Blog / Wedding Ideas / 5 Etika Menulis dan Mengirimkan Kartu Ucapan Terima Kasih

5 Etika Menulis dan Mengirimkan Kartu Ucapan Terima Kasih

Color:
Add To Board
5-etika-menulis-dan-mengirimkan-kartu-ucapan-terima-kasih-1

Tradisionalnya, thank you card adalah cara bagi para pengantin baru untuk mengucapkan terima kasih bagi para pihak yang terlibat dalam pernikahan mereka entah sebagai tamu ataupun vendor. Menurut wedding etiquette expert Elaine Swann, singkatnya isi dari sebuah thank you card adalah: Ucapan terima kasih, sebutkan hadiah/jasa yang diberikan oleh pengirim dan ucapkan sesuatu tentang hadiah tersebut. Dengan format ini, maka sang pengirim hadiah akan merasa dihargai dan senang bahwa kado yang dikirimkan berguna bagi sang pengantin baru.

Menulis kartu ucapan terima kasih mungkin bukan hal yang lazim dilakukan di Indonesia. Namun, bila Anda memiliki banyak kolega atau tamu dari luar negeri atau memiliki pasangan yang berwarga negara asing, maka etika menulis thank you card harus diperhatikan, karena merupakan sesuatu yang dianggap cukup penting. Simaklah beberapa tips dan trik di bawah ini, agar proses mengirimkan thank you card dapat berjalan dengan lancar!

Lakukan dengan rapi serta terorganisir

Buatlah sebuah sistem yang rapi agar menulis kartu-kartu ini tidak menyulitkan Anda. Ketika membuka hadiah, tuliskan hadiah yang dikirimkan dalam daftar tamu Anda. Dengan demikian ketika Anda menulis ucapan terima kasih, Anda dapat menulis dengan tepat. Menuliskan hadiah atau nama pengirim yang salah dapat dianggap tak sopan oleh sang pemberi hadiah, jadi pastikan sistem Anda teliti dan rapi.

Jangan menunda

Menulis puluhan atau bahkan ratusan thank you card sepertinya merupakan tugas yang melelahkan. Karena itu, jangan menundanya dan selesaikan sesegera mungkin. Normalnya, 3 bulan setelah pernikahan adalah waktu maksimal thank you card harus dikirim. Dan selain menunda menulis, jangan menunda pula mengirim kartu yang telah selesai ditulis! Untuk memudahkan proses penulisan, bagilah menjadi beberapa batch dan komitmen untuk menyelesaikan sejumlah kartu dalam sehari.

Bagi tugas dengan pasangan

Agar tidak membebani hanya satu pihak, bagilah tugas menulis thank you card dengan pasangan. Sebaiknya, yang lebih mengenal sang penerima kartu haruslah yang menulis kartu ucapan terima kasih untuk mereka.

Gunakan kartu yang sesuai dengan tema pernikahan

Sebuah tip estetika, gunakan kartu yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Detail kecil ini dapat memberikan sentuhan personal yang kuat pada kartu-kartu yang Anda kirimkan. Anda dapat meminta vendor kartu undangan Anda juga untuk membuatkan desain yang sesuai tema untuk thank you card, agar semua stationery pernikahan memiliki nuansa yang sama.

Ucapkan dengan spesifik dan tulus

Ketika menulis thank you card, tuliskan dengan spesifik kado yang Anda terima dan apa yang Anda sukai darinya atau bagaimana Anda akan memakai hadiah tersebut. Misalnya, Anda berencana untuk menggunakan mesin pembuat kopi setiap pagi, tuliskan hal itu. Hal ini membuat ucapan tersebut menjadi lebih personal. Hal penting lainnya, selalu tuliskan apa yang tulus Anda ingin katakan dalam kartu-kartu tersebut. If something is not true, then don't write it. Menulis banyak kartu terkadang membuat kita lelah dan mengatakan apa saja yang terlintas agar pekerjaan segera selesai. Beristirahatlah ketika Anda lelah namun pastikan setiap kata yang tertulis muncul dari dalam hati.

Di bawah ini adalah contoh wording thank you card yang dapat Anda gunakan untuk berbagai situasi.

Untuk yang memberikan Anda kado yang Anda pilih atau sukai

Dear (nama tamu),

Terima kasih untuk mesin pembuat kopinya! (Nama pasangan) dan aku sangat menikmati membuat kopi tiap pagi dan sangat bersemangat untuk membuat kopi sendiri tiap pagi di rumah. Kapan-kapan, berkunjunglah ke rumah dan kami akan buatkan kopi untuk kalian! Terima kasih sekali lagi telah menjadi bagian dari pernikahan kami.

(Nama pasangan)

Untuk yang memberikan Anda kado berupa uang

Dear (nama tamu),

Terima kasih sudah merayakan hari pernikahan bersama dengan kami! (Nama pasangan) dan aku sangat menghargai hadiah uang sebesar 1 juta rupiah dari kalian. Berkat hadiah ini, kami bisa memanjakan diri di Spa kesukaan kami! Tak sabar untuk segera bertemu denganmu!

(Nama pasangan)

Untuk yang memberikan kado bersama-sama sebagai satu grup, kirimkan setiap anggota kartu secara personal namun ucapkan terima kasih untuk semuanya dalam kartu.

Dear (nama tamu),

Terima kasih untuk alat penghisap debu ini! Sangat berguna untuk dipakai di rumah. Thank you for being such great friends to us and we can't wait to see you soon!

(Nama pasangan)

Untuk yang tak hadir, namun mengirimkan kado

Dear (nama tamu),

Terima kasih untuk mesin pembuat kopinya! Baik sekali kamu masih memikirkan kami. (Nama pasangan) dan aku menyesal kamu tidak bisa hadir di hari pernikahan. Semoga kita bisa segera bertemu dalam waktu dekat!

(Nama pasangan)

Untuk yang datang dari jauh untuk menghadiri pernikahan

Dear (nama tamu),

Terima kasih sudah datang dari jauh untuk merayakan hari spesial kami. (Nama pasangan) dan aku sangat menghargainya. Hope you had as much fun as we did!

(Nama pasangan)

Untuk yang merupakan bagian dari wedding party

Dear (nama tamu),

Terima kasih sudah menjadi (peran) dalam pernikahan kami. Kamu adalah teman yang sangat berharga untuk (Nama pasangan) dan aku. Adanya kamu sebagai bagian dari hari spesial ini membuatnya jadi lebih bermakna. Can't wait to share more meaningful experiences with you.

(Nama pasangan)

Untuk vendor pernikahan

Dear (nama vendor),

(Nama pasangan) dan aku ingin berterima kasih untuk foto-foto indah yang telah kalian abadikan dalam pernikahan kami. Sangat senang bahwa (nama vendor) adalah bagian dari pernikahan kami. Terima kasih telah membantu membuat pernikahan impian kami menjadi kenyataan.

(Nama pasangan)

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now