Blog / Wedding Ideas / Tips Membuat Situs Pernikahan yang Ideal untuk Hari Bahagia Anda

Tips Membuat Situs Pernikahan yang Ideal untuk Hari Bahagia Anda

Color:
Add To Board
tips-membuat-situs-pernikahan-yang-ideal-untuk-hari-bahagia-anda-1

Perkembangan teknologi yang meningkat dengan pesat telah mendorong setiap orang untuk beralih ke era digital. Ini dapat terlihat dari sejumlah kebiasan yang sifatnya 'tradisional' kini sudah mulai ditinggalkan. Lalu, bagaimana dengan industri pernikahan sendiri? Ternyata, sebagian calon pengantin kini hanya memberikan undangan dalam bentuk fisik kepada keluarga dan kerabat dekat mereka saja, sementara untuk tamu lainnya akan mendapatkan informasi melalui undangan digital secara formal. Nah, undangan berbasis digital ini juga bisa Anda buat dengan format yang lebih menarik, yaitu berupa situs pernikahan.

Ini merupakan alternatif yang sangat berguna untuk mengomunikasikan detail penting mengenai hari besar Anda. Apalagi, sebagian besar orang kini cenderung sulit untuk mengingat informasi yang ada dalam kartu undangan berbentuk fisik, tentu ini akan menyulitkan mereka apabila kartu undangan tersebut hilang. Karena informasi tentang pernikahan seharusnya dapat diakses dengan lebih mudah melalui perangkat apa pun. Situs pernikahan diketahui mampu menyimpan informasi lebih banyak daripada kartu undangan biasa, dan ini adalah salah satu cara menarik untuk mendorong antusiasme para tamu agar bisa hadir ke pernikahan Anda.

Tips Membuat Situs Pernikahan yang Ideal untuk Hari Bahagia Anda Image 1
Fotografi oleh Sagge Design

Keuntungan Membuat Situs Pernikahan

Lalu, apa saja manfaat dari situs pernikahan yang bisa Anda dapatkan?

  • Informasi yang Anda cantumkan tidak akan pernah hilang dan dapat tersimpan dalam jangka waktu yang lama. Anda pun bisa mengubah berbagai informasi penting kapan saja dan di mana saja, baik itu perihal tanggal pernikahan ataupun daftar nama tamu undangan yang hadir.
  • Anda bisa mendapatkan detail lengkap mengenai alamat rumah tamu undangan untuk mengirimkan tanda terima kasih berupa suvenir pernikahan khusus.
  • Situs pernikahan akan memudahkan Anda untuk mengelola RSVP online, buku tamu, proses check-in, hingga angpao elektronik.
  • Undangan digital mampu memuat detail yang lebih banyak daripada ketika Anda menggunakan kartu undangan fisik, entah itu mengenai RSVP online, info akomodasi, FAQS, album foto, hingga cerita singkat mengenai hubungan Anda dan pasangan.

Informasi yang Harus Tercantum dalam Situs Pernikahan

Situs pernikahan didesain khusus untuk mempermudah tamu undangan mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Oleh karenanya, situs yang Anda buat harus meliputi elemen berikut ini.

  1. Ucapan Selamat Datang dan Foto Pasangan
    Untuk menyambut 'kedatangan' tamu undangan Anda ke dalam situs, Anda perlu menyisipkan untaian pesan selamat datang yang istimewa. Ingat, elemen ini akan menjadi halaman terdepan yang mereka lihat, jadi tunjukkan antusiasme Anda yang tinggi melalui untaian kalimat singkat, namun tetap menyentuh hati. Kemudian, tambahkan juga foto pasangan dan nama kedua calon mempelai.
  2. Detail Lengkap Acara
    Sebuah gelaran pernikahan tentu saja perlu memuat elemen dasar, seperti lokasi acara, alamat, tanggal dan waktu pelaksanaan, hingga petunjuk terkait aturan berpakaian. Pastikan juga untuk memasukkan Google Maps agar tamu Anda bisa mengetahui dengan jelas posisi lokasi acara.
  3. Jadwal Acara
    Ini sangat penting sebagai pengingat bagi semua orang yang terlibat pada hari pernikahan. Anda bisa menuliskan jadwal acara yang lebih lengkap dan komprehensif, seperti misalnya kapan mereka harus tiba di lokasi, pukul berapa pelaksanaan upacara pernikahan dan resepsi, hingga jadwal pesta penyambutan dan after-party apabila Anda berencana membuatnya (pastikan hanya 'RSVP eksklusif' yang bisa melihat detail ini). Jangan lupa untuk mencantumkan informasi dress code yang sesuai dengan konsep pernikahan impian Anda.
  4. Informasi Perjalanan dan Akomodasi Menuju Lokasi
    Ini sangat penting untuk sebuah pernikahan destinasi. Situs pernikahan Anda harus mampu memuat informasi yang bermanfaat untuk tamu undangan yang datang dari luar kota. Jadi, buatlah panduan sederhana tentang informasi perjalanan menuju lokasi, mulai dari bandara mana yang paling direkomendasikan, daftar stasiun kereta api dan terminal bus terdekat, ataupun layanan moda transportasi umum lainnya yang bisa digunakan. Jelaskan sedetail mungkin bersama petunjuk arah menuju hotel atau gedung pernikahan. Begitu pula dengan layanan antar-jemput untuk tamu, pastikan mereka telah mengantongi detailnya secara lengkap, seperti pukul berapa dan di mana mereka harus menunggu mobil dan kapan harus sudah berada di dalam hotel. Cantumkan juga daftar hotel terdekat yang bisa mereka pilih di sekitar lokasi. Bila Anda telah bekerjasama dengan sebuah hotel, tautkan sejumlah link untuk pemesanan lebih lanjut.
  5. RSVP Online
    Tanggapan RSVP yang diberikan melalui pos tradisional kini sudah mulai ditinggalkan. Dan, RSVP online adalah cara yang praktis untuk melacak status kehadiran para tamu secara real-time, terutama dalam sebuah perhelatan berskala besar.
  6. FAQS
    FAQS merupakan daftar pertanyaan dan jawaban yang kerap diajukan oleh banyak orang. Sebisa mungkin, buatlah kolom khusus FAQS untuk menjawab berbagai pertanyaan yang kemungkinan akan muncul. Berbagai poin yang bisa Anda cantumkan, antara lain aturan berpakaian, waktu tenggat RSVP, pengingat waktu acara, hashtag pernikahan, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama acara, hingga catatan penting lainnya yang perlu diketahui oleh para tamu.
  7. Galeri Foto Pertunangan dan Pre-wedding
    Mungkin ini adalah salah satu bagian yang paling ditunggu-tunggu oleh tamu undangan Anda. Akan lebih menarik apabila situs pernikahan Anda memuat galeri foto pertunangan dan pre-wedding yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tetapi jangan berlebihan. Pilih beberapa foto yang benar-benar menarik bagi Anda dan pasangan.
  8. Kisah Hubungan Anda dan Pasangan
    Selain album foto, tentunya mereka juga ingin bisa melihat bagaimana kisah perjalanan cinta Anda bersama pasangan, mengingat tidak semua tamu telah mengetahui bagaimana cara kalian bertemu hingga akhirnya memutuskan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Jadi, ini adalah wadah yang tepat untuk berbagi cerita menyenangkan dalam sejumlah paragraf singkat. Anda dapat memulainya dengan menceritakan bagaimana kisah awal pertemuan kalian, momen kencan pertama, pengalaman paling berkesan yang ingin dibagi, hingga alasan apa yang membuat Anda dan pasangan akhirnya mantap untuk melangkah ke pelaminan. Sertakan juga hal apa saja yang paling Anda kagumi dari pasangan. Posisikan diri Anda sebagai pembaca, dan tuangkan ke dalam gaya tulisan yang ringan sekaligus menyenangkan.
  9. Protokol Covid-19
    Ingat, peraturan pemerintah yang kini sedikit lebih longgar bukan berarti pandemi sudah benar-benar menghilang, Anda tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku demi keselamatan bersama. Buatlah pedoman dengan jelas perihal menjaga jarak, penggunaan masker di dalam ruangan, sanitasi ruangan, dan langkah-langkah keamanan lainnya. Selain itu, opsi angpao online juga sangat disarankan untuk menghindari kerumunan antrean saat proses check-in di lokasi.

