang dapat Anda lakukan saat menjelang hari pernikahan.

Apa itu diet?

Sebelumnya dr. Cindiawaty memberikan pengetahuan bahwa diet itu merupakan sebuah pengaturan makanan dan sebenarnya semua orang membutuhkan hal tersebut. Namun, setiap individu membutuhkan pengaturan makanan yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan dan kondisi tubuhnya saat itu, seperti untuk menurunkan berat badan, menjaga berat badan agar tetap stabil, hingga pengaturan makanan untuk menjaga kadar gula dan kolesterol.

Membuat planning

Bagi Anda yang akan segera melangsungkan pernikahan serta memiliki niat untuk menurunkan berat badan, dr. Cindiawaty menyarankan agar Anda membuat perencanaan terlebih dahulu dan tidak melakukan diet dalam waktu yang singkat.

"Sebaiknya buat planning dari jauh-jauh hari. Karena target kita adalah untuk menurunkan lemak tubuh. Kalau lemak tubuh turun, kondisi berat badan akan oke dan Anda tetap sehat. Jika melakukan diet dengan waktu yang singkat, maka bukan kadar lemak yang turun, melainkan otot dan air sehingga tubuh tidak menjadi lebih sehat," tutur dr. Cindiawaty.

Pastikan asupan tercukupi

Untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal, Anda harus segera menghindari kebiasaan mengonsumsi berbagai camilan, seperti keripik, cake, hingga minuman manis. Tak hanya itu, untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan menampilkan kondisi yang fresh pada hari pernikahan, Anda harus memastikan asupan protein dan karbohidrat pada tubuh tetap tercukupi.

Walaupun menurunkan kadar lemak menjadi concern utama, dr. Cindiawaty mengingatkan Anda agar tetap mengonsumsi lemak baik. Lemak yang baik dapat Anda temukan pada minyak zaitun, minyak kanola, dan pada berbagai jenis ikan laut. Kadar lemak yang tercukupi akan membantu Anda untuk menjaga kondisi kulit tetap lembab dan glowing pada hari pernikahan.

Tentukan target

Untuk menentukan target diet, perlu dilakukan perhitungan terlebih dahulu berapa banyak Anda harus menurunkan berat badan untuk mencapai bobot yang ideal. Setelah mengetahui angka yang dituju, Anda baru dapat menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan program diet.

Tentukan metode diet

Terdapat banyak sekali metode diet yang tengah hype di kalangan masyarakat, seperti diet mayo, diet keto, diet karbo dan lainnya. dr. Cindiawaty tetap menyarankan Anda untuk melakukan diet bergizi lengkap seimbang sesuai dengan kondisi tubuh dan kebutuhan setiap individu. Untuk mewujudkan tubuh yang ideal, tentu Anda harus melengkapi proses diet dengan aktivitas olahraga yang sesuai dan teratur.

"Diet bergizi lengkap seimbang sama sekali tidak akan menyiksa dan bahkan dapat membuat Anda dalam kondisi kenyang," tutur dr. Cindiawaty.

Risiko melakukan diet instan

Tak sedikit individu yang tergiur dengan berbagai obat atau teh diet yang beredar di pasaran. Klaim yang menjanjikan dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat tentu saja dapat memikat daya tarik masyarakat, terlebih lagi bagi para calon pengantin. Namun perlu diketahui, bahwa mengonsumsi obat-obatan diet tanpa pengawasan dokter dapat menimbulkan dampak yang berbahaya bagi tubuh. Tak hanya itu, melakukan diet secara ekstrim pun dapat menurunkan kadar air dan otot dalam tubuh Anda. Kondisi tersebut tentu saja akan membuat Anda tidak terlihat fresh saat hari pernikahan tiba.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now