Blog / Wedding Ideas / Mengenal Keutamaan Malam Nisfu Syaban dan Amalan yang Bisa Dilakukan

Mengenal Keutamaan Malam Nisfu Syaban dan Amalan yang Bisa Dilakukan

Color:
Add To Board
mengenal-keutamaan-malam-nisfu-syaban-dan-amalan-yang-bisa-dilakukan-1

Photography: MORDEN

Malam Nisfu Sya'ban selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Pasalnya, malam itulah pintu pengampunan dosa dari Allah SWT akan terbuka selebar-lebarnya. Sya'ban merupakan malam yang diperingati setiap tanggal 15 pada bulan kedelapan menurut kalender Islam. Di malam yang penuh kemuliaan ini, seluruh muslimin dan muslimat dianjurkan untuk menunaikan ibadah sepanjang malam guna mencari rahmat Allah sebelum datangnya bulan suci Ramadan.

Selain menjadi ladang ampunan, malam Nisfu Sya'ban juga menjadi momentum terbaik untuk memanjatkan doa dan harapan kepada sang pencipta. Karena pada malam tersebut, Allah akan mengabulkan seluruh doa terbaik yang dipanjatkan oleh umat-Nya. Ada banyak sekali amalan utama yang bisa ditunaikan oleh mukmin selama malam Syaban, mulai dari berzikir, membaca yasin, tadarus Al-Quran, salat malam, hingga berpuasa.

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Sebagian ulama berpendapat bahwa malam Nisfu Sya'ban menjadi waktu penimbangan amal baik dan buruk selama setahun terakhir. Inilah mengapa Nabi Muhammad SAW juga selalu memanfaatkan momentum Sya'ban dengan menunaikan ibadah sekaligus berpuasa sunah. Seperti yang telah dikatakan oleh istri Rasulullah, Sayyidah Aisyah, dalam HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156, " Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa bulan Ramadan, dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunah melebihi (puasa sunah) di bulan Syaban."

Nisfu Sya'ban menjadi saat yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Seluruh umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunah mereka untuk mendapatkan rahmat dan pahala yang tak terhingga di malam pengampunan itu, seperti membaca surat yasin setelah salat Maghrib sebanyak 3 kali, membaca doa khusus malam Nisfu Syaban, sampai melakukan puasa Ayyamul Bidh.

Doa-doa yang dipanjatkan juga berpeluang besar untuk diijabah karena Allah akan membukakan pintu maaf yang jauh lebih besar, sebagaimana yang tercantum dalam hadis Mu'adz bin Jabal radhiyallahu 'anhu, dari sabda Nabi SAW, " Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya'ban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang berselisih."

Mengenal Keutamaan Malam Nisfu Syaban dan Amalan yang Bisa Dilakukan Image 1

Niat Puasa Nisfu Sya'ban

Puasa sunah Nisfu Sya'ban dapat dilakukan kapan saja, entah itu saat puasa Senin - Kamis, puasa Daud, ataupun saat malam ke 13, 14, dan 15 hijriah di bulan Syaban. Terdapat hadis dari Usamah bin Zaid yang berisi sabda Rasulullah SAW tentang alasan beliau senantiasa berpuasa di bulan Sya'ban, " Nisfu Sya'ban—bulan antara Rajab dan Ramadhan—adalah bulan yang kerap dilalaikan oleh umat manusia. Ini merupakan saat di mana berbagai amalan akan dinaikkan kepada Allah, Rabb semesta alam. Itulah mengapa, aku ingin berpuasa ketika amalanku tengah diangkat." (HR. An-Nasa'i no. 2359, Al-Hafizh Abu Thahir bersaksi bahwa hadis ini termasuk hasan).

Bacaan niat puasa Nisfu Syaban di malam hari:

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati Sya'bana lillahi ta'ala.

(Artinya: Aku berniat puasa sunah Sya'ban esok hari karena Allah SWT)

Bacaan niat puasa Nisfu Syaban di pagi atau siang hari:

Nawaitu shauma hâdzal yaumi 'an ada'i sunnati Sya'bana lillahi ta'ala.

( Artinya, Aku berniat puasa sunah Sya'ban hari ini karena Allah SWT)

Dalam seluruh puasa sunah, termasuk Syaban, membaca niat boleh dilakukan pada pagi atau siang hari, selama orang tersebut belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Lain halnya dengan puasa wajib yang harus sudah membaca niat ketika malam hari.

Mengenal Keutamaan Malam Nisfu Syaban dan Amalan yang Bisa Dilakukan Image 2

Doa Malam Nisfu Syaban

Malam Nisfu Sya'ban menjadi momentum yang tepat untuk memperbanyak doa sekaligus meminta pertolongan Allah SWT dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari kelancaran rezeki, umur yang panjang, kekuatan iman, hingga dijauhkan dari mara bahaya. Dilansir dari situs NU Online, berikut doa malam Nisfu Sya'ban menurut ulama mazhab Syafi'i, Sayyid Utsman bin Yahya:

اللَهُمَّ يَا ذَا المَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَن الخَائِفِيْنَ. اللَهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِي، وَاكْتُبْنِي عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الحَقُّ فِي كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ "يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ" وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu 'alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in'âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma'manal khâ'ifîn. Allâhumma in kunta katabtanî 'indaka fî ummil kitâbi syaqiyyan aw mahrûman aw muqtarran 'alayya fir rizqi, famhullâhumma fî ummil kitâbi syaqâwatî wa hirmânî waqtitâra rizqî, waktubnî 'indaka sa'îdan marzûqan muwaffaqan lil khairât. Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal 'alâ lisâni nabiyyikal mursal, "yamhullâhu mâ yasyâ'u wa yutsbitu, wa 'indahû ummul kitâb" wa shallallâhu 'alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil 'alamîn.

