Blog / Wedding Ideas / Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda

Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda

Color:

Sudah bukan menjadi rahasia umum, bahwa pengantin akan memiliki aura kecantikan yang terpancar dan membuat "pangling" di hari pernikahan mereka. Namun hal ini tidak berarti Anda bisa meremehkan gaya riasan untuk hari pernikahan Anda. Ingat, pernikahan Anda akan berlangsung selama berjam-jam, cukup lama untuk membuat dahi Anda berminyak dan mata Anda terlihat lelah. Sudah seharusnya saat hari pernikahan Anda menggunakan produk dan gaya riasan yang berbeda. Riasan pernikahan yang tepat akan meningkatkan kecantikan alami Anda dan membuat Anda lebih terlihat sempurna baik secara pada hari pernikahan Anda.

Memilih tampilan dan teknik riasan yang tepat bisa menjadi hal yang membingungkan. Namun, mengetahui dasar-dasar riasan pernikahan juga menjadi hal wajib Anda ketahui meskipun Anda berencana untuk menyewa jasa penata rias profesional. Gulir ke bawah untuk mengetahui semua yang perlu Anda pahami tentang tampilan pengantin yang sesuai dengan pernikahan dan kepribadian Anda.

Gaya Riasan Pernikahan Populer

Ada banyak penampilan pengantin yang bisa disesuaikan dengan ragam konsep pernikahan. Baik itu perayaan intim atau pernikahan grand ballroom, yang terpenting adalah memilih gaya rias wajah yang mewakili kepribadian Anda. Simak beberapa tampilan pernikahan populer yang telah kami kumpulkan di bawah ini, dan pilih salah satu yang paling sesuai dengan kepribadian Anda.



Add To Board
romantic_glam_i3pmvp.jpg

Photography: Felicia Sasongko - Justin Henry

Romantis, glamor, atau keduanya?

Rona pastel pink, soft rose, dan peach yang dipadukan dengan abu-abu netral, konsep riasan ini cocok untuk pengantin yang mengimpikan pernikahan bak negeri dongeng. Jika Anda merencanakan pernikahan impian yang dipenuhi bunga, tampilan ini mungkin cocok untuk Anda. Selain itu, jika pernikahan Anda berkonsep pesta ballroom dengan dekorasi mewah serta ribuan tamu undangan, pilihlah riasan yang akan membuat Anda menonjol dari keramaian. Konsultasikan fitur terbaik dari wajah Anda pada makeup artist, seperti mata atau bibir, dan highlight dengan riasan.

Add To Board
modern_traditional_lefzz9.jpg

Photography: Make up by Ayura - Yurica Darmawan

Trik Merias Mata

Mata biasanya merupakan fitur wajah pertama yang diperhatikan orang. Oleh karena itu, mata adalah bagian terpenting dalam keseluruhan tampilan riasan. Satu hal yang perlu diingat adalah, bahwa setiap orang memiliki bentuk mata yang berbeda, dan riasan mata yang terlihat bagus pada orang lain belum tentu terlihat bagus pada Anda. Untuk setiap bentuk mata, ada teknik yang berbeda saat mengaplikasikan eyeliner dan eyeshadow. Jangan khawatir, kami telah menyiapkan beberapa gaya riasan mata dasar untuk Anda coba di bawah ini.


Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda Image 1


Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda Image 2


Panduan Memilih dan Mengaplikasikan Perona Pipi

Rona kulit yang berbeda akan membutuhkan warna perona pipi yang berbeda. Kenali rona warna yang tepat untuk mendapatkan tampilan berseri dan sehat alih-alih tampilan pucat.

