Blog / Wedding Ideas / Biaya Tunangan Mulai dari Rp2 juta, Cek di Sini!

Biaya Tunangan Mulai dari Rp2 juta, Cek di Sini!

Color:
Add To Board
biaya-tunangan-mulai-dari-rp2-juta-cek-di-sini-1

Mulai dari lamaran, tunangan, prewedding, akad atau pemberkatan, hingga resepsi pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Setiap persiapan pernikahan perlu ditentukan biayanya agar tidak menguras tabungan Anda. Jika Anda sedang mempersiapkan sebuah pertunangan ada tiga keperluan inti yang perlu dibiayai, yaitu hantaran atau seserahan, cincin tunangan, dan biaya sumbangan kepada pihak keluarga calon mempelai wanita.

Biaya hantaran/seserahan

Sesuai dengan tradisi Indonesia, umumnya pihak keluarga calon mempelai pria wajib membawa hantaran atau seserahan ketika mendatangi rumah calon mempelai wanita yang biasanya berjumlah ganji. Standar harga keseluruhan paket hantaran atau seserahan biasanya memiliki jumlah nominal sekitar satu juta rupiah.

Biasanya barang hantaran disesuaikan dengan adat atau tradisi yang berlaku di daerah masing-masing. Tidak perlu malu ataupun gengsi, Anda bisa menyesuaikan biaya dan tidak melewati batas kemampuan Anda.

Biaya cincin tunangan

Dalam acara tunangan, Anda dan pasangan akan melakukan prosesi saling menyematkan cincin tunangan. Harga cincin tunangan bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp500.000,-. Tidak perlu memaksakan diri membeli cincin tunangan dengan warna atau model yang sama agar dianggap serasi. Jika ingin lebih menghemat biaya, Anda bisa memilih cincin tunangan dengan jenis logam perak, emas putih, dan palladium yang memiliki harga lebih murah.

Biaya sumbangan untuk pihak keluarga calon mempelai wanita

Biasanya, acara pertunangan akan dilangsungkan di rumah calon mempelai wanita. Menggelar acara tunangan membutuhkan biaya dan tenaga yang cukup besar, mulai dari dekorasi, katering, teknis, dan sebagainya.

Untuk memangkas biaya tunangan, Anda bisa meminta bantuan kerabat dekat untuk mengurus segala keperluan acara tunangan daripada menggunakan jasa wedding organizer yang membutuhkan biaya ekstra. Anda bisa membuat dekorasi dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar rumah, seperti pita, kain, kertas karton, tirai, atau DIY wedding decoration yang bisa kamu temukan tutorialnya di internet.

Biaya transportasi dan lain-lain

Untuk menuju ke kediaman calon mempelai wanita, tentunya Anda akan membawa rombongan keluarga. Standarnya, Anda akan mengeluarkan biaya mulai dari Rp300.000 untuk bensin mobil atau mungkin kurang dari itu apabila jarak rumahnya berdekatan dengan rumah Anda.

Dalam acara pertunangan, Anda juga membutuhkan jasa fotografer, makeup artist, dan busana. Jasa fotografer dan makeup artist bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih murah melalui teman atau saudara yang memiliki kemampuan tersebut. Busana untuk calon mempelai pria bisa menggunakan batik yang sudah ada, sementara untuk calon mempelai wanita bisa menggunakan kebaya saat kelulusan, atau meminjam dari teman dan saudara.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now