Blog / Relationship Tips / Panduan Doa Meminta Jodoh serta Amalan yang Dianjurkan dalam Islam

Panduan Doa Meminta Jodoh serta Amalan yang Dianjurkan dalam Islam

Color:
Add To Board
panduan-doa-meminta-jodoh-serta-amalan-yang-dianjurkan-dalam-islam-1

Apakah Anda telah siap untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius? Dalam Islam, pernikahan merupakan sebuah ibadah terpanjang yang sejatinya perlu dijaga sampai maut memisahkan. Maka hendaknya setiap umat muslim perlu memperoleh pasangan terbaik untuk kehidupan jangka panjang. Keinginan untuk bisa segera menikah mungkin tengah dihadapi oleh sebagian orang yang hingga kini belum berhasil mendapatkan jodohnya. Selain berusaha memperbaiki diri dan memperluas pergaulan dengan orang-orang saleh, melafalkan doa meminta jodoh juga menjadi salah satu ikhtiar agar lekas dipertemukan dengan pasangan hidup yang baik. Sebenarnya, jodoh merupakan salah satu takdir yang sudah digariskan oleh Allah SWT dalam lauhul mahfud, sehingga Anda hanya perlu berusaha seraya berserah diri kepadaNya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Quran surah Az Zariyat ayat 49:

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

wa ming kulli syai`in khalaqnā zaujaini la'allakum tadzakkarụn

Artinya: "Dan segala sesuatu diciptakan berpasang-pasangan, agar kamu mengingat (kebesaran Allah)." (QS. Az Zariyat: 49).

Anda yang saat ini tengah menanti datangnya pasangan hidup dapat berusaha memantaskan diri sambil memperbanyak ibadah, beramal saleh, dan senantiasa memanjatkan doa kepada Allah SWT. Ada beberapa doa meminta jodoh yang bisa Anda panjatkan kepada Sang Khalik.

Panduan Doa Meminta Jodoh serta Amalan yang Dianjurkan dalam Islam Image 1

  1. Doa Mendapatkan Jodoh Terbaik
    وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
    Wallażina yaquluna rabbana hab lana min azwajina wa zurriyyatina qurrata a'yuniw waj'alna lil-muttaqina imama
    Artinya: Dan orang orang yang berkata, "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang bertakwa." (Q.S Al-Furqan: 74)
  2. Doa Memohon Jodoh untuk Perempuan
    رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة
    Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.
    Artinya: "Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisiMu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, dunia, dan akhirat."
  3. Doa Meminta Jodoh untuk Laki-laki
    رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ
    Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.
    Artinya: "Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat."
  4. Doa Meminta Jodoh agar Lekas Disegerakan
    وَزَكَرِيَّآ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥ رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ
    Robbi laa tadzarni fardan wa anta khoirul waaristin.
    Artinya: Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru ke Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkanku hidup seorang diri dan Engkaulah ahli waris yang paling baik." (Q.S Al-Anbiya: 89).
  5. Doa Meminta Jodoh dari Nabi Musa
    Berikut merupakan doa yang dipanjatkan Nabi Musa agar lekas dipermudah jodohnya oleh Allah Ta'ala.
    رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ
    Rabbi, inni lima anzalta ilayya min khairin faqir
    Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku. (Q.S Al-Qashas: 24).
  6. Doa Mendapatkan Jodoh yang Diinginkan
    رَبِّ إِنِّيْ لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ
    Robbi inni limaa anzalta ilayya min khoirin faqirun
    Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku." (QS. Al-Qashash: 24).

Amalan yang Perlu Dilakukan agar Cepat Dipertemukan Jodoh

Panduan Doa Meminta Jodoh serta Amalan yang Dianjurkan dalam Islam Image 2

Selain memanjatkan doa-doa, umat muslim yang sedang berusaha agar segera dipertemukan dengan jodohnya perlu melakukan amalan-amalan baik yang diridhoi Allah SWT demi bisa memberikan usaha yang seimbang. Ini beberapa amalan yang harus Anda lakukan.

