Blog / Wedding Ideas / 15 Trik untuk Menghemat Anggaran Pernikahan

15 Trik untuk Menghemat Anggaran Pernikahan

Color:
Add To Board
15-trik-untuk-menghemat-anggaran-pernikahan-1

Pernikahan adalah hal terindah yang sudah selayaknya dirayakan karena momentum ini hanya terjadi sekali seumur hidup. Karenanya, tidak jarang kedua calon mempelai memiliki impian-impian tertentu yang ingin mereka wujudkan namun sayangnya, terkadang impian tersebut dapat menguras keuangan mereka. Tetapi, jangan khawatir! Bridestory telah mengumpulkan 15 trik agar Anda dapat tetap menyelenggarakan sebuah pesta pernikahan tak terlupakan tanpa harus mengucurkan dana secara berlebihan dan mengurangi makna dari pernikahan tersebut.

  1. Hindari selebrasi di hari Sabtu atau Minggu
    Pada umumnya, biaya sewa venue atau gedung pernikahan di hari Sabtu akan cenderung lebih mahal jika dibanding hari-hari lainnya. Hal ini juga berpengaruh pada jasa pelayanan lainnya seperti katering, dokumentasi, tata rias wajah dan rambut, dan sebagainya. Jika tidak memungkinkan untuk merayakan di hari kerja, sebagai alternatifnya, Anda dapat memilih perayaan di Jumat pada malam hari.

    15 Trik untuk Menghemat Anggaran Pernikahan Image 1
  2. Pilih butik bridal yang menyediakan penyewaan baju dan aksesoris pengantin
    Menyewa baju dan aksesoris pernikahan adalah pilihan yang bijak, terutama jika Anda tidak berkeinginan untuk menghadiahkan baju atau aksesoris tersebut ke anak Anda kelak. Selain menghemat biaya, Anda dapat menghemat tempat penyimpanan di rumah. Kini, semakin banyak butik bridal yang menawarkan gaun baru untuk disewa jadi Anda tidak perlu khawatir memakai gaun bekas di hari teristimewa.
  3. Kurangi jumlah bridesmaids dan groomsmen
    Menghadiahkan kain untuk keperluan seragam bridesmaids dan groomsmen memerlukan biaya yang cukup besar. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda memangkas daftar teman untuk dijadikan tim penyemangat Anda di hari pernikahan.

    15 Trik untuk Menghemat Anggaran Pernikahan Image 2
  4. Memilih Bunga lokal
    Seperti yang telah diketahui, bunga segar tentunya akan dihargai lebih mahal daripada bunga sintetis. Namun, Bridestory juga mengerti apabila calon pengantin menginginkan bunga-bunga segar menghiasi hari pernikahannya. Alih-alih memilih bunga import yang mahal, Anda lebih baik memilih bunga lokal yang sedang bermekaran. Para florist tentunya juga akan mengusahakan yang terbaik dengan mencarikan bunga lokal berkualitas tinggi sehingga hari pernikahan Anda tetap terlihat spesial.

    15 Trik untuk Menghemat Anggaran Pernikahan Image 3
  5. Sebarkan undangan digital
    Seiring dengan perkembangan teknologi, kini undangan konvensional tidak lagi diutamakan, terutama di kalangan anak muda yang terbiasa menyimpan data di ponselnya. Cobalah memakai layanan website dan aplikasi gratis yang tersedia agar Anda tidak perlu lagi mengeluarkan dana tambahan untuk mempekerjakan desainer grafis.
  6. Bagaimana dengan dekorasi minimalis?
    Berbicara mengenai tren pernikahan di tahun 2021, dari aspek dekorasi hingga busana dan rias pengantin terlihat semakin sederhana. Sebagai contoh, gaun pengantin modern tidak lagi memerlukan payetan Swarovski dan mutiara agar terlihat memukau, tetapi dengan pemilihan tulle yang tepat, Anda dapat seketika menonjolkan kesan unik nan dramatis.
  7. Gunakan kendaraan pribadi
    Dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda akan menambah nilai sentimental ke dalam hari pernikahan Anda, bukan?
  8. Lakukan DIY untuk suvenir pernikahan Anda
    Bagi pengantin kreatif yang ingin memberikan sentuhan personal, berkreasi DIY (Do-It-Yourself) pastinya akan lebih seru dibanding memesan suvenir. Anda dapat membuat lilin aromaterapi, sabun batang, kudapan sehat, dan lain-lain.

