Blog / Relationship Tips / 5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Sebuah Pernikahan yang Sehat

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Sebuah Pernikahan yang Sehat

Color:
Add To Board
5-bahasa-tubuh-yang-menunjukkan-sebuah-pernikahan-yang-sehat-1

Photography: iStock

Hubungan pernikahan yang sehat bisa ditunjukkan dari bagaimana cara Anda memperlakukan pasangan dan sebaliknya. Hal-hal sederhana, seperti bahasa tubuh yang Anda dan pasangan saling lakukan, merupakan bentuk ekspresi dari dalamnya perasaan kalian. Inilah lima love languages yang tanpa disadari banyak dilakukan oleh pasangan yang bersatu dalam sebuah hubungan yang sehat.

1. Kontak mata yang kuat
Apakah ketika berkomunikasi, Anda dan pasangan menerapkan kontak mata yang kuat? Kontak mata yang dilakukan satu sama lain akan menunjukkan bahwa Anda dan pasangan benar-benar saling mendengarkan. Jangan sampai hanya salah satu dari Anda yang melakukannya sementara pasangan justru terkesan abai dengan mengalihkan tatapan ke arah lain karena hal tersebut justru akan menunjukan ketidakpedulian dengan apa yang sedang menjadi pembicaraan.

2. Sentuhan sederhana
Cara menyentuh dengan berbagai gestur yang sederhana mewakilkan ekspresi cinta yang mendalam. Baik Anda atau pasangan, yang mendapatkan sentuhan tersebut, pasti akan merasa dicintai . Sentuhan pada bagian tubuh, seperti lengan atau wajah, menunjukkan atensi yang lebih. Bergandengan tangan saat sedang berjalan juga menjadi salah satu sentuhan sederhana yang dapat membuat intimasi semakin terjalin.

3. Mengikuti gestur satu sama lain
Mengikuti gestur atau mirroring adalah saat di mana Anda dan pasangan sering mengikuti kebiasaan dan bahasa tubuh masing-masing tanpa disengaja. Ketika menikah, fase ini mungkin akan terjadi dengan sendirinya kepada suami dan istri seiring berjalannya waktu. Anda secara tidak sadar akan mencerminkan prilaku dan juga kebiasaan pasangan, begitupun sebaliknya. Misalnya, Anda yang awalnya benar-benar tidak menyukai sayuran, ketika melihat pasangan gemar memakan sayur dengan lahap biasanya lambat laun Anda akan ikut menyukainya. Mirroring akan menunjukkan rasa nyaman secara emosional, kedekatan, dan juga rasa saling percaya terhadap pasangan.
Tonya Reiman, seorang pakar bahasa tubuh, penulis, dan juga pembicara lulusan psikologi dari Pace University berbicara mengenai hal ini. "Jika Anda dan pasangan Anda berpegangan tangan sambil berjalan, kemungkinan besar Anda akan berjalan dengan kaki yang sama dan pada kecepatan yang sama pula. Dari sana akan tercipta keselarasan satu sama lain dari mencocokkan gaya berjalan pasangan Anda. Itulah mirroring," ungkapnya.

4. Mencondongkan tubuh saat berbicara
Ketika Anda selalu merasa antusias terhadap apa pun yang pasangan bicarakan, Anda pasti akan mencondongkan tubuh ketika sedang terlibat interaksi satu sama lain, begitu pun dengan si dia. Gestur ini menunjukkan bahwa rasa ketertarikan kalian antara satu sama lain tetap selalu ada dan kalian merasa sangat nyaman saling berdekatan.

5. Telapak tangan yang terbuka saat berbicara
Telapak tangan yang terbuka ketika tengah berbicara empat mata menandakan keseriusan dalam mendengarkan sebuah percakapan, selain itu juga menunjukkan indikasi pikiran yang terbuka. Jacob Kountz, seorang konsultan pernikahan dan keluarga di California State University, menyuarakan pikirannya mengenai hal ini. "Berbicara dengan pasangan sambil menunjukkan telapak tangan yang terbuka menandakan kejujuran, keterbukaan, dan keterusterangan. Hal inilah yang dicari oleh setiap pasangan," ujarnya.

Jika Anda dan pasangan tidak jarang saling menunjukkan kelima bahasa tubuh di atas, hal itu berarti koneksi antarpasangan terjalin harmonis dan keintiman pernikahan kalian terjaga dengan baik.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now