Perbedaan Bridal Shower dan Bachelorette Party yang Perlu Brides-to-be Ketahui

by Anindya Paramitha [[ 1585706400000 | amDateFormat:'ll | HH:mm' ]] in Wedding Ideas  

Colors:

Bridal shower maupun pesta lajang atau bachelorette party merupakan salah satu acara pra-pernikahan yang ditunggu-tunggu oleh banyak calon mempelai perempuan. Acaranya ini biasanya digagas oleh teman-teman terdekat atau bridesmaids, tapi tidak jarang juga dituanrumahi oleh sang calon pengantin sendiri. Jika Anda sedang menimbang-nimbang ingin menggelar yang acara mana, simak perbedaannya berikut ini.

Bridal Shower


Foto oleh Morden. Lokasi Four Seasons Hotel Jakarta.

1. Fokus pada kehidupan setelah menikah
Tujuan bridal shower adalah merayakan fakta bahwa sang calon mempelai hendak memasuki kehidupan pernikahan dan mempersiapkannya untuk perubahan tersebut. Karena itu, pada perayaan bridal shower biasanya bride-to-be tersebut akan dihujani oleh kado-kado yang bermanfaat untuk kehidupan menikah, seperti peralatan rumah tangga. Kado-kado tersebut akan dibuka satu per satu di acara ini dan setiap pemberi kado dapat menjelaskan alasan ia memberikan kado tersebut.

2. Perayaan lebih santai
Bridal shower biasanya diadakan di kafe atau restauran. Akhir-akhir ini, banyak juga tren bridal shower yang diadakan di kamar hotel, di mana sang bride-to-be dan teman-temannya melakukan sleepover bridal shower. Acara ini cocok untuk para brides yang tidak suka berpesta yang membutuhkan banyak persiapan. Mengadakan bridal shower di rumah pun dapat jadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

3. Undangan tidak eksklusif
Orang-orang yang biasanya diundang ke acara bridal shower adalah para bridesmaids, anggota keluarga, hingga teman-teman. Seringkali, seorang brides menghadiri lebih dari satu bridal shower yang diadakan oleh lingkaran teman yang berbeda. Misalnya, ada bridal shower yang diselenggarakan teman-teman kuliah, kemudian ada juga yang diselenggarakan oleh teman-teman kantor. Terkadang, pasangannya pun dapat mengikuti acara ini.

4. Games dan aktivitas lucu
Bridal shower tidak lengkap tanpa permainan-permainan menarik. Biasanya permainan ini humoris, seperti mengetes memori bride mengenai pasangannya atau tebak-tebakan. Permainan kata serta mencorat-coret muka juga menjadi games favorit. Kegiatan yang diadakan pun berbau artistik namun relaks, seperti membuat karya seni sederhana maupun memasak bersama. Yang mengikuti permainan dan aktivitas ini hanya yang diundang dalam bridal shower dan tidak melibatkan orang sekitar.

Butuh inspirasi tema dan kegiatan bridal shower? Tiru keseruan bridal shower Ayla Dimitri dari tautan ini.


Pesta Lajang atau Bachelorette Party


1. Fokus pada kebebasan
Salah satu perbedaan signifikan dari bachelorette party adalah tujuannya untuk melupakan segala hal tentang persiapan pernikahan dan pernikahan itu sendiri, sedangkan pada bridal shower, hal tersebut masih signifikan. Pada pesta lajang, sang calon mempelai wanita dapat melakukan segala hal yang ia inginkan. Bahkan, ia dapat berpura-pura bahwa ia adalah seorang lajang untuk hari itu saja!

2. Berpesta meriah
Bachelorette party biasanya dimulai di suatu bar atau nightclub di mana sang calon pengantin dapat melepas semua tekanan dan berdansa dengan bebas. Biasanya, ia dan semua yang menghadiri bachelorette party ini berdandan dengan maksimal dan benar-benar mengeluarkan usaha untuk menjadikan pesta tersebut pesta terbaik yang pernah dialami sang calon mempelai.

3. Lebih inklusif
Bachelorette party biasanya tidak mengundang banyak orang, hanya bridesmaids saja serta teman-teman terdekat. Jarang sekali ada anggota keluarga yang ikut, kecuali seorang saudara yang sangat dekat dengan sang calon mempelai. Perayaan ini pun biasanya hanya diadakan sekali saja, yaitu di malam sebelum hari pernikahan.

4. Games menantang
Permainan yang diadakan di pesta lajang melibatkan orang-orang lain yang berada di sekitar mereka. Banyak dari permainan tersebut yang menyerupai truth or dare, di mana sang bride ditantang untuk melakukan hal-hal konyol kepada orang-orang tidak dikenal. Misalnya, sang bride ditantang untuk menemukan lelaki yang paling tampan di area tersebut dan mengecup pipinya.



CREDIT TO VENDORS:


Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content ]]

Show