Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Buku Nikah dan Kartu Nikah

by Anindya Paramitha [[ 1592186400000 | amDateFormat:'ll | HH:mm' ]] in Wedding Ideas  

Colors:

Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi sebagai keperluan pernikahan memang tidak sedikit, namun masing-masing memiliki manfaat dan kegunaannya agar pernikahan suatu pasangan dapat terdaftar secara sah oleh negara dan agama. Dua dokumen penting yang perlu dimiliki setiap pasangan yang sudah menikah adalah buku nikah dan kartu nikah.

  • Photography: Putri Dwi Photography buku nikah pasangan pernikahan

BUKU NIKAH
Buku nikah adalah dokumen resmi dari Kantor Urusan Agama (KUA) yang menandakan bahwa pernikahan yang telah dilaksanakan sudah tercatat oleh negara dan telah diumumkan kepada khalayak. Pernikahan yang dilaksanakan tanpa dicatat (misalnya, menikah sirri) atau diketahui khalayak termasuk melanggar undang-undang negara walaupun sudah sah menurut agama. Buku nikah secara umum terlihat seperti buku paspor, ukurannya tidak terlalu besar dan di dalamnya terdapat lembaran-lembaran catatan pernikahan pasangan suami-istri. Terdapat juga hal-hal penting, seperti identitas pasangan suami-istri, mahar, tempat dan waktu pelaksanaan pernikahan, serta wali nikah pasangan tersebut. Ketika sudah sah dinyatakan menikah, pihak suami akan memegang buku nikah berwarna cokelat, sedangkan pihak istri memegang buku nikah berwarna hijau.

Tata Cara Mendapatkan Buku Nikah
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurus surat pengantar nikah untuk dibawa ke kelurahan Anda dan pasangan Anda yang bisa diminta dari Ketua RT maupun RW Anda untuk surat pengantar nikah. Surat pengantar nikah dari kelurahan disebut N1-N4. Surat-surat ini yang akan digunakan untuk mengurus pendaftaran nikah di KUA kecamatan Anda setelah kalian telah menentukan tanggal lamaran serta tanggal menikah. Setelah proses pendaftaran selesai, Anda dan pasangan harus membayar biaya pernikahan. Simpan bukti pembayaran pernikahan tersebut karena harus diserahkan kepada pihak KUA. Setelah pihak KUA menerima bukti pembayaran tersebut, mereka akan memasukkan data pernikahan Anda ke daftar calon pengantin. Pada tahap ini, Anda dan pasangan Anda sudah sukses terdaftar untuk mendapatkan buku nikah yang nantinya akan dibawa oleh penghulu ke pernikahan Anda.

KARTU NIKAH
Pada tahun 2018, Kementrian Agama meluncurkan kartu nikah yang berfungsi sebagai kartu identitas untuk pasangan suami istri. Kartu ini mirip dengan kartu e-KTP yang juga dilengkapi dengan QR code yang akan menampilkan informasi lengkap mengenai status pernikahan, nama lengkap Anda dan pasangan Anda, serta tanggal pernikahan Anda ketika di-scan. Anda tetap memerlukan buku nikah, namun kartu nikah memang lebih mudah dan praktis untuk dibawa-bawa dan digunakan untuk mengakses layanan KUA. Selain itu, maraknya peredaran buku nikah palsu meningkatkan perlunya kartu nikah yang hanya bisa didapatkan di KUA. Kartu nikah ini juga bisa digunakan sebagai pengganti KTP untuk membuka rekening di bank atau pencatatan administrasi lainnya.

Tata Cara Mendapatkan Kartu Nikah
Sebelum melakukan pernikahan, daftarkanlah diri Anda dan pasangan Anda ke situs SIMKAH online. SIMKAH akan mengintegrasikan data calon pengantin dan menggabungkannya dengan data kependudukan. Kemudian, setelah Anda dan pasangan sudah mendapatkan buku nikah, kalian hanya perlu mendatangi KUA tempat kalian tinggal dengan membawa buku nikah tersebut. Kartu nikah kalian akan dicetak di sana.

Demikianlah kegunaan serta cara mendapatkan buku nikah dan kartu nikah. Keduanya penting untuk Anda peroleh setelah menikah secara sah dengan pasangan Anda. Anda dapat menyimpan buku nikah di rumah dan menyimpan kartu nikah di dompet layaknya KTP Anda. Untuk mengetahui syarat menikah di KUA sesuai prosedur yang lengkap, baca di artikel berikut ini.


CREDIT TO VENDORS:

  • Photography: Putri Dwi Photography

Post Your Comment

READ [[ blogCommentsCtrl.commentsCount ]] Comments

[[ comment.createdAt | amDateFormat : 'll | HH:mm' ]]

[[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]] [[ comment.account.data.accountable.data.displayName ]]

[[ comment.content ]]

Show