Blog / Wedding Ideas / Ketahui Peran Bridesmaid dan Maid of Honor, Serta Mengapa Anda Memerlukannya di Pernikahan Anda

Ketahui Peran Bridesmaid dan Maid of Honor, Serta Mengapa Anda Memerlukannya di Pernikahan Anda

Color:
Add To Board
ketahui-peran-bridesmaid-dan-maid-of-honor-serta-mengapa-anda-memerlukannya-di-pernikahan-anda-1

Photography: David Salim Photography

Tak lengkap rasanya apabila Anda tidak didampingi oleh sahabat terdekat Anda di hari pernikahan. Sebagai sosok yang spesial di hidup Anda, sahabat Anda akan berperan sebagai bridesmaid atau maid of honor yang siap mengiringi, serta memberikan dukungan di hari bahagia Anda. Namun, mungkin beberapa dari Anda mengalami kebingungan dalam menentukan siapa yang cocok menjadi bridesmaid dan siapa yang lebih tepat untuk menjadi maid of honor. Berikut kami berikan beberapa tipsnya.

Peran Bridesmaid atau Pengiring Pengantin Perempuan

Ketahui Peran Bridesmaid dan Maid of Honor, Serta  Mengapa Anda Memerlukannya di Pernikahan Anda Image 1
Fotografi oleh MORDEN

Peran pengiring pengantin perempuan atau yang biasa disebut bridesmaid adalah orang yang posisinya paling dekat dengan Anda selain pasangan dan keluarga Anda ketika acara pernikahan berlangsung. Mereka bertugas untuk membantu jika Anda menginginkan bantuan kecil, seperti mengambilkan tisu dan minum, merapikan gaun pengantin, dan sebagainya. Bantuan-bantuan seperti ini mungkin sederhana, tapi sangat berharga bagi seorang calon mempelai yang biasanya dilanda kegugupan mendekati beberapa jam sebelum pernikahan. Oleh karena itu, bridesmaid umumnya berjumlah lebih dari satu orang, bahkan bisa mencapai 10 orang. Berikut fungsi dan tugas bridesmaid pada umumnya:

1. Menjadi orang yang paling utama diandalkan ketika mempelai perempuan membutuhkan sesuatu
Sebagai mempelai perempuan yang sudah berpenampilan anggun dengan gaun yang memesona, tentunya Anda tidak bisa melakukan hal-hal tertentu sendirian, misalnya kebutuhan yang bersifat privasi, seperti ke kamar kecil. Bridesmaid juga dapat membantu hal-hal kecil lainnya yang sangat berpengaruh pada penampilan Anda, seperti mengambilkan tisu ketika Anda menangis saat akad nikah atau pemberkatan, mengambilkan Anda minum, dan lain sebagainya.

2. Merapikan gaun mempelai perempuan agar tetap rapi
Sebagai mempelai, Anda mungkin akan kesulitan dalam mengatur kondisi gaun pengantin Anda, terlebih lagi jika Anda mengenakan ball gown yang berat Bridesmaid sangat berperan penting dalam hal ini, yaitu merapikan gaun Anda ketika Anda sedang berpose untuk foto, setelah duduk atau berdiri, bahkan memastikan keamanan Anda ketika berjalan agar jangan sampai gaun Anda terinjak oleh Anda sendiri atau orang lain.

3. Memerhatikan penampilan mempelai perempuan
Bridesmaid Anda memiliki tanggung jawab untuk memerhatikan setiap penampilan Anda, mulai dari persiapan hari H, akad nikah atau pemberkatan, acara adat, hingga resepsi. Bridesmaid perlu memerhatikan tampilan riasan wajah dan rambut Anda, serta memastikan tidak ada makeup yang luntur atau rambut yang terurai pada riasan sanggul Anda. Selain riasan, bridesmaid juga perlu menjaga penampilan gaun pengantin Anda untuk memastikan apakah terdapat noda, serta detail busana, seperti kain yang sobek atau payet yang lepas dari gaun pengantin Anda. Jika hal itu terjadi, bridesmaid perlu memanggil langsung maid of honor karena ia merupakan seseorang yang memegang kebutuhan privasi sang mempelai perempuan dan beberapa kontak vendor, seperti makeup artist atau perancang busana yang bisa menindak langsung jika ada kesalahan pada penampilan Anda.

4. Membangun tim yang solid bersama anggota bridesmaid yang lainnya
Sebagai calon pengantin, tentunya Anda menginginkan sahabat-sahabat Anda berkumpul dan melengkapi kebahagiaan Anda. Kumpulkanlah para sahabat terdekat Anda sebagai bridesmaid di hari pernikahan Anda. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan anggota bridesmaid yang memiliki kepribadian yang cocok agar mereka kompak saat mengiringi Anda di hari pernikahan. Bridesmaid memerlukan kerja sama yang kompak dalam membantu sang mempelai perempuan. Setiap anggota bridesmaid akan dibagi tugasnya masing-masing oleh sang pemimpin bridesmaid, yaitu maid of honor.

