13 Tips Mengambil Hati Calon Mertua

by Alycia Putri [[ 1600308000000 | amDateFormat:'ll | HH:mm' ]] in Relationship Tips 

Colors:

Gugup, gelisah, takut salah bicara atau salah tingkah merupakan hal yang wajar dialami manusia. Namun, hal ini kerap dirasakan oleh para pasangan ketika hendak bertemu dengan calon mertua. Terutama, ketika Anda baru pertama kali ingin bertemu dengan calon mertua, pasti Anda berpikir sebaik mungkin apa yang harus dilakukan atau hal apa yang harus dibicarakan selama bertemu dengan calon mertua. Untuk itu, beberapa tips di bawah ini bisa dilakukan ketika Anda hendak bertemu dengan calon mertua.

Persiapan sebelum bertemu dengan calon mertua

1. Tanyakan kepada pasangan tentang orang tuanya
Mengetahui latar belakang, sifat, dan kegemaran orang tua dari pasangan Anda sangatlah penting. Sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu sebelum bertemu dengan mereka agar Anda sudah menyiapkan topik pembicaraan dan sedikit memahami sifat mereka, bahkan kalau perlu Anda sudah membeli bingkisan berupa barang atau makanan kesukaan calon mertua Anda yang nantinya akan diberikan saat pertemuan. Tetapi, jangan lupa juga untuk menanyakan tentang hal apa yang sebaiknya jangan dibicarakan saat bertemu dengan orang tuanya supaya Anda tidak terlanjur bicara mengenai hal tersebut. Memahami calon mertua Anda melalui topik-topik pembicaraan yang mereka sukai merupakan cara yang paling mudah agar Anda mendapatkan kesan yang baik dari mereka.

2. Pastikan Anda dalam kondisi sehat dan segar
Kondisi yang sehat sangat penting, jangan sampai Anda sedang mengalami gejala sakit, sesederhana flu atau batuk. Kondisi Anda yang tidak sehat juga bukan hanya mengganggu calon mertua saja, tetapi juga kenyamanan Anda. Bayangkan jika Anda sedang mengalami gangguan pencernaan, rasanya tidak sopan kalau harus bolak-balik toilet selama melakukan perbincangan dengan calon mertua. Selain dalam kondisi yang sehat, penampilan yang segar juga perlu diperhatikan, seperti pemilihan parfum dengan wangi yang tidak terlalu menyengat. Parfum dengan wangi yang terlalu kuat akan membuat suasana pertemuan menjadi terganggu.

3. Memilih pakaian yang nyaman dan sopan
Meskipun Anda ingin terlihat menarik, sebaiknya mengutamakan kenyamanan dan kesopanan dari pakaian yang hendak Anda pakai saat pertemuan. Bagi Anda perempuan, jangan menggunakan pakaian yang terlalu minim. Selain tidak nyaman, pakaian minim juga memberikan perspektif negatif di mata orang tua, apalagi yang masih memegang teguh budaya ketimuran. Sesuaikan juga penampilan Anda dengan tempat pertemuan dan jangan sampai Anda salah kostum. Begitu pula dengan riasan wajah, pilih yang natural dan tidak berlebihan, sesuai dengan kebutuhan pertemuan.

4. Makanlah sedikit sebelum bertemu calon mertua
Pertemuan dengan calon mertua seringkali diadakan sekaligus dengan jamuan makan siang atau malam. Namun, tidak ada salahnya mengisi perut sedikit lebih dahulu untuk berjaga-jaga jika tidak ada hidangan yang disediakan dan Anda tetap bisa berkonsentrasi ketika berbincang-bincang dengan calon mertua.

Saat bertemu dengan calon mertua

5. Menyapa dengan senyuman yang ramah dan tulus
Senyuman merupakan mimik wajah yang paling sederhana untuk dilakukan, namun bisa sangat menyenangkan hati lawan bicara kita. Lakukan senyuman dan jabat tangan calon mertua Anda sambil memperkenalkan diri. Sikap Anda yang ramah di awal akan mempermudah Anda seterusnya untuk meluluhkan hati calon mertua

6. Tanyakan kabar mereka
Cara mengatasi rasa gugup ketika bertemu calon mertua adalah menanyakan kabar. Pertanyaan ini efektif untuk menjadi cara awal memulai pembicaraan dengan calon mertua. Selain terlihat ramah, Anda akan merasa jauh lebih tenang untuk melanjutkan pembicaraan dan di momen inilah Anda bisa memberikan bingkisan yang Anda bawa.

