Blog / Wedding Ideas / 8 Jenis Veil Pengantin untuk Gaun Pernikahan Anda

8 Jenis Veil Pengantin untuk Gaun Pernikahan Anda

Color:
Add To Board
8-jenis-veil-pengantin-untuk-gaun-pernikahan-anda-1

Photography: Axioo

Tahukah Anda, kerudung pengantin atau yang biasa disebut sebagai veil rupanya memiliki bentuk dan karakteristik yang beraneka ragam. Salah satu aksesori kepala milik mempelai wanita ini seolah menjadi penyempurna bagi keseluruhan tampilan sang pengantin, terutama ketika tiba saatnya mempelai wanita berjalan menyusuri lorong. Bila Anda berencana mengusung konsep perayaan modern, ada banyak sekali pilihan veil yang bisa disesuaikan dengan preferensi maupun model busana pengantin Anda.

  1. Birdcage
    8 Jenis Veil Pengantin untuk Gaun Pernikahan Anda Image 1
    Tak melulu menjuntai panjang, veil pengantin dengan sebutan birdcage atau sangkar burung ini memiliki ukuran yang jauh lebih pendek dan hanya menutupi area dahi hingga setengah bagian kepala. Kerudung bridcage memberikan impresi gaya vintage di era 1940-an dengan kombinasi material jaring, tulle tembus pandang, dan bubuhan mutiara. Gaun pengantin pendek akan sangat sempurna untuk dipadukan dengan veil bridcage.
  2. Blusher
    8 Jenis Veil Pengantin untuk Gaun Pernikahan Anda Image 2
    Veil
    pengantin jenis blusher dapat dijadikan sebagai alternatif yang menawan untuk upacara pernikahan di pagi hari. Tipe kerudung pengantin ini berbahan tulle dan menutupi seluruh area wajah mempelai wanita hingga sebatas dada. Perlu diketahui, blusher hanyalah lapisan tambahan yang digunakan untuk 'menyembunyikan' wajah pengantin. Jadi, tentukan lebih dulu veil utama mana yang akan terlihat indah bila dipadukan dengan blusher. Beberapa dari mempelai wanita bahkan menggunakan blusher untuk memberikan efek layering di bagian belakang.
  3. Mantilla
    8 Jenis Veil Pengantin untuk Gaun Pernikahan Anda Image 3
    Mantilla
    adalah veil pengantin yang membingkai wajah mempelai wanita dengan perpaduan bahan tulle dan aplikasi renda di bagian tepi. Kerudung mantilla biasanya diletakkan di atas kepala sekitar dua inci di belakang garis rambut, yang kemudian jatuh menjuntai di kedua sisi bahu. Penggunaan kerudung mantilla akan sangat cocok untuk Anda yang berencana menggerai rambut dengan gaya gelombang yang dramatis, ataupun sanggul rendah agar veil bisa tergantung dengan baik.
  4. Tiered
    8 Jenis Veil Pengantin untuk Gaun Pernikahan Anda Image 4
    Ini adalah tipe veil pengantin yang terdiri dari gabungan beberapa layer kerudung secara bersamaan. Kerudung terpendek merupakan blusher yang nantinya akan ditarik ke bagian depan wajah, sementara lapisan kerudung lainnya sering kali dapat dilepas dan tersedia dalam berbagai ukuran.
  5. Fingertip
    8 Jenis Veil Pengantin untuk Gaun Pernikahan Anda Image 5
    Jenis veil pengantin fingertip mengacu pada ukuran kerudung yang panjangnya menutupi ujung jari tangan ketika pengantin wanita sedang berdiri dengan keadaan lengan yang lurus ke bawah. Cocok untuk calon pengantin yang ingin lebih leluasa saat bergerak di hari H. Kerudung fingertip umumnya memiliki panjang antara 38 - 40 inci, namun juga dapat disesuaikan dengan tinggi mempelai wanita.
  6. Ballerina
    8 Jenis Veil Pengantin untuk Gaun Pernikahan Anda Image 6
    Kerudung pengantin tipe ballet dinilai sangat cocok untuk momen first dance karena karakteristiknya yang begitu memukau. Panjang dari kerudung ballet adalah 150 cm, yang dihitung mulai dari tepian renda hingga ke area lutut atau betis mempelai wanita. Meski masih terbilang pendek, nyatanya veil jenis ballet tetap mampu menonjolkan tampilan terbaik dari gaun pengantin Anda, bahkan ketika Anda ingin bergerak lebih bebas saat menari tanpa harus khawatir akan tersandung.
  7. Cathedral
    8 Jenis Veil Pengantin untuk Gaun Pernikahan Anda Image 7
    Siapa di antara Anda yang mengimpikan pernikahan spektakuler ala negeri dongeng dengan aplikasi veil yang menjuntai hingga menyapu lantai? Kerudung ini dinamakan sebagai cathedral karena secara tradisional dirancang khusus untuk upacara pernikahan di dalam gereja dan katedral. Dengan panjang hingga 300 cm, kerudung cathedral mampu menyuguhkan efek ekor yang menakjubkan saat berjalan di tengah lorong. Gaun pengantin bermaterial satin atau renda adalah yang terbaik untuk jenis veil yang satu ini.
  8. Elbow
    8 Jenis Veil Pengantin untuk Gaun Pernikahan Anda Image 8
    Sesuai namanya, pilihan veil pengantin yang terakhir jatuh kepada sebuah kerudung yang memiliki panjang hingga sebatas siku. Kerudung ini umumnya berukuran sekitar 72 cm, masih terbilang jauh lebih pendek dari tipe fingertip. Busana pengantin bergaya vintage dengan aplikasi kerudung sepanjang siku akan memberikan getaran retro yang tak terelakkan.

Itulah kedelapan tipe veil pengantin yang bisa bisa dijadikan pilihan untuk menyempurnakan penampilan Anda. Manakah yang menjadi favorit calon pengantin?

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now