Blog / Wedding Ideas / 8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Venue Pernikahan

8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Venue Pernikahan

Color:
Add To Board
8-hal-yang-perlu-dipertimbangkan-saat-memilih-venue-pernikahan-1

Pernikahan merupakan momen sekali seumur hidup yang pastinya Anda ingin segala rangkaian acaranya sempurna. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk mewujudkan pernikahan di lokasi yang sempurna.

Lokasi

Apakah Anda ingin mengadakan upacara khidmat di hotel, gereja, atau tempat non-konvensional seperti pantai atau kafe? Pertimbangan hal-hal penting lainnya, seperti kemudahan aksesibilitas tamu dan vendor Anda untuk ke tempat tujuan. Sedikit tips, pilihlah venue pernikahan yang terletak di pusat kota dan dekat dengan stasiun MRT. Hal ini tentu akan memudahkan tamu Anda untuk menuju lokasi dan meminimalisir tamu yang datang terlambat.

Ketersediaan Tempat

Memperoleh tempat impian yang sesuai dengan tanggal yang diinginkan harus direncanakan secara matang, Anda bisa terlebih dahulu mencatat tanggal-tanggal cantik potensial untuk hari pernikahan Anda agar bisa menentukan tempat. Namun selain tempat, pastikan juga keluarga dan teman-teman terdekat tidak berhalangan pada tanggal tersebut. Tips: Cobalah untuk memesan venue setidaknya satu tahun sebelumnya, Anda bisa mendapatkan diskon dan penawaran menarik lainnya jika memesan lebih awal. Persiapkan diri Anda untuk bersaing bersama pasangan lain apabila tanggal yang Anda inginkan adalah tanggal yang cantik.

Fasilitas

Di mana pun venue pernikahan Anda, Anda harus mempertimbangkan beberapa poin-poin berikut: Berapa kapasitas tempat duduk maksimum dan berapa banyak tamu undangan Anda? Jika ada pilar atau bangunan permanen lainnya, dapatkah Anda menyiasatinya untuk memastikan kapasitas tempat duduk dimaksimalkan? Apakah venue ramah akses bagi penyandang cacat? Apakah venue memiliki lahan parkir yang luas? Tips: Carilah tempat yang eksklusif untuk pernikahan Anda. Beberapa venue kini bisa menawarkan seluruh lantai untuk pernikahan, dan memiliki ruang ganti untuk VIP dan pengantin di lantai yang sama.

Paket yang Disediakan

Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu dan membandingkan paket pernikahan yang satu dengan lainnya, dan mempertimbangkan layanan serta fasilitas yang termasuk dalam paket tersebut. Ada berapa jenis makanan yang bisa ditawarkan? Makan siang sebagian besar terdiri dari 7 hidangan, sedangkan makan malam setidaknya terdiri dari 8 hidangan. Apakah resepsi termasuk bagian dari paket? Apakah tempat tersebut dapat menyediakan pengaturan upacara tea pai? Apakah bisa menerapkan konsep outdoor dan indoor? Apakah paket sudah termasuk tiket parkir mobil gratis? Apakah venue memiliki rekanan vendor lain, seperti undangan, dekorasi, dll?

Makanan & Minuman

Sebagian besar venue akan menyediakan layanan food tasting hingga 10 orang. Inilah saatnya Anda bertanya lebih detail mengenai makanan yang akan tersaji di hari pernikahan Anda. Pastikan segala hal yang ditawarkan oleh venue mengenai makanan, apakah mereka dapat mmelayani permintaan diet khusus untuk makanan vegetarian atau halal? Apakah biaya alkohol sudah termasuk dalam paket? Berapa banyak botol anggur atau bir yang termasuk dalam paket? Tips: Periksa apakah tempat tersebut dapat membebaskan biaya corkage untuk minuman alkohol sehingga Anda dapat menghemat biaya.

Biaya

Jika anggaran Anda terbatas, Anda mungkin ingin memangkasnya dengan mengurangi jumlah tamu undangan. Namun, pastikan juga Anda memeriksa kebijakan pembayaran dan pembatalan dengan cermat, telitilah dalam membaca setiap detail ketentuan. Tips: Pilih venue yang menerapkan flat-rate untuk deposit jika Anda memiliki daftar tamu yang panjang. Jika Anda mengadakan perjamuan pernikahan di hotel, tanyakan pada tempat tersebut apakah pembayaran terakhir dapat dilakukan pada hari berikutnya saat check out.

Pelayanan

Pelayanan atau service dari venue juga harus menjadi perhatian Anda. Berapa rasio staf pelayan untuk setiap meja? Berapa banyak manajer acara atau perjamuan yang bertugas untuk pernikahan Anda? Bagaimana sikap pelayanan sales wedding? Tips: Mintalah bantuan teman Anda yang sudah menikah untuk merekomendasikan tempat yang memiliki layanan yang baik.

Pertimbangan Lainnya

Apakah ada diskon khusus untuk penambahan kamar bagi keluarga ataupun kru yang bertugas? Bagaimana regulasi loading-in dan loading-out untuk vendor dekorasi? Jam berapa Anda bisa datang untuk melakukan set-up? Apakah ada pemesanan minimum? Tips: Pertimbangkan untuk mengadakan perjamuan pernikahan Anda selama periode di luar jam sibuk, seperti makan siang daripada makan malam. Karena biasanya, venue lebih bersedia untuk memberikan fasilitas tambahan serta memiliki lebih banyak petugas untuk melayani kebutuhan Anda.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now