Blog / Wedding Ideas / Tips Menentukan Bridesmaid dan Groomsmen Untuk Pernikahan Anda

Tips Menentukan Bridesmaid dan Groomsmen Untuk Pernikahan Anda

Color:

Kebanyakan pasangan memilih untuk mengundang orang yang mereka cintai untuk lebih dari sekadar tamu. Saat ini, tidak lengkap rasanya apabila dalam sebuah pernikahan tidak dihadiri oleh pengiring pengantin wanita maupun pria atau bridesmaid dan groomsmen. Para tamu yang sangat istimewa ini memainkan peran penting dalam pernikahan sebagai sistem dukungan emosional, bantuan selama proses perencanaan pernikahan, dan juga sahabat yang dapat dipercaya untuk calon pengantin. Banyak pasangan yang begitu bersemangat saat memilih pengiring pengantin mereka, namun tidak semua orang tahu persis peran apa yang harus dilakukan saat bridal party. Simak artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dasar-dasar bridal party dan juga cara-cara kreatif saat meminta teman dan keluarga untuk menjadi bagian dari tim dalam pernikahan Anda.


Tips Menentukan Bridesmaid dan Groomsmen Untuk Pernikahan Anda Image 1


Apa yang dimaksud dengan bridal party?

Bridal party mengacu kepada sekelompok orang yang membantu mempelai wanita dan pria selama proses perencanaan pernikahan dan hari pernikahan. Tim ini biasanya terdiri dari maid of honor, best man, pengiring pengantin wanita, dan pengiring pengantin pria.

Secara tradisional, maid of honor yang merupakan pemimpin dari para pengiring pengantin dan orang yang memainkan peran terbesar dalam pernikahan, dan harus orang yang belum menikah. Tetapi jika teman atau anggota keluarga yang ingin Anda undang menjadi pendamping kehormatan adalah orang yang telah menikah, jangan khawatir, dia masih bisa menjadi bagian dari pernikahan Anda dan memiliki tanggung jawab yang sama dengan maid of honor. Perbedaannya hanyalah dari segi gelar yang didapatkan, yaitu matron of honor. Maid of honor biasanya diisi oleh saudara perempuan atau teman dekat dari mempelai perempuan. Meskipun pada dasarnya seorang pengantin wanita hanya memiliki satu maid of honor, akhir-akhir ini umumnya calon pengantin memiliki lebih dari satu. Bagian dari tim wanita juga terdapat pengiring pengantin yang bertanggung jawab untuk menghadirkan sang pengantin wanita di hari pernikahannya serta bekerja bersama dengan maid / matron of honor dalam melakukan tugas mereka.

Rombongan dari tim pria dibentuk oleh best man dan groomsmen. Best man merupakan pemimpin tim dan sering didefinisikan sebagai kerabat pria yang paling penting untuk membantu pengantin pria di hari pernikahannya. Ketika menyiapkan kebutuhan sang pengantin pria, best man seringkali dibantu oleh para groomsman. Pengiring pengantin laki-laki ini biasanya diisi oleh saudara laki-laki dari sang mempelai pria atau orang-orang dari sahabat dekatnya.

Apa yang mereka lakukan?

Selain menjaga pasangan agar senantiasa bahagia dan membuat hasil foto terlihat menarik, ada tanggung jawab tambahan yang harus dilakukan setiap anggota bridal party untuk membantu menciptakan pernikahan yang sukses. Untuk membuatnya tetap sederhana, kami telah menyusun tugas utama dari keempat anggota bridal party di bawah ini.

Tips Menentukan Bridesmaid dan Groomsmen Untuk Pernikahan Anda Image 2

Tidak peduli apapun peran dan tugas spesifik seseorang, satu hal yang perlu diingat adalah bahwa setiap anggota bridal party harus selalu memberikan dukungan moral yang baik kepada pengantin perempuan maupun pria. Sebagai calon pengantin, kami yakin Anda tahu bahwa terkadang perencanaan pernikahan dapat membuat stres. Oleh karena itu, setiap kali pengiring pengantin Anda memberikan dukungan moral dan tidak segan untuk mendengarkan keluh kesah Anda, percayalah bahwa mereka akan senantiasa menemani setiap langkah Anda. Itulah mengapa kehadiran mereka akan sangat berarti bagi Anda.

