Blog / Wedding Ideas / Jangan Menurunkan Anggaran Pernikahan Anda pada 7 Hal Esensial Berikut Ini!

Jangan Menurunkan Anggaran Pernikahan Anda pada 7 Hal Esensial Berikut Ini!

Color:
Add To Board
jangan-menurunkan-anggaran-pernikahan-anda-pada-7-hal-esensial-berikut-ini-1

Pernikahan menjadi momen penting yang tidak akan pernah terlupakan seumur hidup. Untuk memaksimalkan hari bahagia mereka, sebagian besar pengantin akan secara royal memilih vendor pernikahan impian mereka meskipun harus merogoh anggaran yang tidak sedikit, namun sebagian lainnya akan melakukan segala cara juga untuk bisa lebih menghemat uang, salah satunya adalah dengan menyingkirkan suatu elemen pernikahan yang sekiranya masih dapat dikurangi. Hal ini tentu sah-sah saja apabila Anda menginginkan pernikahan berskala kecil yang tidak terlalu memakan banyak biaya, tetapi jangan sampai selebrasi pernikahan Anda menjadi kurang maksimal lantaran ada sejumlah aspek yang dengan sengaja Anda hilangkan. Berikut ketujuh elemen pernikahan yang sebaiknya tidak Anda kurangi secara berlebihan untuk menghemat anggaran.

  1. Gaun Pengantin
    Setiap mempelai wanita tentu memiliki gaun pengantin impiannya masing-masing yang sesuai dengan preferensi. Selain tata rias wajah dan rambut, busana inilah yang nantinya akan menyempurnakan penampilan Anda sebagai ratu dalam sehari di hari bahagia. Itulah mengapa sebaiknya Anda tidak perlu terlalu banyak mengurangi anggaran pada elemen yang satu ini, tetapi jangan pula memaksakan diri untuk membeli gaun desainer ternama dengan harga yang sangat mahal. Penting untuk memerhatikan bagaimana material, detail, dan ukuran busana yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda agar selalu nyaman saat dikenakan sepanjang acara, mungkin Anda juga bisa memilih sebuah busana yang mencerminkan kepribadian Anda untuk membuatnya tampak menyatu dengan diri Anda sepenuhnya.
  2. Sepatu
    Selama berlangsungnya acara, besar kemungkinan Anda akan terus berdiri dan melangkah untuk menyapa para tamu undangan. Tentu saja Anda tidak akan bisa bergerak dengan leluasa apabila sepasang sepatu yang melekat di kaki Anda tidak dibuat dalam kualitas terbaik. Sepatu pengantin yang Anda pilih harus benar-benar nyaman di kaki Anda dan terbuat dari material premium untuk menghindari risiko lecet atau sakit di bagian tumit. Untuk bisa mendapatkan sepatu berkualitas terbaik, Anda mungkin harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit, tetapi sepasang sepatu yang awet dan bisa digunakan kembali di kemudian hari merupakan sebuah 'investasi' jangka panjang yang perlu Anda lakukan.
  3. Penata Rias dan Rambut
    Riasan wajah pengantin wanita tidak hanya harus terlihat sempurna, tetapi juga harus mampu melengkapi penampilan Anda secara keseluruhan. Begitu pula dengan penata rambut yang merupakan bagian terpenting untuk menciptakan gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah Anda. Itulah mengapa dibutuhkan penata rias terlatih dan profesional untuk menciptakan perpaduan sempurna antara riasan dan busana yang Anda kenakan. Kisaran harga untuk vendor MUA dan hair stylist memang bisa cukup tinggi untuk saat ini, tetapi Anda tentu membutuhkan seorang profesional dengan jam terbang yang tinggi untuk bisa menyulap penampilan Anda secara maksimal, bukan?
  4. Fotografi dan Videografi
    Jangan pernah menurunkan anggaran Anda pada vendor pernikahan yang satu ini. Foto dan video telah lama dianggap sebagai kenang-kenangan yang sempurna untuk mengabadikan sebuah peristiwa berharga. Anda tidak akan bisa mengulangi kembali momen bahagia tersebut apabila kualitas dokumentasi dari vendor yang Anda pilih ternyata memberikan hasil yang buruk dan tidak sesuai dengan harapan Anda. Oleh karena itu, penting untuk benar-benar melakukan riset dengan baik serta mempelajari bagaimana portofolio, ulasan, dan sepak terjang mereka saat tibanya Anda harus memilih fotografer pernikahan profesional.
  5. Gedung Pernikahan
    Apakah Anda berencana menggelar pernikahan berskala besar, atau hanya mengundang sebagian kecil keluarga dan kerabat dekat saja? Pikirkan dengan baik bagaimana Anda dapat mengumpulkan orang-orang tercinta ke dalam sebuah gedung pernikahan terbaik yang menjamin kenyamanan dan pelayanan mumpuni. Apa pun bentuk perayaan janji suci Anda, tentu pemilihan gedung pernikahan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kendati demikian, tak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada gedung pernikahan yang Anda impikan. Venue yang telah didukung dengan gaya arsitektur terbaik bahkan bisa membuat Anda lebih menghemat anggaran untuk dekorasi pernikahan, hal ini lantaran bangunan gedung pernikahan tersebut sudah lebih dari cukup untuk menjadi latar belakang yang sempurna. Anda tidak membutuhkan lebih banyak elemen lagi untuk mempercantik setiap sudutnya.
  6. Buket Pengantin
    Siapa bilang bahwa buket pengantin tidak memainkan peran yang cukup fundamental dalam sebuah perayaan pernikahan? Kehadiran buket pengantin merupakan bagian terpenting pada keseluruhan tema pernikahan dan busana mempelai wanita ketika ia berjalan menuju pelaminan. Perannya dalam estetika pengantin modern menjadi salah satu keputusan terpenting yang perlu diambil oleh calon pengantin, mulai dari jenis bunga, bentuk, warna, dan arti dari bunga tersebut harus benar-benar Anda pertimbangkan sebaik mungkin untuk merepresentasikan siapa diri Anda yang sebenarnya.
  7. Perencana Pernikahan Profesional
    Berencana menggunakan bantuan profesional seperti wedding planner untuk mengatur seluruh rangkaian acara pernikahan Anda? Tandanya, Anda harus siap untuk menggelontorkan dana yang jauh lebih tinggi dari yang seharusnya. Pastikan Anda meluangkan waktu sedikit lebih banyak untuk menelusuri perencana pernikahan profesional yang memiliki reputasi terbaik dari klien mereka. Cari tahu bagaimana latar belakang mereka, cara kerja, ulasan, dan portofolio vendor tersebut melalui media sosial yang mereka punya. Anda juga dapat meminta rekomendasi dari teman, keluarga, atau rekan kerja yang baru saja menikah sebelum menghubungi perencana pernikahan untuk berkonsultasi. Jadi, persiapkan alokasi dana pernikahan Anda dengan cukup agar bisa mengambil perencana pernikahan berkualitas. Bagaimanapun, Anda pasti tidak ingin momen paling penting dalam hidup Anda tidak berada di tangan yang tepat, bukan?

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now