  1. Memperbanyak Sholawat
    Sholawat adalah bentuk puji-pujian yang dilantunkan untuk Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Selain senantiasa memanjatkan doa, ada baiknya Anda juga rajin membaca sholawat Nabi untuk mempercepat datangnya jodoh. Lafalkan bacaan istighfar 100 kali, shallallahu Ala Muhammad sallallahu alaihi wasallam 100 kali, surat Al-Fajri, dan surat Al-Waqiah selama 41 hari berturut-turut.
  2. Menunaikan Sholat Hajat
    Sholat hajat dianjurkan oleh sejumlah ulama untuk Anda yang ingin diberikan kemudahan dalam menemukan jodoh dan rezeki yang berlimpah. Ibadah sunnah yang dilakukan dalam dua rakaat ini akan lebih baik bila didirikan saat sepertiga malam terakhir atau berkisar antara pukul 01.00 hingga menjelang waktu subuh.
  3. Senantiasa Bersedekah
    Allah mencintai hambaNya yang dermawan dan senantiasa berbuat dalam kebaikan. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk usaha agar cepat didekatkan jodoh adalah dengan bersedekah, baik itu kepada keluarga, saudara, korban bencana alam, yatim piatu, fakir miskin, hingga orang-orang yang membutuhkan. Keutamaan sedekah tercantum dalam QS. Al-Hadid ayat 18 yang berbunyi:
    إِنَّ ٱلْمُصَّدِّقِينَ وَٱلْمُصَّدِّقَٰتِ وَأَقْرَضُوا۟ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ
    innal-muṣṣaddiqīna wal-muṣṣaddiqāti wa aqraḍullāha qarḍan ḥasanay yuḍā'afu lahum wa lahum ajrung karīm
    Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak."
  4. Membaca Sholawat Nariyah
    Salah satu bentuk ikhtiar agar segera didekatkan jodoh adalah dengan membaca sholawat Nariyah sebanyak 31 kali usai menunaikan sholat Subuh. Membaca shalawat Nariyah juga menjadi bentuk aduan kepada Allah SWT saat seseorang tengah menghadapi masalah yang cukup rumit. Berikut bacaan sholawat Nariyah:
    اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ
    Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman 'ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl 'uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu. Wa tuqdhaa bìhìl hawaa'ìju Wa tunaalu bìhìr raghaa'ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa 'alaa aalìhì, wa shahbìhì 'adada kullì ma'luumìn laka.
    Artinya: "Ya Allah, berikanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengannya juga ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, serta memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dengan seluruh ilmu yang Engkau miliki."
  5. Memohon Ampunan kepada Allah SWT
    Sebagai manusia kita tentu tidak pernah luput dari segala dosa dan kekhilafan, baik yang disengaja ataupun tidak. Untuk itu, kita dianjurkan oleh Rasulullah untuk selalu memohon ampunan kepada Allah. Membaca doa mohon ampunan merupakan salah satu cara terbaik untuk meminta ampun kepada Allah atas kekhilafan yang dilakukan. Doa mohon ampun baik dibaca setiap hari, terutama setelah sholat fardhu. Berikut doa mohon ampun yang bisa dibaca:
    Allahummaghfir li khathi'ati wa jahli, wa israfi fi amri, wa ma anta a'lamu bihi minni. Allahummaghfir li jiddi wa hazli, wa khatha'i wa 'amdi. Wa kullu dzalika 'indi. Allahummaghfir li ma qadamtu wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a'lantu, wa ma anta a'lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru, wa anta 'ala kulli syai'in qadirun.
    Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah kekeliruan dan kebodohanku, kelewatan batasku dalam sebuah hal, dan dosaku yang mana Kau lebih tahu dariku. Tuhanku, ampunilah dosaku dalam serius dan gurauanku, kekeliruan dan kesengajaanku. Apa pun itu semua berasal dariku. Tuhanku, ampunilah dosaku yang terdahulu dan terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan kunyatakan, dan dosa yang mana Kau lebih tahu dariku. Kau Maha Terdahulu. Kau Maha Terkemudian. Kau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Demikian beberapa doa dan amalan yang bisa Anda tunaikan ketika tengah merasa kesulitan dalam menemukan jodoh. Semoga segala bentuk ikhtiar yang sudah dilakukan akan segera mendapat jawaban dari Allah SWT.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now