Membangun tim yang solid

Setelah Anda memahami konsep bridal party, inilah saatnya untuk membangun tim Anda. Pertimbangkan beberapa faktor penting ini dan biarkan mereka membantu Anda untuk menciptakan tim pernikahan impian Anda.

Tips Menentukan Bridesmaid dan Groomsmen Untuk Pernikahan Anda Image 3

Tips Menentukan Bridesmaid dan Groomsmen Untuk Pernikahan Anda Image 4

Berapa banyak orang yang harus saya undang di bridal party?

Hal ini merupakan masalah yang dapat memunculkan perdebatan. Sebenarnya, tidak ada aturan pasti mengenai berapa banyak anggota yang harus dimiliki saat pesta pengantin. Bahkan, jika Anda tidak memiliki pengiring pengantin sama sekali, itu terserah pada Anda. Namun, terdapat rata-rata jumlah pengiring pengantin wanita dan pria dalam sebuah tim, masing-masing berjumlah 4-6 orang.

Ketika Anda memutuskan berapa banyak anggota yang akan Anda miliki, ingatlah beberapa tips ini. Pertama, tetapkan jumlahnya dan pastikan itu tidak akan berubah di kemudian hari. Jika Anda ingin memiliki 10 anggota, maka tetapkan pilihan tersebut. Jika Anda menginginkan empat anggota, maka pertahankan. Jangan berubah pikiran seiring berjalannya waktu karena hal tersebut justru akan menghambat proses perencanaan Anda. Ingatlah bahwa jumlah anggota dari pesta pengantin akan menambah rincian budget pernikahan Anda karena kemungkinan besar Anda akan mengeluarkan biaya untuk gaun, pakaian, serta riasan mereka. Semakin banyak orang yang terlibat, maka semakin banyak jadwal yang harus disesuaikan. Jadi ingatlah juga tentang hal itu.

Kedua, ingatlah untuk selalu menyeimbangkan jumlah tim dengan jumlah tamu yang hadir secara keseluruhan. Misalnya, Anda memiliki 10 pengiring pengantin wanita dan 10 pengiring pengantin pria dengan hanya menghadirkan 50 tamu undangan. Jumlah tersebut tidak akan seimbang karena hampir setengah dari tamu yang hadir merupakan anggota dari pesta pengantin.

Siapa yang akan menghadiri bridal party?

Menentukan jumlah tim adalah hal yang terpenting, namun memilih orang yang akan masuk ke dalam tim Anda adalah hal yang tak kalah penting. Ketika memilih pengiring pengantin pria dan wanita, pilihlah orang-orang yang Anda cintai sekaligus mencintai Anda dengan cara yang sama. Ingatlah selalu bahwa kehadiran mereka akan membuat Anda bahagia. Lalu, ketika menjadi bagian dari bridal party, maka tentunya akan ada beberapa tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Pilihlah orang-orang yang terbaik dan yakinkan bahwa mereka dapat melakukan pekerjaan dengan baik serta bertanggung jawab.

Menjadi bagian dari tim bridal party juga dilengkapi dengan beberapa tanggung jawab dalam hal keuangan. Jadi pilihlah orang-orang yang tidak akan keberatan atau terbebani dengan jumlah uang yang harus mereka keluarkan, kecuali jika Anda bersedia membayar semua pengeluaran mereka sebagai bagian dari bridal party. Terakhir, jangan meminta seseorang untuk menjadi bagian dalam tim pengiring pengantin hanya karena ia pernah meminta Anda untuk menjadi bagian dari tim pengiringnya. Ini bukan tentang membalas budi, tetapi tentang memilih orang-orang yang tepat.

Dilema saudari

Seorang calon mempelai perempuan kadang-kadang menghadapi dilema ketika akan memilih atau tidak memilih saudara perempuan mereka atau yang akan segera menjadi saudara ipar ke dalam pesta pernikahan. Banyak pengantin wanita merasa bahwa dia berkewajiban untuk melibatkan saudara perempuan atau ipar mereka. Sekali lagi, tidak ada aturan yang pasti mengenai hal ini, tetapi Anda dapat menggunakan pedoman ini untuk membuat keputusan Anda menjadi lebih mudah.

