Blog / Wedding Ideas / Inilah 5 Bulan Baik untuk Menikah di Tahun 2023 Menurut Islam

Inilah 5 Bulan Baik untuk Menikah di Tahun 2023 Menurut Islam

Color:
Add To Board
inilah-5-bulan-baik-untuk-menikah-di-tahun-2023-menurut-islam-1

Photography: Hijaz Pictura

Bulan Syawal dianggap sebagai hari yang baik untuk melangsungkan pernikahan. Dalam tanggalan Islam, bulan Syawal adalah bulan kesepuluh dalam kalender Hijriah. Pada tanggal 1 Syawal, umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri, setelah menjalani ibadah puasa di bulan sebelumnya yaitu bulan Ramadan.

Inilah 5 Bulan Baik untuk Menikah di Tahun 2023 Menurut Islam Image 1
Akreditasi: LAKSMI - Kebaya Muslimah & Islamic Bride

Mengapa bulan Syawal dianggap sebagai bulan yang baik untuk menikah?

Sebenarnya dalam Islam dikatakan bahwa semua hari adalah hari baik. Lalu mengapa bulan Syawal diidentikkan dengan bulan yang baik untuk melangsungkan pernikahan? Ada beberapa alasannya.

Pertama, bulan Syawal adalah bulan meningkatkan amalan ibadah agar amalan di bulan Ramadan terus berkelanjutan. Kedua, ada banyak peristiwa penting terjadi di bulan Syawal. Adapun peristiwa yang spesifik berkaitan dengan pernikahan adalah tepat di bulan inilah Rasulullah SAW menikah dengan Aisyah.

merupakan bulan peningkatan amal ibadah agar amalan di bulan Ramadan terus berkelanjutan bahkan ditingkatkan pada bulan ini. Tak hanya itu, di bulan Syawal banyak peristiwa penting terjadi, yang salah satunya adalah pernikahan Rasulullah SAW dengan Aisyah. Inilah yang kemudian membuat beberapa ulama kemudian menganjurkan menikah di bulan Syawal.

Rasulullah SAW menikah dengan Aisyah di bulan Syawal juga sebagai bentuk penolakan atas kepercayaan yang menyimpang tentang pasangan yang menikah di bulan ini akan berujung pada perceraian. Dijelaskan Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A., kepercayaan ini ada pada orang Arab Jahiliah. "Maka kepercayaan yang menyimpang ini kemudian ditolak Rasulullah melalui pernikahannya dengan Aisyah yang dilakukan tepat di bulan Syawal."

Untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW, maka banyak ulama yang kemudian menganjurkan untuk menikah di bulan Syawal. Terutama menurut para ulama Syafi'iyah yang didasarkan pada hadis Aisyah. Adapun 1 Syawal 1444 Hijriah pada kalender masehi akan jatuh pada 21 April 2023. Artinya bulan Syawal akan berlangsung mulai dari 21 April sampai dengan 20 Mei 2023. Selain bulan Syawal ada juga empat bulan lain dalam kalender Islam yang dianggap baik melakukan pernikahan, berdasarkan hari pernikahan Rasulullah SAW, yaitu :

Inilah 5 Bulan Baik untuk Menikah di Tahun 2023 Menurut Islam Image 2
Akreditasi: LAKSMI - Kebaya Muslimah & Islamic Bride

Bulan Dzulqa'dah

Yang membuat bulan ini istimewa adalah Rasulullah SAW menyebutkan bulan ini sebagai salah satu dari empat bulan yang disebut sebagai bulan mulia. Bulan Dzulqa'dah juga sering diidentikkan sebagai ketenangan karena berlangsung di antara dua hari raya, yaitu Idul Fitri di bulan Syawal dan Idul Adha di bulan Dzulhijjah. Keistimewaan bulan ini semakin bertambah karena Rasulullah SAW menikah dengan Zainab binti Jahsyi bin Royab dan seorang janda berusia lanjut, Maimunah binti Al-Haris. Bulan ini akan berlangsung dari 20 Mei – 18 Juni 2023.

Bulan Muharram

Sama dengan bulan Syawal, bulan Muharram sebelumnya juga diklaim sebagai bulan yang akan mendatangkan ketidakharmonisan untuk melangsungkan pernikahan. Namun klaim ini tidak memiliki landasan agama yang jelas. Alhasil klaim semakin terbantahkan ketika Rasulullah SAW melangsungkan pernikahan di bulan Muharram dengan Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan. Adapun pada tahun ini, bulan Muharram akan berlangsung mulai dari 18 Juli – 16 Agustus 2023.

Bulan Safar

Keistimewaan bulan Safar adalah tepat di bulan inilah Rasulullah SAW menikahkan putrinya, Fathimah. Ini adalah putri Rasulullah SAW dengan Khadijah. Rasulullah SAW sangat menyayangi Fatimah. Setiap kali selesai bepergian, Rasulullah SAW akan menemui Fatimah terlebih dahulu baru kemudian menemui istri-istrinya. Maka hari pernikahan Fatimah, adalah salah satu hari spesial untuk Rasulullah SAW. Bulan Safar akan berlangsung mulai dari 17 Agustus – 14 September 2023.

Bulan Rabiul Awal

Pada kalender Islam, ini adalah bulan kelahiran Rasulullah SAW. Tak hanya itu, di bulan ini juga Rasulullah SAW menikah dengan Khadijah Binti Khuwailid, tepatnya pada 10 Rabiul Awal. Bulan Rabiul Awal akan berlangsung mulai dari 15 September – 14 Oktober 2023.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now