Blog / Relationship Tips / 5 Cara Mengembalikan Gelora Asmara ke Dalam Pernikahan Anda

5 Cara Mengembalikan Gelora Asmara ke Dalam Pernikahan Anda

Color:
Add To Board
5-cara-mengembalikan-gelora-asmara-ke-dalam-pernikahan-anda-1

Photography: Unsplash.com

Tidak ada yang salah jika Anda merasa ada penurunan gairah setelah menjalani rumah tangga selama beberapa tahun. Rutinitas serumah yang itu-itu saja dengan pasangan kerap menimbulkan rasa bosan. Sebuah studi di Inggris yang melibatkan 2.000 suami-istri menemukan fakta bahwa pada umumnya kehidupan rumah tangga kehilangan "sparks" setelah 3,5 tahun pernikahan.

Kepada Bridestory, psikolog Kasandra Putranto membenarkan fakta fenomena tersebut. Berdasarkan pengalaman prakteknya, Kasandra mengungkapkan jika, pada umumnya, hal pertama yang dikeluhkan oleh baik suami maupun istri adalah komunikasi yang tidak terbuka hingga pernyataan-pernyataan seperti "suami/istri berubah" atau "dia tidak seperti dulu lagi". "Perasaan bosan dengan pasangan dapat muncul karena kurangnya intimasi," ujarnya menjelaskan. "Jarang menghabiskan quality time bersama, atau kedua pihak telah memiliki rutinitas tertentu dalam melakukan kegiatan sehari-hari bisa membuat segalanya terasa stagnan."

Jika Anda sudah melihat sinyal seperti itu, baiknya Anda dan pasangan mulai berbicara dari hati ke hati untuk memahami titik permasalahan yang menyebabkan rasa bosan muncul, saran sang psikolog. Setelah itu, Anda berdua dapat mempertimbangkan langkah selanjutnya.

Kalau Anda dan pasangan sama-sama sibuk, berikut beberapa rekomendasi kegiatan sederhana namun bermakna yang dapat dipertimbangkan sebagai solusi.

1. Staycation

Jika Anda merasa adanya urgensi untuk mengembalikan romantisme rumah tangga, namun tidak mungkin untuk merencanakan liburan berdua dalam waktu dekat, staycation di akhir pekan mungkin bisa menjadi solusinya.

Bagi yang tinggal di kota besar, Anda dan pasangan bisa sejenak ke area pinggiran kota untuk menginap di sebuah resor yang dekat dengan alam. Atau, Anda berdua juga bisa memilih hotel terbaik di dalam kota dengan oase relaksasi yang membuat Anda lupa dari hingar bingar sejenak.

2. Dinner date

Tidak harus dalam rangka ulang tahun pernikahan, makan malam intim berdua bisa juga dilakukan setelah Anda dan pasangan pulang dari bekerja. Restoran fine dining kini banyak menawarkan paket hidangan romantis dengan servis yang memanjakan waktu dan lidah Anda berdua.

Pilihan lain adalah membawa romantisme restoran premium tersebut ke rumah sendiri. Jika salah satu dari Anda, atau bahkan Anda dan pasangan, suka memasak, tentu akan menambah keseruan dan keintiman tersendiri.

3. Lingerie Surprise

Salah satu kebosanan rumah tangga mungkin disebabkan oleh kegiatan seksual yang stagnan. Bagi isteri, mungkin saatnya membeli lingerie baru. Bagi suami, Anda juga bisa mengejutkan pasangan dengan hadiah lingerie seksi, dan sesungguhnya, Anda juga bisa bereksplorasi dengan pakaian dalam khusus pria maupuan sex toys. Tidak hanya bisa memanaskan ranjang, percikan romantismen hubungan sehari-hari Anda dan pasangan yang pernah hilang pun menjadi kembali berwarna.

4. Vow Renewal

Mungkin tidak perlu semewah pasangan Beyonce dan Jay-Z yang memperbarui janji pernikahan ketika liburan keluarga di Corsica pada September 2018 yang lalu. Anda bisa meniru kesederhanaan David dan Victoria Beckham yang kembali mengucap janji sehidup semati setelah hampir 20 tahun menikah di rumah mereka dan hanya dihadiri oleh enam orang, termasuk anak-anak mereka. "Kita semua tahu bahwa dalam pernikahan ada banyak tantangan. Yang penting bagaimana kami berdua melalui semua itu. Kami sangat memahami satu sama lain lebih daripada yang orang tau," respon sang pesepakbola menjelaskan jika pembaruan janji pernikahan ini bisa meningkatkan kualitas hubungan suami-istri.

5. Membuat rutinitas baru

Jangan sampai kesibukan pekerjaan menjadi "orang ketiga" di pernikahan Anda. Buatlah rutinitas baru yang menyenangkan, misalnya berolahraga di akhir pekan atau mempercantik kebun rumah bersama. "Rutinitas baru dapat menambah waktu bersama pasangan sekaligus mempelajari hal menarik yang baru," saran Kasandra.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now