Blog / Wedding Ideas / Checklist yang Wajib Dilakukan oleh Mempelai Pria

Checklist yang Wajib Dilakukan oleh Mempelai Pria

Color:
Add To Board
checklist-yang-wajib-dilakukan-oleh-mempelai-pria-1

Salah satu mispersepsi tentang persiapan pernikahan adalah semuanya urusan pengantin perempuan. Faktanya, menurut Brides American Wedding, 32 persen laki-laki ternyata menyebutkan pernikahan adalah salah satu hari yang sudah mereka impikan sejak lama. Dan sementara hanya 27 persen perempuan yang menyatakan hal yang sama. Survei ini dilakukan Brides American Wedding pada 2020 lalu.

Kalau merujuk pada hasil survei tersebut berarti calon pengantin laki-laki sangat ingin menjadikan pernikahan sebagai hari yang spesial dan unik. Ini semakin diperkuat dengan hasil survei yang sama yang mengatakan 40 persen laki-laki juga ingin membagikan momen spesial hari pernikahan mereka di Instagram. Bahkan mereka ingin membuat tampilan Instagramnya berbeda di hari itu.

Hal tersebut diamini oleh Annie Lee, Principal Planner Daughter of Design. Menurut Lee pengantin laki-laki saat ini sangat ingin melibatkan diri dan hadir dalam setiap dinamika persiapan pernikahan. Jadi ketika ditanya sebenarnya sejauh mana calon pengantin laki-laki bisa terlibat? Lee menjawab begini, "Sama dengan calon pengantin perempuan, mulai dari menentukan tempat, membuat daftar tamu, mengkalkulasi budget, memilih makanan, musik, dan dekor."

Dan tentu akan jadi lebih mudah jika calon pengantin laki-laki bisa menjadi semacam "ketua tim" keluarganya. Artinya segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan keluarga pengantin laki-laki akan diatur dan dikomunikasikan kepada calon pengantin laki-laki. Ini tentu akan memperkecil risiko terjadinya selisih paham antara keluarga calon pengantin laki-laki dengan calon pengantin perempuan. "Bayangkan saja Anda adalah ketua tim dari keluarga dan teman-teman Anda. Jadi semua dari sisi pengantin laki-laki adalah tanggung jawab Anda," imbuh Lee.

Tanggung jawab itu tentu akan membuat Anda kelimpungan karena harus memilih attire yang pas untuk Anda dan groomsmen, wedding band yang diinginkan, sampai memilih hadiah yang cocok untuk groomsmen. Tenang. Jangan panik. Bridestory siapkan checklist yang akan memudahkan "pekerjaan" calon pengantin laki-laki dalam mewujudkan hari pernikahan impian.

Checklist yang Wajib Dilakukan oleh Mempelai Pria Image 1

Check list Mempelai Pria saat Persiapan Pernikahan

  1. Libatkan Diri Lebih Aktif dalam Wedding Planning
    "Baik calon pengantin laki-laki maupun calon pengantin perempuan, keduanya punya tanggung jawab yang sama untuk mewujudkan hari pernikahan yang diimpikan," ucap Lee. Artinya keduanya harus sama-sama menyuarakan apa yang menjadi kebutuhan dan kemampuan untuk mewujudkannya. Biasanya pada tahap ini calon pengantin perempuan lebih banyak mengungkapkan apa yang menjadi keinginannya, padahal peran yang sama juga ada pada calon pengantin laki-laki. Jadi Lee menekankan kepada para calon pengantin laki-laki untuk lebih percaya diri dalam menyampaikan saran dan masukan pada tahap weddinng planner ini. "Ingatlah bahwa butuh dua pihak untuk mewujudkan pernikahan!"
  2. Komunikasi Lebih Aktif dengan Pihak Keluarga Anda
    Salah satu hal yang paling sulit dan riskan adalah komunikasi dengan pihak keluarga. Masing-masing keluarga memiliki gaya komunikasinya masing-masing, karena itu kedua calon pengantin sebenarnya berperan mewakili keluarganya. Hal yang sederhana tapi sering kali menciptakan friksi adalah daftar tamu undangan. Jika sudah disepakati total tamu undangan dan pembagiannya, maka segala urusan alamat dan pengaturan tempat duduk tamu undangan dari pihak pengantin laki-laki adalah tanggung jawab calon pengantin laki-laki. Maka sebaiknya Anda yang langsung berkomunikasi dengan pihak keluarga Anda tentang pengaturan undangan.
    Jika orang tua Anda berkomitmen untuk membantu secara finansial, maka sah-sah saja jika mereka menginginkan sesuatu yang "lebih". Apalagi jika pihak keluarga membantu finansial untuk kebutuhan yang spesifik. Misalkan orang tua Anda menyanggupi pembayaran untuk makanan di luar menu utama, maka sah-sah saja jika mereka memilih menunya. Tapi tetap komunikasikan hal ini kepada pasangan, sehingga semuanya diketahui kedua belah pihak.
  3. Memilih Attire dan Cincin Pernikahan
    Sama seperti pengantin perempuan, sebaiknya Anda memilih sendiri untuk pakaian atau attire yang akan digunakan pada hari pernikahan. Tentukan juga bagaimana tampilan para groomsmen atau pengiring Anda. Sebelum memilih jenis jas yang diinginkan, sebaiknya tentukan dulu style wedding yang Anda impikan. Apakah dilakukan di ballroom atau outdoor; Apakah konsepnya intimate atau tidak? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda dalam menentukan tema serta gaya pakaian yang cocok dengan tema tersebut. Jika Anda ingin bergaya formal maka pakaian yang cocok adalah classic black tuxedo. Tapi jika Anda ingin perayaan bernuansa ceria di pantai, maka navy suit tidak hanya nyaman tapi tetap terlihat elegan.
    Pengantin laki-laki juga berhak bersuara atas cincin pernikahan yang diinginkan. Anda bisa menentukan materialnya, warnanya dan model. Apapun yang Anda pilih nantinya, kunci utamanya adalah Anda harus merasa menjadi diri sendiri!
  4. Membelikan Hadiah untuk Pengiring Anda
    Sebagai ucapan terima kasih kepada groomsmen atau pengiring Anda, belikan hadiah yang cocok untuk mereka. Karena mereka sudah bersedia meluangkan waktunya untuk mendampingi Anda di momen penting dalam hidup Anda. Biasanya para calon pengantin laki-laki kesulitan untuk menemukan hadiah yang cocok, padahal pilihannya sangat beragam mulai dari gelas minuman dengan cetakan nama, kancing manset dengan ukiran inisial nama. Atau agar terasa lebih personal dan bisa dipakai sehari-hari bisa juga hadiah berupa paket yang berisi dasi, ikat pinggang, botol minum, minyak rambut dengan desain yang unik.


