Blog / Wedding Ideas / Inilah 6 Kiat Antisipasi Cuaca Hujan di Hari Pernikahan

Inilah 6 Kiat Antisipasi Cuaca Hujan di Hari Pernikahan

Color:
Add To Board
inilah-6-kiat-antisipasi-cuaca-hujan-di-hari-pernikahan-1

Photography: Berawal Dari Teman

Cuaca yang tidak bersahabat di hari pernikahan tentu menjadi hal terakhir yang diinginkan oleh setiap calon pengantin, terutama saat tibanya musim penghujan. Beberapa kebudayaan mungkin melihat hujan sebagai simbol buruk atau pertanda yang kurang baik, tetapi dalam kepercayaan Hindu, turunnya hujan di hari pernikahan justru adalah tanda bahwa pernikahan tersebut akan terikat kuat. Apa pun itu, mayoritas pasangan yang akan menikah pasti lebih mengharapkan cuaca cerah agar acara pernikahan mereka dapat berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan yang berarti.

Mungkin Anda bisa memantau situs perkiraan cuaca secara berkala untuk melihat apakah tanggal yang Anda pilih berpotensi turun hujan atau tidak, tetapi hal tersebut tidaklah cukup. Para pasangan harus mempersiapkan rencana darurat untuk menghadapi kemungkinan turunnya hujan, apalagi bila Anda berencana mengadakan pesta di luar ruangan. Ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat diambil oleh calon pengantin untuk mengantisipasi cuaca buruk dan menjaga kelancaran acara. Simak saran-saran berikut ini.

Inilah 6 Kiat Antisipasi Cuaca Hujan di Hari Pernikahan Image 1
Akreditasi: Berawal Dari Teman

  1. Rundingkan dengan Perencana Pernikahan
    Bekerja sama dengan perencana pernikahan akan lebih memudahkan Anda untuk mengembangkan strategi pencegahan cuaca buruk. Hal ini lantaran mereka yang telah berkecimpung di industri pernikahan sejak lama sudah benar-benar mengetahui bagaimana harus menyikapi situasi seperti ini. Apabila Anda menemukan bahwa prediksi cuaca mengatakan akan turun hujan deras saat hari H, segera diskusikan dengan perencana pernikahan Anda untuk mencari jalan keluarnya. Apakah itu dengan memindahkan venue pernikahan ke dalam ruangan, atau tetap berada di lokasi yang sama dengan memastikan bahwa segala logistik yang diperlukan bisa disesuaikan meski hujan tengah turun.

    Inilah 6 Kiat Antisipasi Cuaca Hujan di Hari Pernikahan Image 2
    Akreditasi: Lemia Project
  2. Buatlah Plan B atau Rencana Cadangan
    Belum memutuskan untuk mengambil lokasi pernikahan tertentu? Artinya, Anda masih memiliki kesempatan untuk mencari venue pernikahan yang memang memiliki plan B khusus jika terjadi hujan saat hari H. Misalnya, Anda yang berencana menggelar pernikahan di ruang terbuka bisa memilih venue yang juga telah menyediakan lokasi alternatif tertutup untuk menampung para tamu di kala hujan. Pastikan juga lokasi tersebut benar-benar layak dan kondusif untuk digunakan pada saat darurat. Apabila Anda tetap ingin perayaan tersebut dilangsungkan di luar ruangan, sangat disarankan untuk mempertimbangkan penggunaan tenda sebagai langkah antisipasi terhadap hujan. Keberadaan tenda mampu memberikan perlindungan langsung terhadap hujan dengan menjaga dekorasi, peralatan pernikahan, dan logistik Anda tetap kering. Ini sangat penting untuk kenyamanan tamu dan kelancaran prosesi acara. Sebelum memilih tenda, pastikan untuk berbicara terlebih dahulu dengan pihak pengelola gedung pernikahan untuk mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan lokasi dan kebutuhan acara Anda.
  3. Lindungi Bagian Bawah Gaun Pengantin Anda
    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melindungi bagian bawah gaun pengantin Anda saat terjadinya hujan, mulai dari memakai petticoat atau dalaman rok, menggulung lapisan rok satu sama lain, menyemprotkan cairan pelindung anti noda, hingga meminta bantuan kepada pengiring pengantin Anda untuk mengangkat bagian bawah gaun pengantin. Jangan lupa kenakan payung!

    Inilah 6 Kiat Antisipasi Cuaca Hujan di Hari Pernikahan Image 3
    Akreditasi: Berawal Dari Teman
  4. Siapkan Perlengkapan Pribadi yang Menunjang
    Payung menjadi salah satu item yang wajib Anda bawa untuk mengantisipasi hujan. Perjalanan dari area lobi hingga ke lokasi pernikahan mungkin saja mengharuskan Anda untuk berjalan di luar ruangan terlebih dahulu selama beberapa saat. Nah, payung inilah yang akan melindungi Anda dan pasangan dari terpaan air hujan. Jika Anda ingin tetap terlihat bagus saat difoto, memilih jenis payung transparan adalah yang terbaik. Jangan lupa untuk membawa sepasang sepatu ganti untuk berjaga-jaga, kemudian beri pelindung tumit agar sepatu Anda tidak tenggelam ke dalam tanah yang tergenang saat sedang melangkah. Anda mungkin juga akan membutuhkan hair dryer untuk mengeringkan rambut yang basah saat terkena rintikan hujan.
  5. Sediakan Perlengkapan Pelindung untuk Tamu Undangan
    Buat tamu undangan Anda merasa terkesan dengan sederet persiapan khusus yang Anda lakukan untuk mengantisipasi hujan. Anda mungkin sudah memberi saran kepada setiap tamu untuk membawa mantel dan payung pribadi lewat undangan atau pesan broadcast, tetapi berusaha untuk menyediakan sejumlah payung di dekat pintu masuk akan membuat mereka merasa lebih dihargai. Untuk membuatnya semakin menarik, berikan sentuhan yang lebih personal pada pemilihan desain dan warna payung agar sesuai dengan tema pernikahan Anda.

    Inilah 6 Kiat Antisipasi Cuaca Hujan di Hari Pernikahan Image 4
    Akreditasi: Lemia Project
  6. Manfaatkan Momentum Hujan dengan Sederet Aktivitas Menyenangkan
    Cuaca buruk memang seketika mampu mengubah suasana hati, tetapi jangan sampai Anda terlalu larut dalam pemikiran bahwa hujan dapat seketika merusak rencana yang sudah Anda susun di hari bahagia. Karena faktanya, setiap pasangan bisa menyulap momentum tersebut menjadi suatu perayaan yang lebih unik dan menyenangkan. Misalnya saja, apabila hujan mulai turun di tengah pesta resepsi, Anda berdua bisa mengajak seluruh tamu undangan untuk menari bersama di bawah tetesan hujan sambil memegang payung. Mengambil sedikit waktu untuk mengadakan sesi foto romantis bersama pasangan di tengah rintikan hujan juga bisa menjadi salah satu ide yang brilian. Fotografer berpengalaman akan membantu Anda untuk menciptakan potret-potret yang kreatif, entah dengan refleksi air yang tercipta ataupun percikan air hujan sebagai estetika.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now