10 Film Korea Inspiratif Bertema Cinta dan Keluarga

by Priska Siagian Feb 23, 2021 | 09:00 in Relationship Tips 

Colors:


  • Photography: On Your Wedding Day 10 Film Korea Inspiratif Bertema Cinta dan Keluarga - Bridestory

Film asal Negeri Ginseng memang tengah menarik perhatian orang Indonesia belakangan ini. Hampir setiap genre film Korea yang masuk ke Indonesia berhasil "menyihir" banyak orang untuk menontonnya sampai selesai. Apalagi kalau tema filmnya bercerita tentang cinta dan keluarga, film Korea seolah menjadi jaminan menjadi trending topic di berbagai sosial media.

Yang menarik dari film Korea adalah jalan ceritanya selalu dibuat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Inilah yang membuat para penonton terkoneksi dengan pergulatan emosi. Dan pada film Korea bertema cinta pertama dan keluarga, pesan tentang memperjuangkan cinta serta kasih sayang keluarga begitu kuat. Alhasil para penonton sering merasa tengah "belajar" tentang nilai-nilai kehidupan melalui film.

Untuk menyemangati Anda dan pasangan agar tetap menjaga kehangatan cinta dalam keluarga, Bridestory memilihkan film-film Korea bertema cinta pertama dan keluarga yang sangat inspiratif. Berikut daftar 10 filmnya:

1. Wedding Dress (2010)

Film ini dengan sempurna bercerita tentang bagaimana seorang ibu dan anak, pada dasarnya akan melakukan apa saja untuk memberikan kebahagiaan satu sama lain. Meski punya tujuan yang sama, tapi cara keduanya mengekspresikan cintanya berbeda.

Wedding Dress bercerita tentang Seo Go Eun (Song Yoon Ah) yang adalah seorang perancang gaun pengantin dan single mother yang hidup bersama putri kecilnya Jang So Ra (Kim Hyang Gi). Ia kemudian didiagnosa kanker lambung bertekad menjadi ibu yang baik, mulai dari belajar memasak, menjemput sekolah sampai bertekad membuatkan baju pengantin untuk putrinya. Film ini semakin mengaduk emosi karena Go Eun mengira So Ra tak tahu tentang penyakitnya, tapi justru putrinya itulah yang nantinya mewujudkan semua keinginan ibunya secara diam-diam.

2. A Moment to Remember (2004)

Jika ditanya apa definisi cinta sejati atau true love, mungkin sebagian besar orang akan menjawab dengan komitmen untuk tetap mencintai dalam segala situasi. Film A Moment to Remember adalah bercerita tentang menjaga komitmen cinta meski pasangan berada dalam kondisi terburuk.

Film ini bercerita bagaimana Chul Soo (Jung Woo Sung) yang tetap mencintai istrinya, Su Jin (Son Ye Jin), meski penyakit Alzheimer meredupkan segala definisi dan cerita cinta di dalam memori istrinya. Ia terus berjuang mengembalikan memori istrinya dengan membuat memo-memo. Tak hanya itu, Chul Soo juga tetap berkomitmen selalu bersama meski Su Jin sempat memilih untuk meninggalkannya.

3. Miss Granny (2014)

Film drama komedi ini diawali dengan jalan cerita yang sedikit mellow karena seorang ibu berusia 74 tahun, Oh Mal Soon (Na Moon-hee), ditelantarkan oleh anak dan menantunya. Alur film kemudian berputar menjadi komedi ketika Mal Soon berfoto di sebuah studi foto yang kemudian mengubah dirinya. Selesai berfoto, ia kemudian menjadi muda kembali, tampilannya persis ketika masih berusia 20 tahun.

Mal Soon pun mewujudkan mimpi-mimpinya ketika muda, seperti mengajar, menyanyi, bahkan merasakan kembali jatuh cinta. Apakah ini membuatnya ingin tetap berada di usia 20 tahun? Apakah kehidupan cintanya berakhir bahagia? Temukan semua jawabannya di film ini. Pesan yang paling kuat terasa pada film ini adalah orang tua akan tetap mencintai anak dan cucunya, meski di masa tua, mereka sering kali diabaikan.

