Blog / Wedding Ideas / 5 Cara Mudah Melipat dan Mengemas Jas untuk Destination Wedding

5 Cara Mudah Melipat dan Mengemas Jas untuk Destination Wedding

Color:
Add To Board
5-cara-mudah-melipat-dan-mengemas-jas-untuk-destination-wedding-1

Selama ini, Anda mungkin biasa meletakkan jas Anda di lemari dengan cara menggantungnya agar senantiasa rapi dan tetap awet. Namun, bagaimana bila suatu saat jas tersebut diperlukan dalam acara-acara tertentu yang mengharuskan Anda untuk mengemasnya ke dalam koper atau tas jinjing? Memutuskan untuk membawa setelan formal saat harus menghadiri acara khusus, baik itu pernikahan ataupun perjalanan bisnis, memang menjadi tantangan tersendiri. Anda harus memastikan bahwa jas yang akan dikenakan nanti benar-benar tetap dalam keadaan terbaiknya hingga sampai ke tujuan, mengingat tak jarang pakaian formal yang sudah dikemas ke dalam koper atau tas jinjing justru malah berakhir kusut. Sebelum Anda mempelajari bagaimana teknik yang cerdas untuk melipat jas formal Anda, perhatikan lebih dulu sejumlah tips berikut ini, seperti dilansir dari suitsexpert.com:

  • Pilih Koper atau Tas Jinjing Berkualitas Terbaik
    Pertama-tama, Anda perlu memerhatikan bagaimana kualitas koper atau tas jinjing sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan. Sebuah merek terpercaya dengan kredibilitas yang tinggi hampir pasti sudah menjamin kualitas terbaik, jadi Anda hanya tinggal menyesuaikannya saja dengan kebutuhan. Bila Anda memilih untuk menggunakan koper, pastikan koper tersebut memiliki daya tampung yang tepat dengan ruang maksimal agar pakaian formal dan aksesori Anda dapat dikemas dengan baik. Sementara untuk alternatif berupa tas jinjing, memilih ukuran yang sedikit lebih besar dan memiliki karakteristik keras di kedua sisinya sangatlah direkomendasikan. Ini sangat penting agar seluruh barang bawaan Anda bisa mendapatkan perlindungan maksimal.
  • Bawalah Steamer untuk Mengatasi Pakaian yang Kusut
    Sudah memastikan pakaian terlipat dengan rapi dan menempatkannya sebaik mungkin, bukan berarti setelan formal Anda tidak akan terhindar dari kusut. Pertimbangkan untuk membawa steamer atau setrika uap untuk menghilangkan kerutan pada bahan baju tersebut dengan cepat. Jenis steamer genggam menjadi salah satu yang paling favorit karena kemudahan penggunaannya. Anda cukup menggantung pakaian dengan hanger, kemudian tuangkan air dingin ke dalam tangki steamer, sambung kabel dengan stop kontak, dan tunggu hingga panas, lalu posisikan steamer ke bagian busana yang kusut dengan menggerakan perlahan dari atas ke bawah. Selain lebih praktis, steamer juga memungkinkan untuk bisa masuk ke dalam koper Anda ketimbang setrika biasa.

5 TEKNIK MENGEMAS JAS KE DALAM KOPER

Mengemas jas ke dalam koper bisa Anda lakukan dengan sejumlah teknik terbaik yang dapat menjamin pakaian formal Anda bebas lecak. Ikuti kelima metode berikut ini untuk langkah-langkah termudah melipat jas Anda dengan tepat ke dalam koper:

Cara Melipat Jas yang Sederhana

Ini adalah teknik melipat jas yang paling populer dan sudah dilakukan dari generasi ke generasi, meskipun Anda mungkin akan menemukan jejak-jejak lipatan apabila tidak benar-benar memerhatikan setiap detailnya saat melipat. Jadi, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati.

5 Cara Mudah Melipat dan Mengemas Jas untuk Destination Wedding Image 1

  1. Bentangkan jas Anda pada permukaan datar, menghadap ke bawah (bagian punggung diposisikan menghadap Anda).
  2. Lipat sisi bahu kiri jas menuju titik tengah punggung, kemudian beri sedikit tekanan menyeluruh untuk memastikan bahwa bagian lengannya telah rata.
  3. Ambil sisi bahu kanan jas, dan lipat ke belakang dengan cara yang sama seperti tadi. Pastikan kedua lengan saling bertumpang-tindih dan sejajar dengan punggung jas.
  4. Lipat kembali jas menjadi dua secara horizontal. Ambil ujung bagian bawah jas dan lipat ke arah atas dengan perlahan, posisikan ujungnya agar tepat menyentuh bagian bawah kerah.
  5. Langkah terakhir, selipkan tangan Anda perlahan ke bagian bawah jas, dan balikkan. Jas Anda sudah berhasil terlipat dengan benar apabila telah berbentuk kotak sempurna dengan kerah yang mengarah ke atas.

Cara Melipat Jas dengan Plastik Dry-Cleaning

Beberapa orang memilih untuk mengemas jas mereka dengan plastik laundry dengan harapan agar material jas tersebut tidak bergesekan satu sama lain ataupun dengan busana yang lainnya. Anda dapat menggunakan metode ini untuk lebih menghemat waktu dan tenaga sekaligus menjaga agar jas Anda tetap dalam keadaan terbaiknya.

