Blog / Wedding Ideas / Cara Mudah Mengukur Jari untuk Cincin Supaya Pas!

Cara Mudah Mengukur Jari untuk Cincin Supaya Pas!

Color:
Add To Board
cara-mudah-mengukur-jari-untuk-cincin-supaya-pas-1

Setiap calon pengantin tentu menginginkan sebuah cincin pertunangan atau pernikahan yang sempurna. Bukan hanya soal pemilihan desain atau batu berlian semata, namun cincin tersebut harus mampu melingkar dengan sebaik mungkin seolah-olah memang dibuat secara khusus untuk Anda seorang. Oleh karena itu, sebelum Anda menjatuhkan pilihan pada sebuah cincin pertunangan, penting untuk mengetahui lebih dulu bagaimana cara memilih ukuran cincin yang paling cocok dengan jari tangan Anda. Cincin yang terlalu longgar akan lebih berisiko mengalami kehilangan, sementara cincin yang terlampau sempit bisa membuat penggunanya merasa tidak nyaman karena terasa sakit dan berakhir sulit untuk dilepas.

Kami mengerti bahwa tidak semua orang bisa mengunjungi toko perhiasan untuk berkonsultasi secara langsung, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mencari tahu berapa ukuran cincin pernikahan Anda secara mandiri di rumah. Ada banyak metode yang bisa Anda lakukan untuk menemukan ukuran cincin pernikahan yang sesuai, baik itu dengan seutas benang, kertas pengukur, ataupun tabel ukuran cincin. Ikuti panduan berikut ini untuk mendapatkan cincin pernikahan dengan ukuran yang akurat.

Cara Mudah Mengukur Jari untuk Cincin Supaya Pas! Image 1

Cara Menentukan Ukuran Cincin Pernikahan Anda

Saatnya untuk mencari tahu berapa ukuran cincin yang benar-benar sesuai dengan jari tangan Anda sebelum menghampiri toko perhiasan. Salah satu metode yang paling tepat untuk mengukur cincin Anda adalah dengan menggunakan bantuan alat pengukur cincin. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah untuk mendapatkan diameter dan keliling cincin, dengan mencetak pengukur berikut.

Cara Mudah Mengukur Jari untuk Cincin Supaya Pas! Image 2
Unduh pengukur jari di sini

Demi mendapatkan hasil terbaik, sebelum mencetak halaman ini, pastikan opsi "Scale to Fit" tidak tercentang di kotak dialog cetak.


  1. Ukur dengan Bridestory Ruler
    Ini adalah teknik mengukur cincin dengan kertas pengukur yang dapat dicetak. Pastikan untuk mencetak panduan sesuai ukuran sebenarnya (anda dapat mengukur diameter lingkaran menggunakan penggaris untuk memastikan tingkat keakuratan). Setelah Anda memotong kertas pengukur, potong garis di bagian tengah dengan hati-hati untuk membuat celah. Kemudian, lilitkan kertas pemotong di sekitar pangkal jari Anda dan tarik bagian ujung yang meruncing untuk masuk melalui celah. Untuk memastikan cincin pas dengan nyaman, kami sarankan juga untuk mengukur buku jari Anda. Pilihlah ukuran cincin yang dapat masuk dan keluar dari jari Anda dengan mudah. Perhatikan tabel di bawah ini untuk menentukan ukuran cincin Anda. Merujuk pada tabel konversi, apabila hasil keliling lingkar jari adalah 49.5 mm, maka ukuran cincin yang cocok dengan Anda adalah 10 atau 11.