4. My Bossy Girl (2019)

Film berdurasi 100 menit ini bergenre komedi romantis. Diperankan oleh Lee Elijah dan Ji Il Joo, film ini bercerita tentang kisah percintaan laki-laki pemalu dengan perempuan yang tidak sabaran.

Adalah Hwi So, seorang mahasiswa jurusan teknik yang secara tidak sengaja bertemu dengan Hye Jin. Dibilang tidak sengaja karena Hye Jin menabrak Hwi So yang merupakan penyandang disabilitas, tapi punya bakat memanah yang sangat handal. Lantas, bagaimanakah pertemuan yang tidak menyenangkan ini berakhir? Apakah keduanya berhasil membina hubungan atau justru kandas di tengah jalan? Saksikan film ini bersama pasangan, pasti akan membuat sesi kencan menjadi lebih romantis dan juga penuh tawa.

5. Moonlit Winter (2019)

Tema film ini adalah tentang cinta pertama dan hubungan ibu dengan anak. Adalah Yoon Hee, orang tua tunggal yang hidup bersama satu anak remajanya, Sae Bom. Keseharian mereka awalnya biasa saja, Yoon Hae sibuk dengan urusan pekerjaan dan rumah, sedangkan Sae Bom fokus pada urusan sekolahnya.

Pergolakan emosi mulai terjadi ketika keduanya melakukan perjalan ke Jepang untuk menemukan cinta pertama Yoon Hae, namun Sae Bom tidak mengatakan "misi" tersebut pada ibunya. Lantas, berhasilkah mereka menemui cinta pertama Yoon Hae? Mengapa Sae Bom bersiasat mempertemukan ibunya dengan cinta pertamanya? Saksikanlah film drama romantis bertemakan keluarga ini bersama pasangan Anda.

6. On Your Wedding Day (2018)

Jika Anda mencari film bertemakan cinta pertama, maka film On Your Wedding Day patut ditonton bersama. Adalah Hwang Woo Yeon (Kim Young Kwang) yang jatuh cinta kepada pujaan hatinya Seung Hee (Park Bo Young) sejak bersekolah di SMA yang sama. Tapi cinta Woo Yeon bertepuk sebelah tangan karena Seung Hee tidak tertarik sama sekali kepadanya. Ia bahkan hanya dijadikan pacar pura-pura agar Seung Hee tidak diganggu di sekolahnya karena statusnya sebagai murid baru.

Status pacar pura-pura inilah yang kemudian menumbuhkan benih-benih cinta pada Seung Hee. Woo Yeon berhasil mengubah Seung Hee menjadi pribadi yang tak hanya menarik, tapi juga baik hati. Namun sayangnya, cinta mereka harus kandas karena Seung Hee terpaksa pindah ke lain kota karena keluarganya mengalami masalah yang berat. Woo Yeon begitu terpukul, apalagi Seung Hee pergi tanpa berpamitan kepadanya. Tapi, semesta punya cara lain untuk menguji ketahanan cinta mereka. Keduanya bertemu kembali di bangku kuliah. Naik-turunnya perjalanan cinta keduanya selama 10 tahun akan mengaduk emosi Anda dengan sempurna, lengkap dengan rasa penasaran untuk membuktikan apakah obsesi cinta pertama ini berakhir bahagia.

7. Hi Bye, Mama! (2020)

Drama seri ini memiliki ide cerita yang unik, yaitu tentang seorang perempuan hamil yang meninggal karena kecelakaan tragis. Sekilas Anda mungkin berpikir ini drama seri horor, inilah salah satu kelebihan film dan drama seri Korea, mereka selalu bercerita tentang cinta dari perspektif yang luas.

Perempuan hamil yang meninggal itu adalah Cha Yoo Ri (Kim Tae-Hee) yang meminta dokter untuk menyelamatkan anak dalam kandungannya daripada dirinya. Setelah 5 tahun berlalu, Yoo Ri masih belum bisa meninggalkan dunia karena ia merasa masih ada yang belum selesai dari perjalanan hidupnya, apalagi suaminya, Cho Gang-hwa (Lee Kyu-Hyung). masih terus merasa bersalah atas meninggalnya Yoo Ri. Sebagai dokter bedah terkenal, Gang Hwa merasa sia-sia ketika ia tidak bisa menyelamatkan istrinya. Cerita semakin menarik ketika Yoo Ri diberi kesempatan untuk hidup selama 49 hari untuk memutuskan apakah ia ingin kembali menjadi manusia dan hidup bersama keluarganya atau bereinkarnasi. Pergulatan emosi antara memberi tahu kepada anaknya bahwa ia ibu kandungnya yang telah meninggal, tapi hidup kembali, atau mempercayakan anak dan suaminya kepada istri baru suaminya.

