11 Saran Jitu untuk Hubungan yang Awet dan Langgeng

by Dewi Mayang Sari [[ 1586224800000 | amDateFormat:'ll | HH:mm' ]] in Relationship Tips 

Colors:


  • 11 Saran Jitu Untuk Hubungan Yang Awet Dan Langgeng - 001

Berani mengambil langkah untuk menjalin sebuah hubungan berarti siap dengan segala konsekuensinya, termasuk konflik yang akan menerpa di antara Anda dan pasangan. Fase tersebut adalah hal yang sangat wajar mengingat naik turunnya sebuah hubungan merupakan suatu proses pembelajaran bagi kedua belah pihak. Namun, siapa yang tidak ingin hubungannya berjalan dengan awet sekaligus langgeng? Temukan 15 saran yang dapat membantu keberlangsungan hubungan Anda dan pasangan di bawah ini.

1. Belajarlah melepas masa lalu. Jika Anda baru saja menjalin sebuah komitmen yang baru, belajarlah untuk segera move on dari orang yang pernah singgah di hati Anda di masa lalu karena apabila Anda masih sering memikirkannya, bukan tidak mungkin hal itu malah akan memicu konflik antara Anda dan pasangan.

2. Bedakan antara menginginkan dengan membutuhkan. Apakah Anda mencintai pasangan berdasarkan kepribadiannya serta semua hal yang ada pada dirinya? Atau, Anda hanya membutuhkan pasangan karena faktor tertentu? Jika Anda hanya membutuhkannya, maka bisa dipastikan Anda memiliki rasa ketergantungan terhadap pasangan.

3. Komitmen yang harus selalu terjaga. Yakinkan pada diri Anda dan pasangan bahwa cinta saja tidak cukup untuk memperkuat pondasi suatu hubungan. Diperlukan komitmen yang besar agar ikatan yang tengah dijalani dapat berlangsung harmonis.

4. Berikan cinta yang mendalam walau sedang diberikan ujian. Sebuah hubungan tentu tidak selamanya akan berjalan dengan mulus, mengingat rintangan dalam bentuk apapun dapat berdatangan silih berganti. Ingatlah bahwa hal tersebut adalah ujian yang harus dilalui oleh setiap pasangan. Berikan dukungan satu sama lain apabila Anda atau pasangan tengah dilanda suatu musibah. Tetaplah berada di sampingnya agar ia tidak merasa sendiri dalam menghadapi segala permasalahannya.

5. Teruslah berusaha untuk memupuk rasa cinta. Telah menjalin komitmen yang serius bukan berarti Anda dan pasangan berhenti untuk saling berkencan. Justru hubungan kalian akan diuji apabila Anda dan pasangan tidak ada yang berusaha untuk terus menumbuhkan rasa cinta. Ujian tersebut dapat berupa adanya perselingkuhan ataupun rasa yang semakin berkurang satu sama lain.

6. Hubungan adalah sebuah timbal balik. Ikatan sebuah hubungan tidak akan bekerja apabila hanya salah satu pihak saja yang mengeluarkan effort lebih terhadap hubungan mereka. Jangan sampai hubungan Anda dan pasangan menjadi 'berat sebelah' karena hal tersebut akan menyebabkan hubungan yang tidak sehat.

7. Utamakan kejujuran dalam segala hal. Jangan pernah melakukan kebohongan kepada pasangan karena sekali Anda berbohong, maka Anda akan tergoda untuk melakukannya kembali di kemudian hari.

8. Pelajari macam-macam bahasa cinta. Setiap pasangan memiliki bentuk bahasa cintanya masing-masing. Ingatlah bahwa tidak semua orang dapat mengekspresikan rasa cintanya dengan mudah kepada pasangan. Bahasa cinta ini dapat berupa apresiasi atas pencapaiannya dan juga pujian-pujian kecil.

9. Komunikasi adalah nomor satu. Jika Anda dan pasangan sedang terlibat suatu pertengkaran, berikan waktu kepada pasangan untuk menjelaskan duduk permasalahan dari sisi perspektifnya terlebih dahulu. Barulah Anda menanggapinya kemudian untuk bersama-sama mencari jalan keluar. Kuncinya adalah dengan terus berkomunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

10. Kendalikan emosi. Hindari berbicara dengan nada tinggi dan berhati-hatilah dalam memilih kata-kata. Jangan sampai Anda atau pasangan melontarkan kalimat yang bisa menyakiti hati satu sama lain. Jika Anda terlanjur mengeluarkan kata-kata yang menyinggung, segeralah meminta maaf dan memberi penjelasan jika ada maksud baik di balik itu.

11. Jadikan pasangan sebagai sahabat baik Anda. Menjadikan pasangan layaknya sahabat bisa membuat Anda merasa nyaman untuk membuka diri serta bertukar pikiran. Dekatkan diri kepada teman-teman pasangan sebagai salah satu upaya untuk menjadikan pasangan layaknya sahabat terbaik bagi Anda.


CREDIT TO VENDORS:

  • Photography: iStock

Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content ]]

Show