  1. Kulit Putih
    Untuk Anda yang berkulit terang dengan undertone pink, blush on pinkish adalah pilihan terbaik. Jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, cobalah nuansa nude. Jika Anda memiliki kulit putih gading, gunakan bronzer lembut sebagai alas riasan dan sempurnakan dengan perona pipi merah muda. Ingatlah untuk menghindari perona pipi ungu dan bronzer gelap, karena dapat membuat kulit Anda terlihat kontras.
  2. Kulit Sawo Matang
    Jika Anda memiliki kulit sawo matang, pilih warna mauve (lembayung) dan berry untuk perona pipi Anda. Dan, bagi Anda yang memiliki warna dasar kulit cenderung kuning keemasan, perona pipi merah muda peachy bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Untuk perayaan luar ruang, di bawah sinar matahari, pilihlah perona pipi berwarna oranye yang akan membuat Anda terlihat segar merona. Hindari blush on berwarna abu-abu atau pink muda.
  3. Kulit Berwarna Kecoklatan
    Ada banyak pilihan blush on untuk Anda yang memiliki kulit berwarna kecoklatan. Jangan ragu untuk mengaplikasikan warna-warna hangat, seperti oranye, aprikot, perunggu, dan plum. Selalu pilih lapisan shimmery emas dan hindari lapisan keperakan yang dapat meninggalkan bekas putih pada wajah Anda.
  4. Kulit Berwarna Gelap
    Jika kulit Anda gelap, pilihan Anda mirip dengan warna kulit zaitun. Perbedaan utama adalah Anda harus memilih warna yang lebih dalam. Jika Anda memiliki undertone atau warna dasar kulit cenderung kekuningan, rona oranye tua akan menjadi pasangan terbaik Anda. Bagi Anda yang memiliki warna gelap kemerahan, warna berry akan mempercantik kulit ebony Anda. Setelah memilih warna perona pipi yang tepat untuk warna kulit Anda, berikut tips bagaimana cara mengaplikasikannya dengan benar berdasarkan bentuk wajah Anda.

Setelah mengetahui warna perona wajah yang cocok, pastikan Anda mengetahui cara mengaplikasikan blush on berdasarkan bentuk wajah Anda.

Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda Image 3



  1. Wajah Berbentuk Oval
    Aplikasikan perona pipi pada tulang pipi Anda secara melingkar, dan ratakan ke arah luar ke arah telinga Anda.
  2. Wajah Berbentuk Persegi
    Untuk menyamarkan bentuk wajah persegi agar tampak ramping, aplikasikan perona pipi dari hidung secara linier.
  3. Wajah Berbentuk Panjang
    Untuk Anda yang memiliki wajah berbentuk panjang, aplikasikan perona pipi dari bagian atas tulang pipi Anda dan ratakan hingga pelipis Anda. Atau, Anda bisa mengaplikasikan perona pipi dari bagian luar pipi ke arah telinga.
  4. Wajah Berbentuk Bulat
    Buatlah kesan ramping dan kecil ke wajah bulat Anda dengan membubuhkan perona pipi Anda secara diagonal, mulai dari bagian atas pipi hingga di bawah tulang pipi dan ke arah luar ke arah pelipis Anda.
  5. Wajah Berbentuk Hati
    Untuk membantu menyeimbangkan garis rahang yang kuat, sapukan perona pipi Anda di bagian bawah tulang pipi Anda, seperti cara Anda mengaplikasikan kontur pada wajah.

Tips Memilih Lipstik yang Sempurna

Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda Image 4

Fotografi: Morden



Menemukan lipstik yang tepat untuk hari pernikahan Anda bisa menjadi hal yang sedikit rumit. Memilih berbagai warna lipstik dari ratusan merek akan membuat Anda bingung. Namun, tidak perlu khawatir, karena kami telah menyiapkan panduan sederhana untuk memilih warna lipstik yang cocok untuk dikenakan di hari pernikahan Anda.

