Blog / Relationship Tips / Olahraga Seru Untuk Menghabiskan Waktu Luang Bersama Pasangan di Bulan Puasa

Olahraga Seru Untuk Menghabiskan Waktu Luang Bersama Pasangan di Bulan Puasa

Color:
Add To Board
olahraga-seru-untuk-menghabiskan-waktu-luang-bersama-pasangan-di-bulan-puasa-1

Selama bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk ibadah puasa kurang lebih selama 12 jam setiap hari dan selama 30 hari. Meskipun berpuasa, tubuh juga tetap membutuhkan olahraga agar tetap sehat dan bugar. Mungkin Anda berpikir akan semakin lapar dan haus ketika berolahraga, belum lagi rasa lemas dan kantuk yang kadang dialami di saat berpuasa. Tentunya ada ketentuan waktu dan jenis olahraga yang boleh dilakukan ketika bulan puasa sendiri maupun bersama pasangan. Salah satunya, olahraga sebaiknya dilakukan ketika menjelang waktu berbuka alias ngabuburit.

Jalan kaki atau jogging
Anda bisa melakukan jalan sore atau jogging saat matahari mulai terbenam sambil berbincang-bincang bersama pasangan Anda. Jalan kaki dan jogging sama-sama memiliki berbagai manfaat, seperti menjaga kesehatan jantung, paru-paru, memperkuat tulang, meningkatkan kekuatan otot, serta mengurangi lemak tubuh. Olahraga ini sangat memungkinkan bagi Anda yang tinggal di komplek perumahan, namun tak perlu khawatir jika tempat tinggal Anda tidak memungkinkan untuk jalan kaki di luar rumah, Anda bisa melakukan jalan di tempat.

Bersepeda
Bersepeda merupakan kegiatan yang mengasyikan terlebih lagi jika dilakukan bersama pasangan. Bersepeda selama 30 menit memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, meningkatkan mobilitas sendi, hingga meredakan stres. Setelah 30 menit olahraga dengan bersepeda, selama perjalanan pulang Anda dan pasangan bisa sekaligus mencari takjil untuk berbuka puasa.

Yoga
Jenis olahraga ini memiliki beberapa tahap dan tingkat kesulitan. Jika Anda dan pasangan ingin melakukan yoga bersama, pastikan salah satu dari kalian sudah paham dengan olahraga ini agar tidak terjadi cedera. Tidak hanya untuk meningkatkan kebugaran tubuh saja, yoga memiliki berbagai manfaat untuk hubungan Anda dengan pasangan, seperti memperkuat komunikasi dan rasa percaya, mengurangi rasa cemas dan stres, serta memperbaiki kualitas hubungan intim.

Sit up dan push up
Sit up dan push up merupakan olahraga dengan intensitas yang rendah. Olahraga ini bisa disesuaikan dengan energi yang Anda miliki. Sit up memiliki berbagai manfaat, seperti menjaga postur tubuh, membentuk otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, hingga meningkatkan fleksibilitas tubuh. Sementara, push up bisa membantu menjaga stabilitas tubuh, memperbesar massa otot, dan menguatkan otot perut. Anda dapat melakukan jenis olahraga ini bersama pasangan dengan cara berhadap-hadapan atau memegangi kaki pasangan Anda agar tidak terangkat ketika sit up.

Bulu tangkis
Seperti kebanyakan olahraga lainnya, bulu tangkis juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, bulu tangkis juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan kognitif. Lakukan kegiatan olahraga ini bersama pasangan agar hubungan Anda dan pasangan menjadi semakin kompak dan harmonis. Anda bisa mengajak pasangan lain untuk menjadi lawan main. Namun, di masa pandemi COVID-19 seperti ini, sebaiknya hindari mengajak kerabat dari luar rumah Anda untuk bertanding dan lakukan hanya di dalam halaman atau komplek perumahan Anda.

Jika Anda kurang menyukai kegiatan olahraga outdoor, Anda dan pasangan dapat melakukan olahraga di tempat gym atau fitness center, namun hal tersebut membutuhkan biaya tambahan dan juga tidak memungkinkan dalam kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sebagai alternatif, Anda dan pasangan dapat melakukan olahraga di rumah dengan mengikuti video workout di YouTube dari berbagai saluran fitness influencers ini.

1. FitnessBlender
Pada kanal YouTube FitnessBlender ini Anda dapat menemukan tutorial yoga bersama pasangan yang dipandu oleh Kelli dan Daniel. Video dengan judul Partner Yoga Workout - Feel Good Partner Stretches - Toning & Stretching Workout ini akan memberikan instruksi gerakan yoga yang dilengkapi dengan visualisasi calorie meter sehingga Anda bisa mengetahui kira-kira berapa banyak kalori yang sudah Anda buang.

2. MadFit
Maddie Lymburner bersama dengan kekasihnya akan memberikan Anda instruksi untuk olahraga di rumah bersama pasangan melalui dua videonya yang berjudul, 10 Min Couple Workout Challenge dan 15 Min Partner Workout (Full Body Tone At Home).

3. Jennifer Bachdim
Jennifer dan Irfan Bachdim, pasangan social media influencer, atlet, serta health and wellness enthusiast akan memandu Anda dalam videonya yang berjudul 10 Min Home Couple Workout. Latar pada video ini menunjukkan bahwa olahraga bersama pasangan bisa dilakukan di rumah meskipun di dalam ruangan yang memiliki banyak perabot, seperti meja, kursi, dan sofa. Tidak hanya itu saja, Jennifer bersama sang suami, Irfan Bachdim membagikan tips pola hidup sehat dan manfaat olahraga bersama pasangan yang dapat Anda saksikan di Bridestory Unveiled The Podcast episode 12.

Olahraga bersama pasangan tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, namun kegiatan tersebut dapat menjadi bentuk motivasi bersama untuk hidup sehat. Daripada Anda dan pasangan hanya menonton televisi di sofa seharian, alangkah lebih baiknya jika melakukan kegiatan yang berguna bagi kesehatan bukan? Mulailah membuat rencana atau susunan kegiatan olahraga bersama pasangan. Anda juga dapat mendengarkan lagu selagi berolahraga agar mood menjadi lebih semangat.

Tetaplah perhatikan kondisi tubuh Anda saat berpuasa. Ketahuilah waktu yang tepat kapan Anda harus berolahraga dan kapan harus istirahat. Olahraga saat berpuasa sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan dan minum agar Anda tidak dehidrasi. Tidak disarankan untuk berolahraga di pagi hari karena akan membakar semua energi dari sahur.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now