Blog / Wedding Ideas / 7 Tips Makeup Pengantin agar Tahan Lama di Hari Pernikahan

7 Tips Makeup Pengantin agar Tahan Lama di Hari Pernikahan

Color:
Add To Board
7-tips-makeup-pengantin-agar-tahan-lama-di-hari-pernikahan-1

Photography: ILUMINEN

Makeup pengantin menjadi salah satu komponen pernikahan yang sifatnya sangat penting dalam sebuah perhelatan hari bahagia, terutama bagi para mempelai wanita. Hal ini lantaran penataan rias dan rambut memainkan peran yang begitu besar dalam menunjang keseluruhan tampilan sang mempelai perempuan. Riasan tersebut harus mampu melengkapi busana pengantin yang istimewa. Itulah mengapa sebagian besar calon pengantin selalu berusaha untuk bisa mendapatkan vendor penata rias terbaik meskipun harus mengeruk dana yang tidak sedikit.

Sudah menjadi rahasia umum bila makeup artist profesional memiliki pengetahuan yang mumpuni tentang berbagai fitur wajah dan jenis kulit. Ditambah lagi, mereka juga selalu menggunakan produk berkualitas tinggi untuk menjamin penampilan mempelai yang sempurna sekaligus tahan lebih lama. Bagaimanapun, tidak ada pengantin perempuan yang ingin riasannya berakhir luntur saat masih berada di tengah rangkaian acara. Jadi, pastikan untuk memerhatikan sejumlah tips di bawah ini agar makeup pengantin Anda terus tahan lama di hari pernikahan.

  1. Atur Jadwal Uji Coba Tata Rias dan Rambut
    Bagi Anda yang memilih untuk menggunakan layanan penata rias profesional, pastikan paket yang Anda ambil sudah termasuk inklusif berupa sesi trial atau tes makeup. Hal ini sangat penting untuk melihat adanya kecocokan antara gaya riasan yang dipilih dengan karakter wajah mempelai. Sebagai contoh, bila hasil makeup yang telah dibubuhkan kurang sesuai dengan karakter wajah atau ekspektasi yang Anda bayangkan, maka penata rias masih dapat memperbaikinya sesuai dengan preferensi Anda. Sesi tes makeup juga dianggap sebagai kesempatan untuk bisa melihat bagaimana pulasan tersebut bertahan lama. Ini tidak hanya akan bermanfaat untuk mempelai wanita saja, tetapi juga sang MUA itu sendiri dalam mengenali bagaimana fitur wajah Anda.
  2. Persiapkan Kulit Anda
    Ingatlah bahwa kulit wajah Anda benar-benar harus dipersiapkan sebaik mungkin sejak beberapa minggu sebelum pernikahan. Sebagian besar makeup artist bahkan melarang keras sejumlah metode perawatan kulit yang dapat berpotensi menghancurkan hasil riasan saat hari H, salah satunya adalah facial. Hal ini karena facial yang dilakukan sebelum pernikahan justru menyebabkan kondisi kulit menjadi menurun, sehingga makeup yang dihasilkan tidak dapat bekerja dengan maksimal. Selain itu, bagi Anda yang tengah melakukan perawatan dokter, usahakan untuk menghentikannya terlebih dahulu, mengingat kondisi kulit wajah yang sedang dalam perawatan dokter umumnya cenderung sensitif dan kering. Akibatnya, complexion makeup seperti primer dan foundation pun berisiko creasing atau retak. Yang terpenting adalah pastikan untuk tetap rutin memakai skincare pagi dan malam agar hasil riasan wajahmu saat hari H menjadi lebih paripurna.
  3. Gunakan Mattifying Primer Terbaik
    Kunci dari makeup pengantin yang tahan lama sepanjang hari adalah penggunaan base makeup berupa primer matte yang diaplikasikan setelah pelembap dan sebelum foundation. Primer berfungsi sebagai dasar yang ideal untuk membantu menahan riasan tetap pada tempatnya. Dengan menggunakan primer pula, garis-garis halus dan pori-pori yang berada di atas permukaan kulit Anda akan tersamarkan berkat adanya 'penghalang' yang melapisi permukaan kulit. Penghalang tersebut juga mampu mencegah keringat dan minyak yang keluar agar tidak merusak complexion. Itulah sebabnya pulasan foundation hampir pasti akan menempel lebih lama dan tidak bergeser jika Anda menggunakan base makeup.

    7 Tips Makeup Pengantin agar Tahan Lama di Hari Pernikahan Image 1
    Akreditasi: House of Photographers
  4. Foundation Ber-SPF Tidak Direkomendasikan
    Beberapa produk foundation dengan sentuhan tabir surya dapat berpotensi memantulkan cahaya flashback saat Anda tengah difoto di dalam ruangan menggunakan lampu flash. Jika Anda berencana menikah di dalam ruangan, melewati tahap penggunaan SPF tidaklah menjadi masalah. Sebaliknya, bila pernikahan Anda diadakan di luar ruangan, maka penggunaan produk SPF benar-benar diperlukan agar kulit Anda tetap terlindungi. Pastikan untuk memilih foundation terbaik yang long-lasting dan tidak mudah luntur.
  5. Perkuat dengan Setting Powder
    Fungsi utama dari setting powder adalah untuk mengunci foundation dan concealer yang telah diaplikasikan agar tidak bergeser. Selain itu, setting powder juga dapat membantu mengurangi rasa lengket dari complexion agar produk-produk yang dibubuhkan selanjutnya bisa lebih mudah diratakan. Pertimbangkan pula penggunaan setting powder berjenis translucent untuk menyamarkan tekstur dan warna kulit yang kurang merata. Karena sifatnya yang transparan dan tidak berwarna, bedak translucent mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah tanpa harus mengubah warna asli dari foundation Anda.
  6. Gunakan Produk Waterproof
    Produk-produk makeup seperti eyeliner, maskara, dan pensil alis hanya wajib dipilih jika sudah terbukti waterproof agar tidak mengacaukan seluruh complexion Anda secara keseluruhan. Sebagai pengingat, makeup waterproof adalah produk kosmetik yang diformulasikan khusus untuk bisa bertahan lama dan anti luntur, sekalipun wajah Anda harus bersentuhan langsung dengan air ataupun keringat. Memilih eyeliner waterproof mungkin akan sedikit tricky untuk orang-orang dengan kulit berminyak atau kombinasi, tetapi pastikan untuk tetap memilih eyeliner dengan klaim waterproof agar kelopak mata Anda tetap dalam kondisi aman seharian dan tak mudah luntur ke area bawah mata bila berkeringat.
  7. Kunci dengan Setting Spray
    Anda pasti tidak ingin melakukan re-touch berkali-kali lantaran ada beberapa bagian dari pulasan makeup Anda yang luruh, bukan? Pemakaian setting spray adalah sebuah upaya yang tepat untuk membuat pulasan makeup Anda awet seharian. Setting spray berfungsi untuk menjadi pengunci akhir dari seluruh riasan yang menempel di wajah Anda. Melalui setting spray pula, makeup Anda dijamin akan membaur sempurna dan terlihat menyatu dengan kulit. Jadi, jangan lupa untuk mengaplikasikan setting spray sebagai tahap akhir untuk membuat riasanmu tetap awet hingga selesainya acara.

Itulah ketujuh cara untuk membuat riasan pengantin Anda tahan lebih lama. Ingin menyerahkan seluruhnya kepada jasa MUA profesional? Anda bisa menelusuri direktori vendor makeup dan rambut yang tersedia di Bridestory!

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now