Bridestory Unveiled The Podcast: Pengantin Baru, Simak Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

by Alycia Putri Jan 13, 2021 | 09:55 in Wedding Ideas  

Colors:

  • Bridestory Unveiled The Podcast: Pengantin Baru, Simak Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

Setelah melangsungkan pesta pernikahan, maka Anda dan pasangan akan memasuki kehidupan rumah tangga yang sesungguhnya. Membangun rumah tangga bukanlah suatu hal yang mudah. Akan ada banyak rintangan dalam perjalanan pernikahan Anda, salah satunya adalah perihal ekonomi dan keuangan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda dan pasangan untuk mulai mengatur keuangan. Tentunya ada perbedaan dalam mengelola keuangan ketika Anda masih single dengan sudah berkeluarga.

Bagi Anda dan pasangan yang merupakan sepasang pengantin baru, Anda dapat mengetahui cara mengelola keuangan rumah tangga dengan bijak melalui Bridestory Unveiled The Podcast yang membahas tentang mengatur keuangan untuk para newlyweds. Bersama dengan pasangan figur publik yang juga pengantin baru, Twinda Rarasati dan Narendra Pawaka dari Tentang Nada sebagai host di episode kali ini, serta Prita Ghozie, CEO & Principal Consultant dari ZAP Finance, akan membahas seputar tips dan trik keuangan rumah tangga bagi pengantin baru, mulai dari cara membagi pengeluaran dan pemasukan, strategi membeli rumah tempat tinggal, hingga tips menghitung tabungan dan investasi.

Brides, sebelum memutuskan untuk menikah, tidak hanya sifat, perilaku, dan latar belakang keluarga saja yang perlu dipahami oleh Anda dan pasangan. Namun, pendapatan, gaji, serta keuangan pun perlu diketahui oleh para calon pasangan suami-istri. Membahas tentang hal ini, Prita Ghozie memiliki lima pertanyaan yang perlu pasangan diskusikan sebelum menikah, yaitu:

  • Apakah uang adalah sumber kebahagiaan atau sumber stres?
  • Siapa yang akan mengatur keuangan rumah tangga?
  • Siapa yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga?
  • Bagaimana cara Anda membagi keuangan rumah tangga dengan keluarga besar?
  • Apakah Anda memiliki utang?

Dalam episode ini, Prita juga menjelaskan bahwa pada saat menikah, Anda dan pasangan perlu memahami kemampuan finansial untuk membeli rumah tinggal. "Seseorang dikatakan mampu membeli rumah tinggal jika kita bisa membeli rumah seharga lima kali penghasilan dalam setahun," jelas Prita. Di sini, Narendra pun juga membagi pengalamannya menabung sejak masih lajang, di mana hal tersebut meringankan kebutuhan rumah tangga di masa depan. "Kebetulan saya sudah menabung dari umur 21 tahun. Berarti, selama delapan tahun saya menabung sampai akhirnya punya rumah sendiri sehingga soal hunian tidak menjadi problem ketika sudah menikah," cerita penyanyi dan presenter ini.

Keuangan dalam rumah tangga merupakan hal yang krusial dan perlu dikelola dengan baik untuk masa depan Anda dan pasangan, maka dari itu jangan lewatkan Bridestory Unveiled The Podcast episode 25 yang bisa Anda saksikan di bawah ini!

Untuk mendengarkan di Spotify, klik tautan ini!


Temukan inspirasi pernikahan, pilihan vendor baru dan terbaik, serta beragam artikel menarik seputar tren dan hubungan pernikahan. Download aplikasi Bridestory sekarang di App Store dan Google Play Store

Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]

Show