Blog / Wedding Ideas / Ragam Skenario Pernikahan Terburuk dan Bagaimana Cara Menanganinya

Ragam Skenario Pernikahan Terburuk dan Bagaimana Cara Menanganinya

Color:

Kendati Anda telah menghabiskan waktu selama satu tahun penuh untuk merencanakan pernikahan, kejadian tak terduga selalu dapat terjadi ketika Anda tidak mengharapkannya. Kita telah membicarakan masalah-masalah umum pada hari pernikahan, seperti cuaca yang tidak menentu ataupun kesalahan berbusana sebelumnya, tetapi apa yang harus Anda lakukan ketika sesuatu yang lebih buruk terjadi? Bagaimana jika Anda kehilangan cincin kawin tepat sebelum Anda seharusnya berjalan menyusuri lorong?

Tidak perlu panik. Karena kami telah meminta bantuan dari ahli pernikahan profesional. Bersama Irene Kamaludin, pendiri wedding planner terkemuka Indonesia IWP, kami telah mengumpulkan beberapa solusi berguna untuk masalah yang mungkin muncul sebelum, selama, dan setelah hari bahagia Anda.


Ragam Skenario Pernikahan Terburuk dan Bagaimana Cara Menanganinya Image 7


SEBELUM HARI BESAR ANDA

Batasi Daftar Tamu Undangan

Bahkan, jika Anda ingin mengundang semua orang ke pernikahan Anda, anggaran dan kapasitas venue Anda terasa mustahil untuk dapat mewujudkannya. Tidak akan sulit untuk meninggalkan orang-orang yang sudah bertahun-tahun tidak Anda temui, seperti mantan teman sekelas dan rekan kerja Anda, tetapi bagaimana dengan orang-orang yang kerap bertemu dengan Anda namun tidak masuk dalam daftar tamu?

Berikan alasan yang jelas dan jujur mengapa Anda tidak dapat mengundang teman dan rekan kerja Anda, seperti adanya keterbatasan anggaran ataupun kapasitas. Karena semakin banyak pasangan yang mengadakan pernikahan intimate akhir-akhir ini, kami yakin mereka akan mengerti jika Anda memutuskan untuk merahasiakannya. Terkadang, lebih baik tidak mengundang siapa pun dari kelompok tertentu jika Anda hanya berencana untuk mengundang beberapa dari mereka. Anda selalu bisa mengadakan jamuan makan malam pasca-pernikahan atau pertemuan santai, seperti pesta pernikahan kecil-kecilan, untuk merayakannya dengan mereka yang tidak hadir saat Hari-H.

Dan jika Anda memiliki keluarga besar atau orang tua yang memiliki banyak rekan bisnis, segalanya bisa menjadi rumit. Hal yang harus diperhatikan adalah Anda, pasangan, dan kedua orang tua Anda harus menyepakati jumlah pasti tamu yang akan diundang, dan berkomitmen kuat untuk itu.

Masalah Anggaran Pernikahan

Dalam hal berpegang teguh pada anggaran pernikahan Anda, kuncinya adalah usahakan agar tidak berlebihan. Lagi pula, Anda tidak bisa berbelanja secara bebas untuk setiap elemen pernikahan, kecuali bila Anda memiliki anggaran yang tidak terbatas. Di sinilah perencana pernikahan akan membantu sebagai pendamping Anda. "Beberapa klien saya tahu apa yang mereka inginkan untuk pernikahan impian mereka. Jika tidak, saya harus mengingatkan mereka berulang kali dan membujuk mereka untuk berkomitmen pada apa yang telah mereka pilih sejak awal," ujar Irene. Selain mengetahui elemen pernikahan mana yang harus didahulukan, wedding planner mungkin juga bisa mendapatkan harga yang lebih baik dari vendor yang bermitra.

Jika Anda ingin mengurus semuanya sendiri, belajarlah untuk memilah prioritas. Kategorikan elemen pernikahan Anda dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting. Bagaimana cara Anda membagi hal tersebut? Ikuti panduan kami di bawah ini.