  1. Warna Kulit
    Kulit Berwarna Putih
    Nuansa merah, pink, dan oranye akan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah. Pilihan lipstik dengan warna koral juga bisa menjadi alternatif lain bagi Anda, tetapi jika Anda mencari warna yang lebih dalam dan berani, cobalah warna terakota. Ingat, lebih baik hindari lipstik dengan warna coklat karena akan membuat wajah Anda terlihat kusam.
    Kulit Berwarna Kecoklatan
    Warna kulit seperti ini akan cocok dengan hampir semua warna lipstik. Sebagai pedoman dasar, pilih palet dengan lebih banyak warna merah dan oranye. Jika tidak ingin terlihat pucat, jauhi warna nude.
    Kulit Berwarna Gelap
    Warna-warna pekat seperti ungu, berry, dan merah marun akan sangat cocok di kulit gelap Anda dan membuat penampilan lebih memikat. Warna-warna ini akan memberi Anda tampilan pengantin klasik. Hindari palet warna yang lebih lembut daripada warna kulit Anda, karena dapat membuat kulit Anda terlihat pucat.

  2. Konsep Pernikahan
    Intimate wedding
    Baik Anda merencanakan pernikahan indoor atau outdoor, hindari warna yang terlalu gelap. Pilih lipstik berwarna merah terang, merah muda, atau bahkan koral untuk tampilan yang eksotis dan seksi. Anda juga dapat memilih hasil akhir matte yang sedang tren untuk jenis pernikahan ini.Pernikahan glamor
    Pilihan lipstik dengan warna berani dan bold akan sangat cocok dengan tema dan dekorasi pernikahan glamor. Lipstik merah tebal selalu menjadi pilihan favorit para pengantin, jangan lupa untuk menambahkan lipgloss atau glitter untuk menambahkan efek glossy pada bibir Anda.
  3. Jenis Bibir
    Bibir tipis
    Lipstik gelap cenderung membuat bibir tipis terlihat semakin tipis. Pilih warna yang lebih lembut, seperti cinnamon, koral, atau merah muda untuk menyempurnakan penampilan di hari pernikahan Anda.Bibir tebal
    Alih-alih warna terang, pilih warna yang gelap untuk memberikan sentuhan elegan pada tampilan Anda. Jangan lupa untuk menggunakan lip liner dengan warna yang sama sebelum mengaplikasikan lipstik, karena hal itu akan membantu Anda mendapatkan bentuk bibir yang sempurna dan tidak mudah luntur.

Aturan Memakai Lipstik Merah untuk Hari Pernikahan Anda

Lipstik merah bisa menyampaikan banyak makna, bisa bermakna manis dan menyenangkan, atau seksi dan glamor. Satu hal yang pasti, lipstik merah akan memberikan nuansa berkelas, abadi, dan menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Apabila Anda menginginkan tampilan modern, retro, atau bahkan bohemian sekalipun, lipstik merah akan cocok dalam segala acara. Tetapi ketika harus menggunakan lipstik merah pada hari pernikahan Anda, ada beberapa aturan yang sebaiknya Anda perhatikan!

  1. Temukan Palet Rona Merah yang Tepat
    Carilah warna merah sempurna yang bisa selaras dengan warna kulit Anda dan sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan. Semua warna merah akan terlihat bagus pada kulit putih, jadi hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah tampilan keseluruhan. Jika Anda ingin terlihat atraktif, warna oranye-merah bisa menjadi pilihan yang sempurna. Untuk tampilan yang lebih dramatis, pilih warna merah yang lebih gelap. Jika Anda memiliki kulit yang lebih gelap, Anda dapat memilih lipstik dengan hasil akhir yang glossy. Coba sebanyak mungkin lipstik merah hingga Anda menemukan warna yang sempurna. Jangan lupa untuk mengambil gambar setiap kali mengenakan lipstik, agar Anda dapat membandingkannya dengan mudah antara satu warna dengan warna lainnya.
  2. Padukan Tampilan dengan Riasan Mata yang Ringan
    Gunakan riasan yang fresh dan cantik untuk hari pernikahan Anda. Jangan terlalu menggunakan makeup yang terlalu tebal dan bisa membuatnya terlihat cakey di hari pernikahan Anda. Imbangi riasan mata dengan warna-warna netral dan biarkan bibir Anda yang berbicara.
  3. Rawat Bibir agar Tetap Lembap
    Satu malam sebelum hari pernikahan Anda, oleskan bibir Anda dengan lip balm atau petroleum jelly. Biarkan meresap ke dalam bibir Anda untuk membuatnya lembab di pagi hari. Hal ini bisa membuat lipstik di bibir Anda mudah menempel dan tidak cepat hilang.
  4. Buatlah Lipstick Anda Awet
    Setelah mengoleskan lip liner dan lapisan pertama lipstik, tempelkan tisu pada bibri dan aplikasikan bedak translucent di atasnya dengan kuas. Selanjutnya, aplikasikan lapisan lipstik lainnya. Pastikan Anda selalu memeriksa gigi dan bibir Anda saat retouching lipstik setelah makan atau minum.


Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda Image 5

Fotografi: Morden


Gaya Kuku untuk Pengantin

Kuku memainkan peran yang cukup penting dalam pernikahan, karena jari manis Anda akan menarik banyak perhatian, terutama saat pengantin pria memasangkan cincin di atasnya. Banyak fotografer yang juga akan memotret kuku Anda sebagai bagian dari foto detail pernikahan Anda. Kami telah mengumpulkan beberapa ide dan rekomendasi untuk membantu Anda memutuskan perawatan kecantikan tangan dan kuku pernikahan mana yang sempurna untuk Anda.

Klasik

Jika Anda menyukai hal-hal yang sederhana, nuansa klasik seperti nude atau putih mutiara akan cocok untuk Anda. Kombinasikan dengan bubuhan glitter untuk menampilkan efek berkilau atau berikan sentuhan French tips pada kuku Anda dengan garis asimetris.

Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda Image 6

Photography: Vea Nail Art, Nail Groomed


Modern

Pengantin dengan busana modern dan edgy akan menyukai kuku mereka untuk didekorasi dengan teknik negative space nails, garis geometris grafis, dan sentuhan akhir matte. Sebuah kolaborasi yang cantik apabila gaya modern ini dipasangkan dengan gaun berstruktur dan ramping.

Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda Image 7

Photography: Vea Nail Art

Color Nail Art

Gaun pernikahan putih akan sangat cocok ditemani dengan kuku berwarna bold yang atraktif. Anda bisa menggunakan tren ombre atau color blocking style dengan pilihan dua warna atau lebih. Jika Anda ingin mengeksplor dan menggunakan lima warna berbeda pada setiap jari, pilih warna pastel agar tidak terlihat berlebihan.

Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda Image 8

Photography: Kukulash

Glamor

Percantik penampilan Anda dengan sentuhan warna batu permata serta dengan sentuhan akhir metalik yang mengkilap. Gaya ini akan sempurna untuk pesta malam dalam nuansa formal.

Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda Image 9

Photography: Kukulash


4 Rekomendasi Vendor Salon Kuku di Jakarta

Satu atau dua hari sebelum pernikahan, lakukan manikur dan pedikur untuk tampil memukau di pernikahan Anda. Datanglah ke salon kecantikan, nail art atau seseorang yang ahli di bidangnya. Anda bisa berkonsultasi dengan nail artist untuk mengetahui jenis kuku dekoratif yang sesuai dengan pernikahan Anda. Sampaikan tema pernikahan dan palet warna Anda. Untuk membantu Anda mendapatkan manikur dan pedikur pernikahan terbaik, kami telah mengumpulkan empat layanan nail art yang menakjubkan di Jakarta.