Tips dalam Membuat Situs Pernikahan

Tips Membuat Situs Pernikahan yang Ideal untuk Hari Bahagia Anda Image 2
Fotografi oleh Blessed Moment

Perhatikan sejumlah tips berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk membuat situs pernikahan.

  1. Pastikan Situs Anda Mobile-friendly
    Kebanyakan tamu undangan akan mengakses situs Anda secara berkala melalui ponsel mereka. Jadi, hal ini tentu harus menjadi perhatian yang utama. Kuncinya adalah dengan memilih layanan situs pernikahan yang terpercaya dan memiliki testimoni menjanjikan. Situs dengan desain yang menarik mungkin memiliki kelebihan tersendiri, tetapi pastikan hal tersebut tidak membuat laju situs Anda menjadi lebih berat dari biasanya.
  2. Hindari Penulisan yang Berlebihan
    Sebagai calon pengantin, Anda mungkin terlampau antusias sehingga merasa harus mencantumkan lebih banyak hal ke dalam situs pernikahan. Namun, pastikan tulisan Anda tidak terkesan bertele-tele dengan menghindari paragraf yang terlalu panjang. Bagilah informasi tersebut ke dalam beberapa bagian kecil agar mudah dibaca.
  3. Aktifkan Fitur Notifikasi WhatsApp
    Kini, layanan situs pernikahan sudah semakin canggih. Anda bisa mencari vendor yang menyediakan paket situs pernikahan bersama notifikasi WhatsApp. Fitur ini dapat bermanfaat untuk mengirimkan tautan undangan digital, konfirmasi RSVP dan pengingat check-in, hingga sebagai wadah untuk menyampaikan informasi secara real-time, terutama jika suatu saat terjadi perubahan pada menit terakhir, seperti misalnya penundaan waktu upacara pernikahan ataupun perubahan lokasi akibat munculnya peristiwa yang tidak terduga.
  4. Atur Tampilan Situs Sesuai dengan Konsep Pernikahan
    Umumnya, desain situs pernikahan akan menyesuaikan dengan konsep pernikahan calon pengantin secara keseluruhan, termasuk soal skema warna yang dipilih. Kebanyakan dari vendor juga telah menyediakan template tata letak teks dan gambar yang bisa diatur sesuai preferensi Anda dan pasangan.Jadi, diskusikan lebih lanjut dengan vendor Anda mengenai elemen yang satu ini.
  5. Terus Berikan Informasi Terbaru
    Menerima pembaruan informasi tentang pernikahan Anda? Segera tambahkan ke dalam situs untuk menghindari miskomunikasi dengan para tamu. Pastikan juga notifikasi WhatsApp selalu dalam keadaan aktif, mengingat situs pernikahan sejatinya harus mampu menjadi tempat yang mewadahi informasi paling mutakhir dari calon pengantin.

Nah, siap untuk membuat situs pernikahan yang ideal demi hari bahagia yang dinanti? Anda dapat menemukan vendor undangan digital terpercaya dalam tautan berikut

Vendors you may like

Instagram Bridestory

Follow @thebridestory on Instagram for more wedding inspirations

Visit Now
Visit Now