  1. Pernikahan di luar ruangan
    Selalu siapkan rencana kedua untuk mengatasi cuaca yang tidak terduga, seperti tenda atau area dalam ruangan yang dapat dijangkau dengan cepat oleh tamu Anda jika hujan mulai turun. Tanyakan juga kepada dekorator, toko bunga, dan vendor lainnya tentang semua hal yang harus Anda persiapkan untuk pernikahan outdoor. Misalnya, katering Anda mungkin memerlukan wadah makanan khusus untuk memastikan makanan tetap segar setiap saat.
  2. Pernikahan dalam ruangan
    Untuk pernikahan dalam ruangan, semuanya tergantung pada anggaran Anda dan jenis pernikahan yang Anda inginkan. Jika Anda benar-benar harus menyewa fotografer atau dekorator pernikahan yang terbilang mahal, kurangi elemen lain agar tetap sesuai dengan anggaran. Ada banyak sekali vendor handal dan populer yang bersedia melakukan semua yang terbaik untuk Anda. Mulailah melihat-lihat portofolio dan ulasan mereka, kunjungi pameran pernikahan, dan gunakan layanan asisten pernikahan untuk mendapatkan penawaran yang lebih baik.


Membatalkan Vendor Pernikahan

Sayangnya, kontrak vendor yang telah ditandatangani tidak dapat menjamin bahwa semuanya akan berjalan dengan lancar. Di tengah proses perencanaan pernikahan, Anda mungkin menemukan bahwa vendor pernikahan Anda tidak dapat diandalkan, tidak memuaskan, dan tidak mampu memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda telah mencoba untuk menyelesaikannya tetapi tidak berhasil, mungkin tidak ada cara lain selain mengakhiri kontrak Anda. Bacalah kontrak Anda dengan teliti, terutama perihal syarat pembatalan dan penalti, dan bersiaplah untuk kehilangan deposit yang tidak dapat dikembalikan.

Ada juga kemungkinan di mana vendor Anda tiba-tiba menghilang begitu saja atau tidak bisa memenuhi janji mereka. "Ada kalanya vendor tidak mengirimkan barang seperti yang dijanjikan. Untuk itu, saya selalu mencatat semua barang dan melakukan konfirmasi berulang sebelum hari pernikahan tiba," kata Irene.

Jika hal ini terjadi, cobalah untuk menghadapi keadaan yang tidak terduga ini dengan tenang. Telusuri daftar vendor yang sebelumnya dipertimbangkan untuk pernikahan Anda, dan hubungi mereka satu per satu. Untuk mempercepat proses ini, mintalah rekomendasi dari teman Anda atau vendor lain, dan ingatlah untuk selalu jujur tentang apa yang terjadi.


Ragam Skenario Pernikahan Terburuk dan Bagaimana Cara Menanganinya Image 8


Mengubah Tanggal atau Gedung Pernikahan Anda

Bersiaplah untuk kehilangan sejumlah uang jika Anda sudah membayar uang muka atau bahkan melakukan pembayaran penuh ke vendor pernikahan Anda. Ada dua buah tugas yang harus dilakukan dengan segera, dan inilah saat di mana memiliki wedding planner di sisi Anda akan sangat membantu.