Yang artinya: "Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Macam-macam Amalan Nisfu Syaban

Mengenal Keutamaan Malam Nisfu Syaban dan Amalan yang Bisa Dilakukan Image 3

Bagaimana cara memaksimalkan amalan baik selama malam Nisfu Sya'ban? Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memupuk pahala di malam yang penuh dengan keistimewaan ini, di antaranya melantunkan istighfar, berdzikir, membaca Al-Quran, berpuasa, menunaikan salat Tahajud, hingga memperbanyak doa. Ini juga merupakan sebuah cara untuk mensucikan diri sebelum datangnya bulan suci Ramadan.

  • Berzikir
    Zikir merupakan salah satu amalan sunah yang paling disukai oleh Rasulullah. Karena dengan berzikir, setiap umat muslim yang mengamalkannya senantiasa akan mendapatkan pahala berlimpah serta ketentraman jiwa. Zikir juga menjadi cara yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan selalu mengingat keagungan-Nya. Inilah mengapa, seluruh muslimin dan muslimat dianjurkan untuk senantiasa melantunkan zikir atau puji-pujian kepada Allah, terutama setelah menunaikan ibadah salat. Zikir meliputi lafalan istighfar, dua kalimat syahadat, tasbih, tahmid, takbir, hingga tahlil.
  • Memperbanyak Doa
    Di bulan Syaban, Allah akan memberikan rahmat yang besar serta mengampuni dosa-dosa yang telah diperbuat oleh umat-Nya. Tak hanya itu saja, segala cobaan yang tengah mengintai pun dimudahkan, begitu pula dengan perasaan sedih yang juga akan dihilangkan. Setiap lantunan doa yang tersemat dari umat muslim dapat berpotensi dikabulkan oleh Allah SWT pada malam yang mulia ini. Maka dari itu, memperbanyak doa untuk kehidupan yang lebih baik sangat dianjurkan oleh Rasulullah.
  • Berpuasa Sunah
    Guna mendukung seluruh amalan sunah yang telah dipupuk, Rasulullah SAW diketahui kerap berpuasa di bulan Syaban, termasuk pada malam Nisfu Sya'ban. Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW bersabda, "Bila tibanya malam Nisfu Syaban, dirikanlah shalat sunnah di malam hari dan berpuasa siang harinya. Sungguh sejak matahari tenggelam pada malam itu, rahmat Allah mulai turun ke langit paling bawah. Lalu Ia berfirman 'Adakah orang yang meminta ampun? Niscaya akan Kuampuni. Siapa yang meminta rezeki? Niscaya akan Kuberi rezeki. Adakah orang yang tertimpa musibah? Niscaya akan Kubebaskan. Adakah demikian dan adakah demikian?' Semua itu berlangsung sampai terbit fajar." (HR Ibnu Majah dari Ali ra)
  • Membaca Al-Quran
    Salah satu amalan Nisfu Sya'ban yang paling dianjurkan adalah membaca Al-Quran. Tidak ada ketentuan khusus tentang berapa banyak ayat atau juz yang harus dilafalkan oleh umat muslim, namun semakin banyak ayat yang dibaca tentu akan semakin baik. Seperti anjuran Rasulullah dalam HR Muslim, "Bacalah Al-Qur'an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat."
  • Menunaikan Shalat Sunah Tahajud
    Saat malam Nisfu Sya'ban tiba, sebagian besar umat muslim akan memperbanyak amalan baik mereka dengan berbagai cara, mulai dari terbenamnya matahari hingga waktu dini hari. Salat sunah tahajud pun menjadi amalan utama yang tak lupa didirikan. Nabi Muhammad SAW pernah menuturkan keutamaan ibadah sunah dalam sebuah hadis, "Sebaik-baiknya puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah -Muharram-. Sebaik-baiknya shalat setelah salat wajib adalah shalat malam." (HR Muslim).

Mengenal Keutamaan Malam Nisfu Syaban dan Amalan yang Bisa Dilakukan Image 4

Itulah penjelasan dasar mengenai malam Nisfu Sya'ban yang penuh dengan rahmat Allah SWT. Jangan lupa untuk selalu menunaikan amalan baik sepanjang malam yang mulia ini sebagai salah satu upaya untuk memperoleh bekal di akhirat kelak.Nah, bila Anda berencana menggelar akad nikah sebelum bulan suci Ramadhan, inspirasi dari sosok womenpreneur tanah air, Putri Tanjung, yang menggelar acara pengajian jelang hari pernikahan tepat di malam Nisfu Sya'ban pada Kamis, 17 Maret 2022 lalu, dapat Anda aplikasikan ke dalam prosesi pengajian Anda di masa depan. Tentunya, mengadakan pengajian saat bulan Syaban dengan maksud menyatukan dua insan di jalan Allah akan memaksimalkan keutamaan malam Syaban itu sendiri.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now