Anda harus meminta saudara perempuan Anda untuk menjadi salah satu dari pengiring pengantin Anda jika Anda memang dekat dengannya. Anda tentu tahu bahwa dia akan melakukan pekerjaan dengan baik. Ia akan terluka jika Anda tidak mengikutsertakan dirinya, dan jika Anda sangat bergantung kepadanya untuk kenyamanan. Di sisi lain, Anda tidak boleh meminta saudara perempuan Anda untuk melakukannya jika Anda tidak sedekat itu (atau bahkan saling bersitegang). Dia belum tentu punya waktu untuk membantu Anda mempersiapkan diri, dan tidak masalah jika Anda tidak memintanya.

Kapan waktu terbaik untuk bertanya?

Ini juga merupakan faktor krusial dalam pembentukan bridal party Anda. Jika Anda bertanya terlalu dini, ada kemungkinan hubungan pertemanan Anda menjadi renggang dan jika Anda terlambat, maka mereka tidak akan memiliki waktu cukup untuk mempersiapkan diri. Waktu yang terbaik untuk bertanya adalah ketika Anda akan mulai merencanakannya sehingga mereka dapat membantu Anda dan memiliki waktu yang banyak untuk mempersiapkan acara bridal shower yang menyenangkan atau pesta lajang untuk Anda.

Bagaimana jika Anda membatalkan undangan pengiring pengantin?

Berpikir untuk membatalkan permohonan? Percaya atau tidak, beberapa pasangan bisa berubah pikiran setelah munculnya permohonan. Mungkin Anda sudah lama tidak bertemu, atau mungkin dia telah berubah menjadi bridesmaid-zilla. Jika Anda benar-benar ingin melakukannya, pastikan Anda memiliki penjelasan yang masuk akal karena hal tersebut adalah langkah yang sangat berisiko dan mungkin akan membuat Anda kehilangan persahabatan dalam jangka waktu yang lama.


Proposal

Sekarang untuk bagian yang menyenangkan, yaitu ide "permohonan." Ketika membaca hal ini, pastilah Anda telah ditanyai dengan berbagai pertanyaan yang ajaib. Bayangkan kegembiraan di wajah pengiring pengantin Anda ketika Anda mengajukan permintaan tersebut, terutama dengan 15 ide yang menarik di bawah ini.

Add To Board
bridesmaid_box_wgkhmk.jpg

Photography: Ruth Eileen

Kotak Pengiring Wanita

Perlakukan tim brides Anda dengan sesuatu yang ada di dalam kotak pengiring pengantin ini. Ada banyak hal yang dapat Anda pilih untuk dimasukkan ke dalam kotak ini, seperti berbagai minuman, camilan mini, perhiasan, makeup, atau hal-hal menarik lainnya. Anda juga bisa berkreasi dengan kemasan tersebut untuk membuatnya sesuai dengan tema pernikahan Anda. Ingin kotak pengiring pengantin dengan tema rustic atau minimalis? Kedengarannya menarik, bukan?

Add To Board
totebag_mrodm2.jpg

Photography: Kate Ann

Add To Board
clurch_ztkwim.jpg

Photography: via The Perfect Palette - Cly by Matthew

Add To Board
cards_cv7na9.jpg

Photography: via Etsy - Something Turquoise

Add To Board
scratch_card_fdstwh.jpg

Photography: via intimateweddings.com

Add To Board
crossword_iikjqn.jpg

Photography: via intimateweddings.com

Add To Board
dinner_surprise_xr28o1.jpg

Photography: via The Perfect Palette

Add To Board
wine_otmr60.jpg

Photography: via Etsy

Add To Board
jewelry_xijhol.jpg

Photography: via kennedyblue,com

Add To Board
makeup_1_w45fci.jpg

Photography: via kennedyblue,com

Add To Board
makeup_yqfy9d.jpg

Photography: Je T'aime Beauty - via Etsy

Add To Board
mugs_mom9x2.jpg

Photography: via theoverwhelmedbride.com

Add To Board
scents_perfume_ktxduh.jpg

Photography: Lexia Frank

Add To Board
groomsmen_box_onwhaf.jpg

Photography: Dana Fernandez

Add To Board
other_groomsmen_rdpbky.jpg

Photography: via Pinterest

Sekarang, Anda sudah memiliki semua kebutuhan untuk bridal party, mulai dari cara memilih tim pengiring pengantin hingga berbagai ide menarik untuk meminta para sahabat dekat Anda menjadi tim pengiring. Tuliskan komentar di bawah ini tentang ide proposal mana yang menjadi favorit Anda dan yang akan Anda gunakan untuk "melamar" mereka ke bridal party Anda.

Vendors you may like