    Cara Mudah Mengukur Jari untuk Cincin Supaya Pas! Image 3
  2. Bandingkan Ukuran Cincin Anda
    Untuk menemukan ukuran cincin yang sesuai, gunakan cincin lama yang sudah ada dan terasa pas dengan jari tangan Anda. Lalu, tempatkan sisi bagian dalam dari cincin itu dengan salah satu lingkaran di bawah ini. Ketika cincin Anda telah ditempatkan pada ukuran yang tepat, Anda hanya akan melihat lingkaran putih tanpa menyisakan sedikitpun celah berwarna di sisi bagian dalam cincin Anda. Jika ukuran ideal Anda berada di antara dua ukuran, sebaiknya pilih ukuran yang lebih besar.
  3. Gunakan Alat Pengukur Cincin (Ring Sizer)

    Cara Mudah Mengukur Jari untuk Cincin Supaya Pas! Image 4

    Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan alat pengukur khusus cincin yang terbuat dari plastik dan berfungsi seperti ikat pinggang. Cukup dorong bagian ujungnya melalui celah yang tersedia untuk membentuk sebuah cincin sembari menyelipkannya perlahan ke dalam jari tangan Anda. Ini menjadi salah satu cara yang dinilai paling akurat. Anda dapat menemukan ring sizer di berbagai toko online dengan harga terjangkau.
  4. Manfaatkan Seutas Tali
    Meski bukan termasuk teknik pengukuran yang bisa dikatakan akurat, namun keberadaan seutas tali bisa menjadi cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengukur cincin pernikahan. Pertama-tama, ambil seutas benang atau tali dan lilitkan di sekitar pangkal jari Anda, lalu tandai di mana bagian ujung benang atau tali saling tumpang tindih dengan pena. Lepaskan simpul tali tersebut dan regangkan panjang tali di sepanjang penggaris dalam milimeter. Lihat kembali tabel ukuran cincin untuk memastikan pengukuran Anda.

Tips jitu:

  • Ulangi tahap ini hingga 3-4 kali demi pengukuran yang lebih akurat.
  • Cobalah untuk tidak mengikat kertas terlalu kencang, cincin Anda harus terasa pas dengan nyaman.
  • Kemudian, lakukan pengukuran di malam hari saat jari Anda hangat. Karena jari tangan akan terasa lebih kecil saat di pagi hari.
  • Cincin Anda harus terasa mudah saat dimasukkan ke dalam jari dan sedikit lebih sulit ketika dilepas.
  • Tidak setiap jari manis di tangan kanan dan kiri memiliki ukuran yang sama. Jari manis sebelah kanan Anda mungkin berukuran lebih kecil atau lebih besar daripada jari manis di sebelah kiri Anda. Pastikan mengukur jari yang paling sering digunakan untuk memakai cincin agar benar-benar pas dan nyaman.

Cara Mengukur Cincin Pernikahan Secara Profesional

Melakukan teknik pengukuran cincin sendiri di rumah memang tidak sepenuhnya menjamin tingkat keakuratan, namun setidaknya metode tersebut bisa membantu Anda untuk mengetahui ukuran cincin saat tidak dapat melakukan konsultasi secara langsung dengan vendor perhiasan. Untuk mendapatkan ukuran cincin yang paling akurat, Anda dapat mengunjungi toko perhiasan dan menyerahkan seluruhnya kepada profesional.

Cara Mudah Mengukur Jari untuk Cincin Supaya Pas! Image 5

Sebagian besar toko perhiasan telah memiliki beragam alat pengukur dukungan guna memastikan ukuran cincin Anda, tak ketinggalan dengan satu set cincin perhiasan dalam setiap ukuran yang bisa Anda cocokkan secara langsung di pangkal jari Anda. Cara ini akan membuat Anda lebih yakin untuk memilih cincin pernikahan mana yang paling sesuai dengan ukuran jari tangan Anda. Ukuran cincin wanita yang paling umum adalah 5 hingga 7, sementara ukuran cincin rata-rata pria adalah 9 hingga 11. Pastikan untuk selalu memilih ukuran yang lebih besar bila ukuran cincin Anda berada di antara dua ukuran, karena tidak mudah untuk memperbesar ukuran cincin yang terasa sempit.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now