Checklist Pengantin Pria saat Hari Pernikahan

Checklist yang Wajib Dilakukan oleh Mempelai Pria Image 2

  1. Tepat Waktu
    Mungkin ini terkesan simpel tapi percayalah pada hari pernikahan ada banyak sesi berpindah-pindah tempat dan semuanya harus dilakukan sesuai timeline agar acara berlangsung lancar. Memang pengantin laki-laki tidak menjalani sesi makeup yang panjang seperti pengantin perempuan, tapi persiapan yang panjang biasanya adalah bersama para pengiring. Belum lagi harus menjalani sesi foto bersama pengiring yang bisa jadi memakan waktu lama. "Saya selalu mengatakan kepada klien bahwa mereka adalah bintang utama. Dan sebagai bintang utama kelancaran acara akan sangat bergantung pada kehadiran mereka yang tepat waktu," tegas Lee.
  2. Persiapkan Keluarga dengan Baik
    "Lagi-lagi, ingatlah bahwa Anda adalah ketua dari tim keluarga Anda. Jadi manage keluarga dari sisi Anda dengan baik. Pastikan segala kebutuhan mereka sudah terpenuhi dan semuanya siap pada waktu yang sudah ditentukan," Lee kembali mengingatkan. Memang pada hari H tidak mungkin Anda menangani semuanya, karena Anda pasti sudah fokus pada prosesi pernikahan yang akan dijalani. Peran Anda dalam kaitannya dengan mempersiapkan keluarga adalah sebagai mediator. Tentukan siapa dari pihak keluarga yang menjadi "tangan kanan" Anda dalam menyampaikan segala kebutuhan kepada wedding organizer.

  3. Memberikan Hadiah kepada Pengiring
    Biasanya ini dilakukan di hotel, sebelum sesi foto bersama pengiring. Setelah memberikan hadiah kepada pengiring, pastikan hadiah yang diberikan disimpan di tempat yang aman.
  4. Nikmati Setiap Prosesnya
    Setelah persiapan yang panjang dan menguras energi, hari yang Anda dan pasangan tunggu pun akhirnya tiba. Nikmati momennya. Dan ketika semua prosesi selesai, berjalan santai dengan pasangan bisa menjadi cara simpel untuk menghapus semua kelelahan serta ketegangan.


Checklist Pengantin Pria Setelah Hari Pernikahan

Checklist yang Wajib Dilakukan oleh Mempelai Pria Image 3

  1. Pastikan Semua Barang Anda dan Pasangan Tak Tertinggal di Hotel
    Memang bukan akhir dari dunia kalau ternyata ada barang-barang kita yang tertinggal di hotel. Tapi percayalah setelah acara pernikahan yang Anda inginkan adalah bersantai di rumah. Jadi memastikan semua barang dibawa kembali pulang akan menghemat energi Anda.
  2. Mengembalikan Pakaian
    Jika Anda menyewa pakaian pernikahan, pastikan pengembaliannya sesuai waktu yang ditentukan. Karena biasanya ada biaya tambahan kalau pakaian yang disewa tidak dikembalikan tepat waktu. Atau jika Anda menugaskan seseorang untuk mengembalikannya karena Anda dan pasangan tengah bulan madu, pastikan Anda menghubungi orang tersebut untuk pengembalian pakaian.
  3. Menyusun Album Foto Pernikahan
    Setelah fotografer memberikan foto-foto hari pernikahan, Anda dan pasangan bisa untuk memilih beberapa foto yang akan dijadikan dalam satu album. Tidak hanya untuk album khusus pernikahan, Anda dan pasangan juga bisa memilih foto yang akan diperbesar atau yang akan dipajang di ruang tertentu di rumah.
  4. Menulis Ucapan Terima Kasih
    Jangan lupa untuk menulis ucapan terima kasih kepada teman atau keluarga atas hadiah yang Anda serta pasangan terima. Jika Anda dan pasangan ingin terasa lebih personal dengan menuliskan ucapan terima kasih dengan tulisan tangan, maka agar tidak kelelahan cobalah untuk menulis 5-10 tulisan setiap hari. Dengan begitu tulisan tetap terlihat rapi dan "tugas" untuk menuliskan ucapan terima kasih bisa diselesaikan dengan cepat.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now