  1. Hubungi semua vendor Anda
    Pertama-tama, Anda harus mengurus semua elemen pernikahan yang telah diselesaikan sebelum Hari-H. Karena masih sangat memungkinkan untuk bisa melindungi hal-hal yang sudah dipersiapkan sebelumnya, seperti gaun pengantin, bunga, dan suvenir Anda.
    Di sisi lain, vendor yang perlu hadir di hari pernikahan Anda, seperti penata rias atau fotografer, mungkin tidak akan tersedia di tanggal baru Anda. Sambil menunggu mereka membalas pesan Anda, lihat kembali bagaimana ketentuan pembatalan dalam kontrak vendor Anda. Kemudian, cari tahu berapa banyak yang harus Anda tanggung untuk pembatalan di menit terakhir.
  2. Selesaikan Perubahan dan Umumkan Segera
    Setelah menyelesaikan semua perubahan dan vendor Anda telah menyetujui pengaturan pernikahan yang baru, mulailah menyampaikan berita tersebut kepada tamu undangan Anda. Jika Anda hanya mengirim pengumuman berupa save-the-date, itu akan menjadi urusan yang lebih mudah. Anda bisa membuat grup atau event baru di Facebook, atau mengirimkan save-the-date yang telah direvisi melalui email dengan judul yang menyatakan bahwa Anda memiliki sejumlah perubahan rencana.
    Bahkan lebih baik, menurut kami, Anda dapat menelepon setiap tamu secara pribadi untuk memastikan bahwa mereka telah mendengar berita tersebut. Jika Anda sudah mengirimkan undangan, terutama jika Anda merencanakan pernikahan destinasi, bersiaplah jika beberapa tamu Anda tidak dapat hadir.

Cemas Menjelang Hari Pernikahan

Menikah adalah keputusan yang paling krusial dalam hidup, maka tidak heran jika begitu banyak pengantin yang merasa gelisah sebelum atau bahkan selama hari pernikahan. Itu bisa terjadi berbulan-bulan, berminggu-minggu, beberapa hari, atau bahkan hanya dalam hitungan menit sebelum Anda berjalan menyusuri lorong. Inilah mengapa penting untuk tidak membiarkan masa perencanaan pernikahan mengambil alih seluruh hidup Anda. Beristirahatlah sesekali dari rumitnya perencanaan pernikahan, dengan memanjakan diri dan menghabiskan waktu berkualitas bersama teman-teman. Pikiran dan tubuh Anda akan berterima kasih untuk itu.

Tragedi Gaun Pengantin

Setelah penantian selama berbulan-bulan, menerima gaun pengantin yang dibuat khusus dengan hasil yang tidak sesuai dengan harapan Anda tentu sangat mengecewakan. Mungkin sudah terlambat untuk mencari penjahit atau desainer lainnya jika waktu yang tersisa hanya tinggal hitungan bulan atau bahkan minggu, kecuali jika Anda mengenal seseorang yang bersedia bekerja lebih keras untuk Anda. Cobalah sejumlah cara di bawah ini sebagai opsi untuk menenangkan pikiran.

Pertama, Anda dapat mengunjungi toko busana pengantin terdekat untuk membeli gaun yang dijual bebas. Ya, mungkin gaun tersebut tidak bisa dipersonalisasi sesuai dengan keinginan Anda, tetapi opsi ini jelas dapat mengurangi kegelisahan Anda. Kedua, lakukan permintaan khusus untuk gaun ibu atau nenek Anda. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk menambahkan elemen warisan keluarga di perayaan spesial Anda. Last but not least, Anda bisa menyewa gaun pengantin siap pakai. Ini adalah pilihan populer untuk calon pengantin yang tidak ingin membuat atau menyimpan gaun pengantin mereka sendiri. Bukan tidak mungkin, Anda akan merasa terkejut saat menemukan begitu banyak pilihan yang sama sekali tidak buruk.

Sakit atau Kecelakaan Mendadak

Tak ada seorang pun yang ingin sakit, terutama di hari besar mereka. Meskipun itu adalah hal yang tidak terduga, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Berolahraga secara teratur sebelum hari pernikahan sangatlah penting, tetapi pastikan untuk tidak membuat diri Anda lelah. Ada banyak cara sehat untuk menjadi bugar, jadi Anda harus menghindari olahraga ekstrem yang berpotensi membuat Anda cedera. Selain itu, jauhi diet ketat yang mungkin lebih merugikan Anda daripada menguntungkan. Sebaliknya, atur kebiasaan makan sehat yang bisa Anda terapkan hingga setelah perayaan pernikahan berakhir.

