Blog / Wedding Ideas / Apa Saja Pertanyaan Penghulu Sebelum Akad Nikah?

Apa Saja Pertanyaan Penghulu Sebelum Akad Nikah?

Color:
Add To Board
apa-saja-pertanyaan-penghulu-sebelum-akad-nikah-1

Photography: TeinMiere

Tahukah Anda kalau tugas penghulu tidak hanya mengesahkan akad nikah? Secara de jure, tugas penghulu tidak hanya tentang pengesahan akad nikah tapi juga harus membimbing, membina serta memberi penyuluhan kepada masyarakat agar semakin paham serta menjalankan nilai Islam secara baik dan benar. Maka secara sederhana, penghulu merupakan representasi pemerintah yang bertugas menikahkan kedua mempelai untuk menggantikan wali dari keluarga. Tak hanya itu, seorang penghulu juga bisa berperan dalam pengesahan rujuk.

Karena salah satu fungsinya sebagai pembimbing dan pembina, maka juga diminta mengajukan serangkaian pertanyaan kepada calon pengantin, sebelum disahkan pada prosesi ijab kabul. Tujuannya untuk memastikan bahwa semua syarat akad nikah secara islam telah terpenuhi. Lantas pertanyaan-pertanyaan apa sajakah yang diajukan penghulu sebelum akad nikah?

# Penghulu akan bertanya tentang umur pengantin

Ini adalah tahap screening atau penyaringan untuk memverifikasi bahwa semua data yang disampaikan benar adanya. Artinya penghulu bisa saja meminta kartu identitas untuk mengonfirmasikannya. Sehingga semua data yang dicantumkan sudah sesuai dengan dokumen yang ada.

#Penghulu Menanyakan Status Pengantin

Penghulu wajib menanyakan status kedua pengantin, apakah belum pernah menikah, sudah pernah menikah atau telah bercerai (baik cerai hidup atau mati). Tak hanya sekadar bertanya secara lisan, penghulu juga akan meminta dokumen-dokumen yang dapat mendukung jawaban dari kedua pengantin.

#Penghulu akan Bertanya tentang Data Saksi serta Wali Nikah

Penghulu juga harus memastikan bahwa data saksi serta wali nikah adalah benar adanya. Setelah memeriksa data saksi dan wali nikah, penghulu akan menyampaikan fungsi dan peran dari saksi serta wali nikah. Adapun syarat menjadi saksi nikah adalah beragama Islam, baligh, laki-laki, sehat secara pikiran dan mental. Sementara syarat menjadi wali nikah adalah satu nasab dengan mempelai wanita, yaitu ayahnya atau yang sesuai dengan nasab ayahnya.

#Penghulu akan Mengucapkan Al Fatihah, Istighfar, dan Syahadat

Penghulu selalu membuka prosesi akad nikah dengan mengucapkan Al Fatihah, istigfar dan syahadat bersama seluruh tamu undangan yang hadir.

#Penghulu akan Bertanya tentang Urusan Pernikahan
Ini adalah semacam "pintu masuk" untuk penghulu menyampaikan nasihat terkait menjalani rumah tangga. Tapi tidak semua penghulu melakukan ini, namun mereka pasti memberikan nasihat. Bagaimana agar tidak gugup menjawab semua pertanyaan dari penghulu adalah dengan mengikuti bimbingan pranikah.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now