8. It's Okay to Not Be Okay (2020)

Yang menarik dari drama seri ini adalah tema ceritanya tidak hanya tentang cinta, tapi juga mengangkat tentang kesehatan mental. Moon Kang Tae adalah (Kim Soo Hyun) pekerja di bangsal psikiatris, yang tidak percaya pada cintam hidup bersama kakaknya, Moon Sang Tae (Oh Jung Se), yang mengidap autisme.

Sang Tae sangat mengidolakan seorang penulis buku dogeng anak, Go Moon Young (Seo Ye Ji), yang punya karakter unik, yaitu anti sosial. Cerita semakin menarik saat Moon Young ternyata memiliki ketertarikan kepada Kang Tae. Dengan segala konflik yang muncul, drama seri ini selalu menegaskan betapa setiap orang bisa jadi memiliki traumanya sendiri. Tanpa berkesan menggurui, drama ini seolah ingin mengajak para penonton untuk tidak menghakimi trauma masa lalu setiap orang dan menekankan pentingnya untuk memaafkan diri sendiri.

9. What's Wrong With Secretary Kim (2018)

Drama bergenre komedi romantis ini bercerita tentang Kim Mi So (Park Min Young), sekretaris pribadi CEO muda Lee Young Joon (Park Min Young). Mi So dikenal sebagai pekerja yang ulet dan telaten, selama sembilan tahun bekerja ia tidak banyak berlibur dan bahkan tidak berkencan. Young Joon sendiri adalah seorang bos yang menuntut kesempurnaan dalam bekerja dan Mi So selalu berhasil memenuhi standar itu.

Konflik mulai muncul ketika Mi So memutuskan berhenti bekerja dan Young Joon harus menyetujuinya karena gengsi mengakui kalau ia sudah begitu tergantunng pada sekretarisnya. Young Joon pun penasaran apa yang membuat Mi So mengundurkan diri. Inilah yang kemudian membuatnya mengenal Mi So lebih personal hingga muncul benih-benih cinta pada keduanya. Lantas, bagaimanakah keduanya menentukan status atas cinta yang tumbuh itu? Masukkan drama seri ini sebagai salah satu drakor yang wajib ditonton dengan pasangan.

10. The Most Beautiful Goodbye in the World (2017)

Film ini akan benar-benar menguras emosi Anda karena tema cerita yang dipilih sangatlah menyentuh. Kim In Hee (Won Mi Kyung) adalah seorang ibu rumah tangga yang sebagian besar waktunya didedikasikan untuk fokus mengurus mertuanya (Kim Young Ok) yang mengidap dimensia. Anak sulungnya, Yeon Soo (Choi Ji Woo), begitu sibuk bekerja, sedangkan anak bungsunya, Jung Soo (Choi Min Ho), sering mabuk dan tidak bersemangat mempersiapkan diri untuk masuk kuliah. Lalu suaminya, Jung Cheol (Yoo Dong Geun), lebih banyak menenggelamkan dirinya pada pekerjaanya sebagai dokter, tapi jarang sekali memperhatikan ibunya.

Drama dimulai ketika In Hee divonis kanker stadium terakhir. Tak hanya dirinya yang kaget akan vonis ini, seluruh anggota keluarga pun bereaksi emosional. Menyadari waktu kebersamaan dengan In Hee tidak banyak, seluruh anggota keluarganya pun mempersiapkan perpisahan terindah dan terbaik untuknya.

Menonton ke-10 film ini bisa menjadi "pintu masuk" untuk membicarakan bagaimana menghadapi konflik-konflik dalam keluarga dengan pasangan. Selain itu, Anda bisa menonton rekomendasi film lainnya pada artikel ini.


Temukan inspirasi pernikahan, pilihan vendor baru dan terbaik, serta beragam artikel menarik seputar tren dan hubungan pernikahan. Download aplikasi Bridestory sekarang di App Store dan Google Play Store

Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]

Show