Blog / Wedding Ideas / Mengenal Sortali, Aksesoris Pengantin Adat Batak

Mengenal Sortali, Aksesoris Pengantin Adat Batak

Color:
Add To Board
mengenal-sortali-aksesoris-pengantin-adat-batak-1

Photography: David Salim Photography

Orang Batak menyebut anak-anak mereka sebagai anakni dan boruni raja yang artinya anak laki-laki dan anak perempuannya raja. Dan di hari pernikahannya, anakni dan boruni raja haruslah menampilkan kemakmuran, kehormatan dan keanggunan. Adapun salah satu aksesoris yang menampilkan kekuatan karakter tersebut adalah sortali atau ikat kepala.

Untuk pengantin pria, sortali yang digunakan pada bagian atasnya berbentuk seperti kerucut. Sedangkan pada pengantin wanita, sortali berbentuk persegi panjang. Pada pengantin pria ikatan kepalanya lebih sering disebut tali-tali sedangkan untuk pengantin wanita disebut sortali. Keduanya sama-sama beralaskan kain berwarna merah yang dihiasi lempengan tembaga berlapis emas.

Inilah makna sortali yang diikatkan di kepala pengantin wanita Batak

Adapun alas kain berwarna merah memiliki makna yang kuat. Sebab bagi orang Batak, warna merah adalah lambang keberanian dan kekuatan. Maka simbol ini pun disematkan pada tempat yang terhormat yaitu kepala. Sehingga pengantin wanita Batak ketika memakai sortali akan menambahkan keanggunannya sebagai boruni raja.

Di atas kain berwarna merah itu disusun manik-manik atau kepingan-kepingan emas yang dijalin menggunakan benang berwarna emas. Biasanya kepingan-kepingan emas berbentuk motif gorga Batak. Pada gorga Batak berisi filosofi hidup masyarakat Batak. Adapun material emas yang digunakan untuk melambangkan kemakmuran kedua mempelai.

Sortali yang diikatkan pada kepala pengantin wanita Batak juga bercerita tentang bersatunya seluruh keluarga dalam satu ikatan. Karena pada masyarakat Batak, pernikahan juga berarti menjalin ikatan keluarga yang erat dalam aturan adat yang kental. Maka ikatan ini juga mengartikan kebahagian kedua keluarga yang disatukan dalam kesakralan pernikahan adat Batak.

Mengenal Sortali, Aksesoris Pengantin Adat Batak Image 1

Sortali biasanya diwariskan ibu kepada anak perempuannya

Penggunaan sortali pada pengantin wanita Batak juga bercerita tentang peran wanita dalam melanjutkan budaya Batak. Zaman dahulu para ibu akan membuatkan sortali khusus untuk anak-anak wanita mereka. Pembuatan sortali adalah bagian dari ekspresi menyiapkan anak wanita dengan keanggunan dan kedewasaan khas boruni raja.

Proses pembuatan sortali membutuhkan kemampuan khusus dan dilakukan dalam waktu yang lama. Karena itu pada proses pembuatanya, ibu akan bercerita bagaimana seorang wanita Batak seharusnya bersikap dan bertanggung jawab atas kehidupan keluarga serta anak-anaknya. Dan ketika tiba momen untuk keluarga memberikan sortali kepada anak wanita mereka, maka ini menjadi momen mewariskan budaya kepada anak wanita mereka yang akan melahirkan generasi berikutnya.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now