7. Menunjukkan sikap sabar dan toleransi
Saat berbicara topik tertentu, mungkin akan ada beberapa hal yang Anda kurang sependapat. Sebaiknya, Anda bersabar dan menerimanya, tidak perlu banyak bicara terlebih dahulu, apalagi jika ini merupakan pertemuan pertama yang akan menjadi nilai untuk Anda sendiri di mata calon mertua.

8. Bersikap sopan
Sesuaikan sikap dan nada bicara Anda dengan calon mertua. Jangan bersikap "sok tahu" karena bagaimanapun juga mereka orang tua yang sebaiknya diberikan pengertian dan jangan sampai Anda menggurui. "Beliau adalah orang yang lebih tua, seperti orang tua saya, jadi saya hormat kepada beliau, berbuat baik selayaknya saya memperlakukan orang tua saya," saran Nycta Gina aktris sekaligus istri dari Rizky Kinos yang berbagi pengalaman mulai dari pertemuan pertama dengan mertua hingga menjalin relasi ketika sudah menikah dalam Bridestory Unveiled The Podcast episode 18. Dalam pertemuan dengan calon mertua, Anda harus tahu kapan harus diam, berbicara, dan bertanya.

9. Menceritakan tentang diri sendiri secukupnya
Calon mertua Anda tentunya perlu mengetahui tentang diri Anda. Ceritakanlah mengenai latar belakang dan keluarga Anda seperlunya saja. Tidak perlu Anda membuka masalah keluarga terlalu dalam karena selain tidak etis, Anda akan membuat mereka tidak nyaman. Sebaiknya, jawab sejujurnya, namun dengan porsi yang tepat ketika ditanya mengenai Anda dan keluarga.

10. Perhatikan makanan dan minuman yang dihidangkan
Sebaiknya Anda tidak perlu pilih-pilih makanan karena itu akan membuat orang yang sudah menghidangkannya merasa tersinggung. Kalau Anda kurang suka, tetaplah memakannya dengan porsi yang lebih sedikit. Namun, jika Anda memiliki alergi pada salah satu menu, Anda cukup ucapkan maaf dan mengatakan bahwa Anda alergi terhadap makanan tersebut. Begitu pula dengan minuman, jika Anda dihidangkan minuman beralkohol, seperti wine, minumlah secukupnya agar diri Anda tetap terkontrol.

11. Tawarkan bantuan
Jika pertemuan dan makan-makan dilakukan di rumah, maka tawarkanlah bantuan seperti membereskan meja makan, cuci piring, atau bantu menyediakan hidangan penutup ke meja makan.

12. Jangan lupa untuk selalu berterima kasih
Tidak hanya harus diucapkan di akhir pertemuan sebelum Anda pulang atau berpisah dengan calon mertua, ucapan terima kasih sebaiknya selalu disampaikan ketika mereka menawarkan atau memberi bantuan sekecil apapun, misalnya menuangkan minuman Anda, menawarkan makanan, maupun memuji penampilan Anda.

13. Tetaplah menjadi diri sendiri dan bersikap apa adanya
"Saya tidak berusaha untuk bermuka dua atau carmuk sama calon mertua. Karena, di pikiran saya pada waktu itu kalau pada akhirnya jadi menikah dengan Kinos, orang tua Kinos akan menjadi orang tua saya juga, saya akan hidup bersama mereka," ungkap Nycta Gina. Sejak awal pertemuan Anda baiknya sudah membuka diri dan berlaku apa adanya. Tujuannya supaya nanti setelah menikah pun, mertua tidak merasa ada yang berubah dari Anda. Hal ini pun diamini oleh Ayoe Sutomo, seorang psikolog keluarga. "Pendekatan dengan cara membuka diri dan menjadi apa adanya sejak awal merupakan hal yang tepat sekali, tidak kemudian menjadi pura-pura baik yang akhirnya menunjukkan sikap yang berubah."

Simak tip-tip lainnya tentang menjalin hubungan dengan mertua dalam Bridestory Unveiled the Podcast: Tinggal Sama Mertua, Yes or No? bersama aktris Nycta Gina dan psikolog Ayoe Sutomo di tautan ini!

.


CREDIT TO VENDORS:

  • Photography: gettyimages

Temukan inspirasi pernikahan, pilihan vendor baru dan terbaik, serta beragam artikel menarik seputar tren dan hubungan pernikahan. Download aplikasi Bridestory sekarang di App Store dan Google Play Store

Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]

Show