  1. Vea Nail Art
    Salah satu tempat yang ahli dibidangnya di Jakarta, Vea Nail Art mengkhususkan diri dalam seni kuku 3D. Kuku palsu dilapisi tangan dengan cat gel dan dihiasi dengan pesona kuku impor yang cantik.
  2. Nail Groomed
    Nail Groomed menawarkan ekstensi kuku dan pilihan seni kuku yang meriah. Dengan nail art yang berkilauan, penuh warna, dan tiga dimensi, Nail Groomed adalah ahli manikur yang sempurna untuk pengantin fashion-maju.
  3. Kukulash
    Salon kuku dan spesialis bulu mata yang sedang naik daun ini pasti akan menarik perhatian Anda. Kukulash menawarkan berbagai produk kuku impor dari Taiwan dan Jepang. Mereka juga menyediakan layanan ekstensi bulu mata yang akan membantu Anda mendapatkan tampilan pengantin yang sempurna di hari pernikahan Anda.
  4. Nails & About
    Nails & About adalah salah satu ahli perawatan kecantikan pada kuku yang sedang naik daun di Jakarta. Desain kuku mereka yang halus akan sangat cocok untuk semua pengantin di luar sana.


Kesalahan Makeup Pernikahan yang Harus Dihindari

Trik Tampil Menawan di Hari Pernikahan Anda Image 10

Fotografi: Venema Pictures


Tampil cantik dan menawan merupakan impian dari semua pengantin di hari pernikahannya, jadi jangan sampai membuat kesalahan. Meski kesalahan adalah guru terbaik dalam hidup, Anda harus belajar dari kesalahan-kesalahan pengantin berikut untuk menghindari hal yang sama terjadi di hari pernikahan Anda.

  1. Memakai Terlalu Banyak Riasan
    Riasan yang terlalu tebal akan retak setelah beberapa saat, wajah Anda akan terlihat tidak bagus dengan tampilan cakey terutama di foto pernikahan Anda. Jangan menutupi wajah Anda dengan lapisan bulu mata palsu atau kontur dramatis yang akan membuat Anda terkesan heboh.
  2. Memaksa Diri Anda untuk Mencoba Semua Tren Terbaru
    Tren terbaru tidak selalu yang terbaik, sehingga jangan terlalu mengikuti tren untuk pernikahan Anda. Tren tersebut mungkin tidak cocok dengan wajah Anda, karena setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda. Menjadi cantik bukan tentang mengikuti setiap tren kecantikan, tetapi tentang memahami penampilan mana yang paling cocok untuk Anda.
  3. Melewatkan Perawatan Pra-Pernikahan
    Jangan ragu dan takut untuk memanjakan diri Anda sesekali, manjakan diri Anda dengan serangkaian perawatan spa, terutama sebelum hari istimewa. Perawatan ini akan membantu Anda membersihkan tubuh dan membuat kulit Anda bersinar lebih dari sebelumnya.
  4. Tidak Melakukan Uji Coba Makeup
    Jika Anda adalah tipe yang suka dengan percobaan, ini adalah kesempatan untuk mencoba hal-hal baru. Karena itu, penting untuk tidak melewatkan uji coba riasan pernikahan Anda. Atur jadwal dengan penata rias Anda dan cari tahu tampilan yang paling cocok untuk Anda.
  5. Lupa Merawat Alis
    Salah satu hal terpenting lainnya adalah memperhatikan alis Anda. Beberapa pengantin memiliki alis yang lebih tebal sehingga perlu dibentuk atau di-wax secara profesional. Usahakan untuk tidak menggambar alis terlalu tebal atau terlalu tipis, karena alis benar-benar dapat memengaruhi keseluruhan penampilan Anda.
  6. Tidak Menyiapkan Perlengkapan Alat Rias Darurat
    Jangan lupa untuk membawa perlengkapan makeup esensial untuk melakukan retouching, karena riasan yang Anda pakai di pagi hari tidak akan bertahan sepanjang hari. Sedikit sentuhan seperti mengoleskan lipstik atau bedak di wajah Anda akan membuat penampilan Anda tetap segar dan cantik. Selain itu Anda juga harus membawa beberapa jepit rambut, sebotol kecil parfum, dan tisu untuk menyerap keringat Anda. Hal ini akan sangat membantu jika Anda menghadapi keadaan tidak terduga pada riasan di hari pernikahan Anda.

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now