Blog / Wedding Ideas / 8 Tips dalam Memilih Fotografer Pernikahan

8 Tips dalam Memilih Fotografer Pernikahan

Color:


Add To Board
8-tips-dalam-memilih-fotografer-pernikahan-1

Photography: ILUMINEN

Momen selebrasi pernikahan tentunya harus diabadikan dengan sebaik mungkin oleh sebuah vendor wedding fotografer yang andal, mengingat ini merupakan momen sekali dalam seumur hidup. Dalam memilih fotografer pernikahan, Anda juga diharuskan untuk mempertimbangkan beberapa hal agar seluruh momentum dan juga detail yang ada di dalam pernikahan Anda bisa tertangkap dengan sempurna. Berikut beberapa tips yang dapat menuntun Anda untuk menemukan vendor fotografer terbaik.

1. Sesuaikan dengan budget Anda

8 Tips dalam Memilih Fotografer Pernikahan Image 1
Fotografi oleh: Ivan Mario Photography

Anggaran menjadi faktor utama bagi calon pengantin dalam menentukan fotografer pernikahan impiannya. Sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan, pastikan presentase budget yang akan Anda gunakan telah disisihkan secara khusus sebesar 10-15% dari total seluruh anggaran pernikahan. Kami menyarankan agar Anda dapat memilih fotografer terbaik sebagai investasi, mengingat album pernikahan haruslah memiliki kualitas gambar yang sempurna.

2. Pastikan mereka memiliki portofolio yang Menjanjikan

8 Tips dalam Memilih Fotografer Pernikahan Image 2
Fotografi oleh: Imagenic

Telusuri website dan media sosial milik sang fotografer untuk mendapatkan portofolio mereka. Tentunya akan menjadi nilai plus apabila mereka pernah menangani klien yang memiliki tema yang identik dengan Anda. Karena biasanya mereka sudah memiliki pengalaman yang lebih untuk melakukan pemotretan dengan aliran tersebut. Ini juga menjadi aspek penentu apakah Anda memutuskan untuk menggunakan jasa mereka atau tidak.

3. Jangan ragu untuk meminta full album pernikahan

8 Tips dalam Memilih Fotografer Pernikahan Image 3
Fotografi oleh: MORDEN

Biasanya, isi portofolio dari para vendor fotografer hanya menampilkan hasil jepretan terbaik mereka saja, mengingat adanya jumlah limit unggahan. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat meminta portofolio mereka dalam bentuk full album. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui detail penting apa saja yang akan mereka ambil serta bagaimana cara mereka mengabadikannya. Mintalah mereka untuk mengirimkan beberapa file berisi album lengkap dari selebrasi yang memiliki tema atau mood yang serupa dengan Anda.

4. Ketahui style yang Anda inginkan

8 Tips dalam Memilih Fotografer Pernikahan Image 4
Fotografi oleh: Solemn Studios

Setiap calon pengantin tentu memiliki style yang berbeda-beda untuk album pernikahan impiannya. Jika Anda belum menemukan inspirasi, mulailah dengan menyatukan personality, tema dekorasi, serta konsep pernikahan yang diusung. Apakah itu klasik, artistik, formal, penuh gaya, atau justru lebih cocok dengan foto jurnalistik? Vendor fotografer mungkin saja bisa menyanggupi apa yang Anda inginkan, namun sebenarnya setiap juru foto telah memiliki teknik dan ciri khasnya masing-masing. Jadi, untuk hasil terbaik, pilihlah fotografer dengan gaya fotografi yang paling sesuai dan bisa mewujudkan keinginan Anda.

5. Konsistensi pengambilan foto

8 Tips dalam Memilih Fotografer Pernikahan Image 5
Fotografi oleh: William Saputra Photography

Aspek terpenting dari sebuah album pernikahan adalah konsistensi pengambilan foto. Perhatikan dengan cermat kualitas gambar yang dihasilkan, terutama saat siang dan malam hari. Apakah bidikan mereka tetap terlihat tajam? Bagaimana dengan pencahayaan dan komposisi gambarnya? Apakah mereka tetap memperhatikan elemen-elemen visual yang mendukung? Kolaborasi latar belakang dengan sentuhan dimensi yang menarik tentunya menjadi keunggulan tersendiri.

6. Temukan referensi sebanyak mungkin

8 Tips dalam Memilih Fotografer Pernikahan Image 6
Fotografi oleh: Visuel Project

Masih belum yakin dengan kandidat fotografer yang Anda pilih? Carilah beberapa testimoni dari klien yang pernah menggunakan jasa mereka. Anda bisa mendapatkannya lewat media sosial sang vendor atau melalui kolom review pada profil vendor Bridestory. Jangan lupa untuk meminta referensi dari keluarga dan kerabat dekat Anda. Masukan dari mereka dapat membantu Anda dalam menyaring daftar vendor yang tengah Anda incar.

7. Lakukan konsultasi langsung dengan pertanyaan mendetail

8 Tips dalam Memilih Fotografer Pernikahan Image 7
Fotografi oleh: Lentera Wedding

Buatlah jadwal khusus untuk melakukan pertemuan bersama vendor fotografer pilihan Anda. Tanyakan beberapa pertanyaan khusus, mulai dari kesiapan tanggal, pemeriksaan latar belakang, gaya fotografi, logistik, hasil cetakan album, hingga harga paket yang ditawarkan. Penting untuk Anda mengetahui seperti apa cara kerja mereka mulai dari sebelum Hari H sampai proses pasca produksi, mengingat setiap vendor fotografer umumnya memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk menyelesaikan album foto Anda secara lengkap.

8. Perhatikan cara mereka berkomunikasi

8 Tips dalam Memilih Fotografer Pernikahan Image 8
Fotografi oleh: Slowhand Studios

Setelah melakukan diskusi alot, ingatlah kembali bagaimana cara mereka saat melayani Anda. Apakah mereka memahami kemauan Anda dengan baik? Apakah mereka dapat menjawab pertanyaan Anda dengan detail? Apakah mereka memberikan beberapa saran dan ide yang menarik? Dan, apakah Anda merasa nyaman saat berada di tengah-tengah mereka? Jika jawaban dari seluruh pertanyaan ini adalah 'ya' dengan kategori memuaskan, besar kemungkinan mereka adalah jawaban yang tepat bagi Anda untuk menjalin kerjasama.

Siap memilih fotografer unggulan? Temukan direktori vendor fotografer terpercaya yang tersebar di seluruh Indonesia hanya di Bridestory.

Vendors you may like