5. Menjadi pendengar yang baik bagi mempelai perempuan
Selain mengiringi dan membantu keperluan Anda di hari pernikahan, bridesmaid juga merupakan orang yang siap mendengarkan setiap cerita atau keluh kesah Anda. Meskipun pernikahan merupakan hari yang bahagia, namun setiap peristiwa pasti memiliki keluh kesahnya tersendiri. Misalnya, ketika Anda merasa lelah karena seharian menyambut para tamu undangan atau mengikuti prosesi pernikahan yang panjang, curahkanlah segala rasa lelah Anda kepada bridesmaid karena hal itu akan membuat Anda sedikit lebih lega.

Peran Maid of Honor

Ketahui Peran Bridesmaid dan Maid of Honor, Serta  Mengapa Anda Memerlukannya di Pernikahan Anda Image 2
Fotografi oleh: diktatphotography

Sementara itu, ada juga seseorang yang berperan penting dalam pernikahan Anda, mulai dari persiapan pernikahan hingga hari H, yaitu maid of honor. Maid of honor berjumlah satu orang dan merupakan orang terpercaya bagi Anda, bisa sahabat atau saudara perempuan yang belum menikah. Selain membantu Anda sejak persiapan pernikahan yang memakan waktu beberapa bulan, maid of honor juga berperan dalam memimpin para bridesmaid dan mengorganisir tugas-tugas mereka. Seseorang yang sangat memerhatikan detail dan menghargai waktu cocok untuk mengambil peran ini karena maid of honor memiliki tanggung jawab untuk memastikan Anda tepat waktu menjalani prosesi pernikahan sesuai yang sudah dijadwalkan. Berikut beberapa tanggung jawab seorang maid of honor:

1. Menjadi orang terpercaya sang mempelai perempuan
Sejak awal merencanakan pernikahan, Anda memerlukan orang terpercaya untuk mendampingi Anda melewati setiap proses perencanaan pernikahan. Anda bisa memberikan kepercayaan tersebut kepada sahabat paling dekat atau saudara perempuan Anda sebagai maid of honor yang akan mendampingi Anda dari awal perencanaan pernikahan hingga hari H. Maid of honor akan membantu Anda menyiapkan daftar vendor, bridal shower, daftar tamu undangan, menyusun tugas para bridesmaid, dan sebagai orang terpercaya untuk mengamankan barang berharga Anda di hari H, seperti handphone, dompet, peralatan makeup, tisu, dan benda-benda lainnya yang Anda perlukan.

2. Memberikan dukungan moral dan menjadi pendengar yang baik untuk mempelai perempuan
Sebagai calon pengantin, terkadang rasa lelah menghampiri Anda dalam mempersiapkan pernikahan. Terjadinya konflik antara Anda dengan pasangan, orang tua, atau calon mertua merupakan hal yang memungkinkan dalam sebuah perencanaan pernikahan. Maid of honor yang merupakan orang terpercaya Anda bisa menjadi tempat keluh kesah Anda selagi merencanakan pernikahan. Sebagai maid of honor, ia harus bisa bersikap netral dan bijak untuk mendukung Anda, serta seluruh pihak yang terlibat dalam pernikahan. Dukungan dari maid of honor dapat meminimalisir stres yang Anda rasakan ketika menghadapi masalah dalam merencanakan pernikahan.

3. Membantu mempelai perempuan selama persiapan pernikahan hingga hari H
Selama persiapan pernikahan, maid of honor akan membantu Anda mengambil keputusan dalam memilih keperluan pernikahan. Ia juga bertugas untuk membantu mendata kebutuhan pernikahan, serta vendor-vendor yang akan berpartisipasi. Hingga tiba di hari H pernikahan, maid of honor perlu memastikan kehadiran vendor serta kelengkapan yang dibutuhkan. Peran maid of honor sangatlah penting ketika Anda memutuskan tidak menggunakan jasa wedding organizer profesional. Selain itu, maid of honor juga membantu Anda dalam persiapan penampilan Anda di hari H, seperti membantu memakaikan gaun atau sepatu, dan lain sebagainya yang Anda butuhkan.

4. Mengorganisir tugas para bridesmaid
Meskipun memiliki tanggung jawab yang besar terhadap sang mempelai perempuan, maid of honor juga memiliki peran penting dalam mengatur dan mengorganisir tugas para bridesmaid. Tujuannya agar kebutuhan pengantin perempuan di hari H bisa terpenuhi dengan baik oleh para bridesmaid yang sudah mengetahui detail tugas mereka.

5. Mempersiapkan pidato yang akan dibawakan saat acara resepsi pernikahan
Setiap sahabat atau orang terdekat pasti memiliki kesan dan pesan selama mengenal Anda. Terlebih lagi, jika orang tersebut sudah kenal Anda selama bertahun-tahun, bahkan sejak lahir, seperti saudara kandung perempuan. Maid of honor akan memberikan beberapa kesan, pesan, ucapan, dan harapan untuk kedua mempelai, terutama untuk sang mempelai perempuan, dalam bentuk pidato pendek yang disampaikan pada saat resepsi pernikahan.

Selain kehadirannya sangat membantu Anda di hari H, keuntungan lain memiliki bridesmaid dan maid of honor adalah Anda akan dibuatkan pesta lajang atau bachelorette party maupun bridal shower sebelum hari bahagia Anda tiba. Tentunya acara ini akan menjadi ajang yang sangat seru bersama para sahabat dan sebagai momen "beristirahat" sejenak dari rutinitas perencanaan pernikahan Anda yang melelahkan.

Vendors you may like