Irene juga memberikan beberapa saran untuk pasangan yang suka berpetualang dan bersenang-senang, "Saya selalu memperingatkan klien untuk tidak melakukan olahraga berat atau pesta terlalu keras sebelum pernikahan, terutama saat hitungan hari atau bahkan berminggu-minggu sebelum hari pernikahan tiba. Jangan bermain api, karena kami tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya."

Add To Board
ragam-skenario-pernikahan-terburuk-dan-bagaimana-cara-menanganinya-1

SAAT HARI BESAR ANDA

Cuaca yang Tidak Terduga

Karena tidak ada yang bisa memprediksi cuaca, maka tidak heran jika cuaca masih menjadi salah satu penyebab yang paling umum dari keadaan darurat di hari pernikahan. Dari hujan deras yang dapat merusak pernikahan outdoor hingga abu vulkanik yang dapat menyebabkan pembatalan penerbangan ke pernikahan destinasi, tidak banyak yang dapat Anda lakukan saat berhadapan dengan kekuatan alam.

Perencanaan yang cermat adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan cuaca. Sampaikan kekhawatiran Anda kepada wedding planner dan vendor Anda, dan siapkan semua barang yang diperlukan seperti tenda atau payung. Pada hari pernikahan itu sendiri, rasa panik tidak akan ada gunanya. Yang dapat Anda lakukan hanyalah menikmati setiap momen. Ingatlah bahwa tidak peduli bagaimana pun keadaannya, ini adalah salah satu hari paling bahagia yang ada di dalam hidup Anda.


Ragam Skenario Pernikahan Terburuk dan Bagaimana Cara Menanganinya Image 1

Band Pernikahan yang Buruk

Sebuah wedding band akan membuat tamu Anda terhibur, tetapi seorang vokalis yang bernyanyi tanpa nada dan seorang drummer yang tidak bisa mengikuti irama akan langsung merusak seluruh suasana pernikahan Anda. Oleh karena itu, siapkan rencana sederhana berikut ini setiap saat:

  1. Siapkan playlist darurat di pemutar musik atau laptop Anda.
  2. Jika Anda memiliki teman berbakat yang bisa menyanyi atau memiliki band, mintalah mereka untuk membantu Anda.
  3. Ubah konsepnya menjadi pertunjukan santai bersama teman atau kerabat.


Ragam Skenario Pernikahan Terburuk dan Bagaimana Cara Menanganinya Image 2

Pidato yang Memalukan

Kami yakin Anda tidak ingin mengalami saat-saat mengerikan seperti paman Anda yang tengah mabuk berusaha meraih mikrofon, atau saat best man berusaha yang terlalu banyak berbagi informasi kepada orang banyak. Untuk memastikan momen-momen ini tidak merusak hari besar Anda, mintalah perencana pernikahan, pendamping pengantin, ataupun orang lain yang dapat Anda percayai untuk mengendalikan situasi. Ia harus mengambil alih mikrofon dengan hati-hati dan mampu menghilangkan rasa canggung dengan menceritakan lelucon atau membuat pidato yang menyentuh hati.

Akan lebih baik untuk berbicara dengan bestman Anda sebelumnya atau siapa pun yang akan memberikan pidato pernikahan. Beri mereka beberapa aturan dan pedoman sederhana tentang lelucon apa saja yang boleh dan tidak boleh diterima kakek-nenek Anda, misalnya.

Tamu yang Mabuk dan Terluka

Bila Anda memiliki bar terbuka, mintalah para bartender untuk melacak tamu yang minum terlalu banyak. Jika ada tamu mabuk yang tidak terkendali dan berpotensi memulai perkelahian, mintalah orang lain bersama staf keamanan setempat untuk membawa mereka kembali ke kamar hotel.

Untuk tamu yang terluka, gunakan kotak P3K di tempat tersebut jika luka yang dialami tidak terlalu serius. Namun, bila ada cedera serius, segera hubungi ambulans. Di mana pun pernikahan Anda akan diadakan, pastikan Anda mengetahui nomor telepon rumah sakit atau klinik terdekat yang dapat Anda datangi untuk membawa tamu jika terjadi sesuatu yang buruk.

