Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Orang Tua & Mertua Setelah Menikah

by Belle Biarezky [[ 1574992800000 | amDateFormat:'ll | HH:mm' ]] in Relationship Tips 

Colors:

  • Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Orang Tua & Mertua Setelah Menikah - 001

Membangun rumah tangga sendiri bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah dan cepat. Anda dan pasangan akan banyak melakukan hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah dilakukan sewaktu masih lajang, seperti memenuhi kebutuhan domestik sehari-hari, menyisihkan tabungan untuk anak, hingga quality time bersama pasangan. Waktu yang terkuras kadang membuat Anda tidak lagi menjalani komunikasi yang sering dengan orang tua, apalagi ketika Anda dan pasangan memiliki rumah sendiri.

Tidak hanya orang tua, berkomunikasi dengan mertua juga menjadi hal yang sebaiknya tetap dibina. Menjaga hubungan baik dengan keduanya tentu bisa membawa hal positif bagi kehidupan Anda dan pasangan sendiri. Simak beberapa cara menjalin hubungan harmonis dengan orang tua maupun mertua:

1. Mengunjungi 1 – 2 kali sebulan
Sebagai anak, tentu sebaiknya Anda dan pasangan yang rutin mengunjungi orang tua atau mertua setiap bulan. Baik kunjungan singkat maupun semalaman, jangan lupa untuk turut membantu jika mereka sedang mengerjakan beberapa pekerjaan rumah.

2. Mengobrol di telepon atau aplikasi chatting setiap minggu
Tidak harus menciptakan topik, obrolan ringan, seperti "sedang apa?" atau "sedang di mana?", sudah termasuk perhatian berharga yang bisa Anda berikan kepada orang tua.

3. Tanyakan sebuah saran atau nasihat
Orang tua senang memberi nasihat. Apalagi jika memang diminta, pasti mereka tidak keberatan untuk berbagi. Jangan malu untuk menceritakan kesulitan yang Anda hadapi, mereka akan memberikan saran dengan senang hati.

4. Pergi keluar makan setiap beberapa bulan sekali
Ajak orang tua dan/atau mertua pergi keluar makan di sebuah tempat yang spesial. Selain quality time bersama, momen ini juga bisa menjadi aktivitas yang menyegarkan di sela-sela rutinitas Anda yang melelahkan.

5. Alokasikan waktu bersama cucu
Jika Anda dan pasangan sudah dikaruniai buah hati, berikan waktu khusus di mana orang tua atau mertua Anda bisa menikmati waktu bersama sang cucu, seperti menemani mereka bermain di tempat bermain publik atau sekedar menyuapi mereka.

6. Memberikan kado di momen spesial
Jangan lupa menyiapkan hadiah pada kesempatan-kesempatan spesial, seperti hari ulang tahun, Hari Ibu/Ayah, atau mungkin ketika Anda mendapatkan bonus dari pekerjaan. Tidak harus berupa barang, tiket liburan atau sebuah voucher akomodasi istimewa juga pasti menyenangkan mereka.

Apakah saat ini Anda masih serumah dengan mertua? Simak tips dan trik tinggal satu rumah dengan mertua di artikel ini.


CREDIT TO VENDORS:

  • Photography: iStock

Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content ]]