5 Cara Mudah Melipat dan Mengemas Jas untuk Destination Wedding Image 2

  1. Pilih hanger atau gantungan baju yang lebar dan kokoh, lalu gantung jas Anda dan masukkan ke dalam plastik laundry.
  2. Ambil bagian bawah jas dan lipat ke arah atas hingga mencapai garis kerah, lalu tekan-tekan sedikit untuk memastikan tidak ada lagi udara yang mengendap di dalam.
  3. Kemas jas ke dalam koper.

Cara Melipat Jas dengan Teknik Selip Bahu

Metode selip bahu merupakan salah satu cara melipat jas yang paling umum dan dipercaya mampu menjaga agar bagian terluar dari jas formal Anda tetap rapi. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

5 Cara Mudah Melipat dan Mengemas Jas untuk Destination Wedding Image 3

  1. Angkatlah jas hingga sejajar di hadapan Anda, pegang bagian bahunya, lalu balikkan agar bagian punggung jas yang menghadap langsung dengan wajah Anda.
  2. Balikkan salah satu bagian bahu ke arah Anda. Caranya adalah dengan menarik permukaan bagian dalamnya ke arah luar.
  3. Kemudian, selipkan bagian bahu yang satunya ke dalam bahu jas yang sudah diputar tadi. Jangan lupa rapikan kerah jas.
  4. Dorong bahu sejauh mungkin ke arah dalam untuk memperkecil ukuran jas Anda. Lakukan dengan perlahan untuk mengindari timbulnya kerutan atau lecek.
  5. Terakhir, lipat jas Anda menjadi dua dari bawah ke atas. Masukkan ke dalam koper.

Cara Mengemas Jas dengan Metode Gulung

Berencana membawa koper yang tidak terlalu besar, namun khawatir bila setelan jas Anda berpotensi memakan banyak tempat? Jangan khawatir, dengan menggunakan metode gulungan, Anda justru akan memiliki banyak ruang untuk barang-barang pribadi Anda yang lainnya, mengingat teknik yang satu ini memungkinkan jas Anda untuk dapat dilipat ke dalam ukuran yang jauh lebih kecil. Ikuti caranya di bawah ini:

5 Cara Mudah Melipat dan Mengemas Jas untuk Destination Wedding Image 4

  1. Pegang bagian bahu jas dengan punggung yang menghadap langsung dengan wajah Anda.
  2. Balik salah satu bagian bahu ke arah Anda dengan menarik permukaan bagian dalamnya ke arah luar.
  3. Kemudian, selipkan bagian bahu yang satunya ke dalam bahu jas yang sudah diputar tadi, lalu rapikan kerah jas.
  4. Dorong bahu sejauh mungkin ke arah dalam untuk memperkecil ukuran jas Anda. Tetaplah melakukannya dengan hati-hati untuk mengindari timbulnya kerutan atau lecak.
  5. Letakkan kemeja di bagian atas permukaan jas, dan gulung memanjang.
  6. Pegang bagian atas jas dan gulung perlahan bersama kemeja tadi ke arah bawah. Pastikan hasil gulungan benar-benar melingkar dengan sempurna.
  7. Masukkan ke dalam koper.

Cara Melipat dan Mengemas Celana Jas

Selain jas, penting untuk memberi perhatian pada celana bahan yang nantinya akan dikenakan bersama jas formal Anda. Pelajari bagaimana cara melipat celana bahan dan jas sekaligus ke dalam sebuah lipatan persegi yang rapi, di bawah ini:

5 Cara Mudah Melipat dan Mengemas Jas untuk Destination Wedding Image 5

5 Cara Mudah Melipat dan Mengemas Jas untuk Destination Wedding Image 6

  1. Pegang celana Anda secara terbalik. Lalu perhatikan bagian ujung pergelangan kaki, tentukan di mana letak lipatan alami dari kedua sisi celana Anda.
  2. Bentangkan celana Anda pada permukaan yang datar untuk memastikan lipatan Anda benar-benar rapi. Kemudian, lipat salah satu kaki dan letakkan bertumpang-tindih di atas kaki yang lainnya. Rapikan celana dengan menyesuaikan garis lipatan.
  3. Letakkan jas Anda yang sudah terlipat di atas permukaan celana, tepat di tengah.
  4. Lipat bagian bawah celana ke atas permukaan jas.
  5. Terakhir, lipat bagian atas celana ke arah bawah hingga pinggangnya sejajar dengan tepi sisi yang berlawanan. Pastikan lipatan Anda sudah berbentuk persegi yang rapi dan siap dikemas ke dalam koper.

Cara Melipat dan Mengemas Kemeja

Sebuah setelan formal tak akan lengkap tanpa hadirnya kemeja. Anda harus benar-benar hati saat melipat jenis pakaian yang satu ini, mengingat karakteristik bahannya yang cenderung mudah lecak. Perhatikan bagaimana cara melipat dan mengemas kemeja Anda dengan tepat berikut ini:'

5 Cara Mudah Melipat dan Mengemas Jas untuk Destination Wedding Image 7

  1. Bentangkan kemeja secara terbalik pada permukaan yang datar (akan lebih baik bila diletakkan di atas meja).
  2. Lipat kedua bagian lengannya ke arah tengah. Lengan sebelah kanan lurus ke bawah, sementara lengan sebelah kiri ditarik ke atas.
  3. Buat lipatan lagi kira-kira 3 inchi dari setiap tepinya ke bagian tengah.
  4. Lipat separuh bagian bawah ke atas untuk melipat kaos menjadi dua secara horizontal. Ulangi kembali hingga membentuk kotak sempurna.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now