Mati Listrik

Sebagian besar tempat yang lebih luas, seperti hotel atau tempat umum lainnya, harus memiliki rencana cadangan jika terjadi pemadaman listrik. Tetapi jika venue Anda merupakan milik pribadi yang tidak digunakan untuk mengadakan pernikahan, pertimbangkan untuk menyewa genset.


Ragam Skenario Pernikahan Terburuk dan Bagaimana Cara Menanganinya Image 3

Pengiring Pengantin yang Menghilang

Anda adalah orang yang paling mengenal pengiring pengantin, jadi pikirkan keputusan ini dengan hati-hati. Tetapkan teman atau saudara perempuan Anda yang paling dekat dan paling dapat dipercaya sebagai pengiring pengantin. Kemudian, mintalah dia untuk membantu mengelola pengiring pengantin lainnya. Ingatlah untuk selalu jujur dan perhatian kepada pengiring pengantin Anda, dan beri mereka instruksi yang jelas tentang kapan dan di mana mereka harus berada di hari pernikahan.

Bila pengiring pengantin tiba-tiba hilang saat Hari-H, kirim seseorang untuk menemukannya sesegera mungkin. Jika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dan pengiring pengantin Anda tidak dapat ditemukan di mana pun, mintalah perencana Anda untuk mengatur ulang segala sesuatunya sehingga tidak ada yang terlihat kosong saat Anda berjalan menyusuri lorong atau mengambil foto bersama.

Penghulu Terlambat

"Terkadang, kita tidak bisa menghindari hal-hal tak terduga yang terjadi di hari pernikahan. Jadi, saya selalu menambahkan waktu ekstra dan mengantisipasi setiap kemungkinan dengan rencana cadangan untuk membuat pernikahan kembali ke jalurnya," jelas Irene. Jika penghulu benar-benar tidak bisa ditemukan, akan lebih baik untuk segera meminta orang lain untuk menggantikannya dan selesaikan masalah tersebut setelahnya.


Ragam Skenario Pernikahan Terburuk dan Bagaimana Cara Menanganinya Image 4


Tamu yang Tidak Diundang

  1. Pasangan Tamu yang Tidak Diundang
    Gedung pernikahan biasanya menyimpan beberapa kursi cadangan jika ada sejumlah tamu tambahan. Meskipun tamu tersebut tidak akan mendapatkan kartu meja, tetapi sebuah kursi harus tetap tersedia setiap saat. Bila venue Anda tidak terlalu luas, tidak masalah untuk menempatkan tamu Anda jauh dari teman kencannya. Setidaknya, Anda sudah mencoba yang terbaik untuk mengakomodir seseorang yang tidak Anda undang, bukan?
  2. Pengacau Pernikahan
    Hal ini biasanya terjadi di tempat-tempat yang mengadakan beberapa pesta di waktu yang bersamaan. Jika Anda mengadakan pesta kecil dan intim, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi wajah yang tidak dikenal. Setelah Anda benar-benar yakin bahwa seseorang telah merusak pernikahan Anda, mintalah perencana Anda untuk diam-diam mendekati tamu misterius itu tanpa membuat keributan besar.

Kehabisan Makanan

"Dalam setiap pesta, kami tidak bisa memprediksi secara pasti berapa banyak tamu yang akan datang. Oleh karena itu, saya selalu menyarankan klien saya untuk benar-benar menghitung jumlah tamunya. Dengan begitu, mereka tidak akan salah dalam menentukan jumlah makanan yang harus dipesan," ungkap Irene. Jika Anda tidak memiliki cukup makanan, memesan konsumsi ekstra akan menjadi solusi tercepat. Jangan lupa untuk mempertimbangkan waktunya dan bersiaplah untuk menghadapi biaya tambahan.