    15 Trik untuk Menghemat Anggaran Pernikahan Image 4
  9. Kurangi jumlah tamu undangan
    Kabar baiknya, di masa pandemi ini Anda sangat mungkin untuk mengurangi jumlah tamu yang menghadiri pernikahan sehingga Anda juga dapat lebih nyaman melakukan poin ini. Dengan mengurangi jumlah tamu undangan, Anda dapat menghemat anggaran dalam pemilihan skala venue pernikahan, jumlah katering, undangan, suvenir, dan sebagainya.
  10. Pilih menu makanan khas nusantara
    Dengan beragamnya suku dan budaya di Indonesia, menu makanan lokal tentunya tidak kalah dalam segi variasi. Bagi Anda melaksanakan pernikahan tradisional, sesuaikanlah menu makanan dengan tradisi yang diselenggarakan. Misalnya, pernikahan adat Jawa menyajikan gudeg, nasi liwet, rawon, dan getuk atau klepon sebagai makanan penutup.
  11. Sediakan hiburan musik yang lebih sederhana
    Pernikahan yang meriah tentunya didukung dengan entertainment yang memadai. Akan tetapi, jangan khawatir apabila Anda ingin menghemat anggaran, karena band akustik juga dapat menciptakan suasana yang tak kalah meriah. Agar biaya jasa entertainment dapat dipangkas lebih banyak lagi, Anda dapat juga menyusun playlist lagu dan memutarnya melalui sound system yang tersedia di venue pernikahan Anda.

    15 Trik untuk Menghemat Anggaran Pernikahan Image 5
  12. Manfaatkan lokasi pernikahan outdoor
    Pernikahan yang menghadap ke pemandangan alam memberikan keuntungan ekstra yang tak mungkin didapatkan di pernikahan indoor. Anda dapat meminimalisir pengeluaran dekorasi dengan memanfaatkan pemandangan di luar ruangan. Yakinlah, para tamu undangan akan dimanjakan sembari melihat pepohonan, langit biru, dan bahkan mendengar deburan ombak atau burung yang berkicau.
  13. Memilih tim dokumentasi yang menyediakan bundle package
    Tak jarang, tim dokumentasi telah menyiapkan paket yang mencakup fotografi dan videografi pernikahan, atau staf second shooter agar detail pernikahan Anda semakin apik. Pastikan Anda menanyakan hal ini terlebih dahulu ke fotografer pilihan Anda sebelum mencari vendor videografi secara terpisah. Atau, Anda juga bisa menikmati flash deal yang sedang ditawarkan oleh vendor fotografi.
  14. Meminta bantuan pihak keluarga atau teman untuk menjadi MC
    Untuk pernikahan berskala kecil yang hanya mengundang kerabat terdekat, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk meminta bantuan orang terdekat untuk menjadi MC atau pembawa acara agar atmosfer pernikahan Anda terasa lebih akrab.

    15 Trik untuk Menghemat Anggaran Pernikahan Image 6
  15. Jangan lewatkan diskon eksklusif saat Bridestory Wedding Week Salebration atau Online Wedding Fair berlangsung
    Terakhir dan tidak kalah penting, sebaiknya Anda melakukan down payment pada acara pameran pernikahan yang diadakan secara daring di masa pandemi ini. Pada periode pameran, Anda akan mendapatkan harga terbaik serta promo paket pernikahan yang tidak ditawarkan di kesempatan manapun.

Demikian tips yang dapat Bridestory bagikan, apabila ada yang terlewatkan, jangan segan-segan untuk menjelaskan cara Anda dalam menghemat anggaran pernikahan di kolom komentar di bawah ini. Semoga berhasil!

Vendors you may like