Cincin Kawin Hilang

Dari semua tragedi yang ada, hilangnya cincin kawin mungkin menjadi hal yang paling dikhawatirkan. Jika ini pernah terjadi, tarik napas dalam-dalam dan cobalah untuk menemukan solusi yang cepat. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah meminjam cincin orang tua Anda jika mereka mengenakan ukuran yang sama. Atau, Anda bisa berkreasi dan membuat lingkaran apa pun dari jerami, pita, hingga ranting yang tersedia di sekitar venue. Kami mengerti bahwa hal ini dapat membuat Anda stres, tetapi jangan biarkan peristiwa itu merusak seluruh momen bahagia Anda. Lepaskan dari pikiran Anda dan cobalah untuk kembali ke sana keesokan harinya.


Ragam Skenario Pernikahan Terburuk dan Bagaimana Cara Menanganinya Image 5


SETELAH HARI PERNIKAHAN

Malam Pertama yang Keliru

Beberapa calon pengantin memiliki perasaan campur aduk dan ide yang berbeda tentang malam pertama mereka. Ada begitu banyak pertanyaan dan keraguan saat malam pernikahan yang bisa membuat Anda gugup. Jadi, jangan ragu untuk bertanya kepada teman Anda yang sudah menikah tentang hal ini sebelum hari pernikahan. Anda mungkin akan menemukan beberapa cerita malam pertama yang lucu dan bisa menyadarkan Anda bahwa pada akhirnya, semuanya akan baik-baik saja.

Kejutan Bulan Madu

Anda telah merencanakan bulan madu begitu lama, hanya untuk ketinggalan penerbangan atau mungkin tiba di kamar hotel yang tidak terlihat sama seperti yang ada di situs web. Jika Anda masih memiliki anggaran untuk pindah hotel, lakukan sesegera mungkin. Adapun hal-hal yang tidak bisa lagi Anda ubah, biarkan saja dan lakukan yang terbaik sesuai dengan keinginan.

Anda akan melakukan perjalanan bulan madu dengan pasangan hidup Anda, dan fakta itu saja akan memberi Anda beberapa kenangan indah. Ketika segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang Anda harapkan, atasi dengan cepat dan nikmati saja waktu yang Anda miliki berdua. Selain itu, Anda selalu bisa merencanakan bulan madu kedua di kemudian hari.

Foto Pernikahan yang Tidak Memuaskan

Inilah yang kemungkinan besar menjadi perusak suasana hati Anda beberapa waktu setelah hari pernikahan, yaitu hasil foto pernikahan. Tentunya, Anda masih dapat meminta fotografer Anda atau menyewa editor gambar digital untuk menghaluskan bagian tubuh yang tidak menarik. Sayangnya, sebanyak apapun usaha Anda untuk mengulanginya, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah besar. Jika foto tersebut benar-benar buruk, Anda dapat meminta semua tamu Anda untuk mengirimkan foto mereka yang diambil pada hari pernikahan Anda.


Ragam Skenario Pernikahan Terburuk dan Bagaimana Cara Menanganinya Image 6


Hadiah Pernikahan yang Tidak Diinginkan

Anda tidak perlu terkejut saat menerima hadiah pernikahan yang sama atau bahkan yang tidak sesuai dengan selera maupun kepribadian Anda. Sebelum Anda membuang atau menyembunyikannya di sudut lemari Anda, cobalah opsi berikut ini.

  1. Hadiahi Ulang
    Ini adalah pilihan yang paling populer. Anda cukup membungkus ulang hadiah yang tidak diinginkan untuk kemudian diberikan kepada orang lain, tetapi Anda perlu mempertimbangkan dengan cermat kepada siapa Anda bisa memberikannya kembali. Pastikan sang penerima tidak berhubungan dekat dengan pemberi hadiah.
  2. Berikan kepada teman, anggota keluarga, atau kolega yang membutuhkan.
  3. Sumbangkan untuk amal.
  4. Kembalikan ke toko, jika tidak diperlukan tanda terima.
  5. Jual kembali melalui toko online.

Untuk mencegah hal ini terjadi, buatlah daftar hadiah untuk membantu tamu Anda memilih sesuatu yang dapat digunakan selama bertahun-tahun.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now